helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Ini Buku Bacaan Rekomendasi Najwa Shihab yang Akan Bikin Lo Ketagihan Baca

by
GATSBYCODE
24.05.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

Siapa yang gak kenal sama Najwa Shihab alias Mbak Nana? Jurnalis sekaligus pembawa acara yang super kritis dan cerdas ini banyak meng-influence kaum muda-mudi untuk peka sama kondisi negeri. Gak heran sih kalau doi kritis dan pintar, karena selain dibesarkan dengan pola asuh yang baik dari orang tuanya, doi juga menjadikan baca sebagai kegiatan sehari-harinya. Karena itulah, Mbak Nana pernah dinobatkan sebagai Duta Buku Nasional periode 2016-2021. Meskipun sudah gak lagi menjabat sebagai Duta Buku, tapi doi masih rajin membagikan buku-buku bacaannya ke pengikutnya di media sosial. Apa aja sih buku yang Mbak Nana baca? Ayo catat dan masukin ke wishlist lo!

 

Salah Piknik - Joko Pinurbo

Kalau dilihat-lihat, Mbak Nana ini sering banget membagikan buku karya Jokpin di Instagramnya. Selain buku kumpulan puisi berjudul Salah Piknik ini, Mbak Nana juga baca karya Joko Pinurbo lainnya yaitu Perjamuan Khong Guan dan Kabar Sukacinta. Sedikit mengulas tentang Salah Piknik, buku ini berisi kumpulan puisi yang ditulis oleh Jokpin di masa pandemi. Seperti tulisannya yang lain, di buku ini juga banyak sindiran juga kritik yang disampaikan dengan nada humoris juga satir yang getir. Meski judulnya nyeleneh, ternyata isinya keren kan, Sob!

Photo by https://www.goodreads.com

 

Cantik itu Luka - Eka Kurniawan

Menjadi novel pertama dari Eka Kurniawan, Cantik itu Luka bahkan sudah dicetak dalam versi bahasa Jepang dengan judul Bi wa Kizu. Novel ini menarik perhatian dunia, bahkan dipandang mewakili sastra Indonesia kontemporer di kancah kesusastraan dunia. Berkat Cantik itu Luka pula, Eka mendapat penghargaan dari Kerajaan Belanda, loh! Penasaran sama jalan ceritanya? Buruan checkout dan langsung baca!

 

Photo by https://id.wikipedia.org/wiki/Cantik_itu_Luka

Baca Juga : 3 Seniman Muda Asli Indonesia yang Mendunia

 

Milk and Honey - Rupi Kaur

Lagi-lagi kumpulan puisi, tapi bukan terbitan penulis Indonesia. Ditulis oleh Rupi Kaur asal Kanada, buku dari rekomendasi Najwa Shihab akan membawa lo pada sensasi patah hati yang berbeda. Ada 4 bab di dalamnya, yaitu Luka, Cinta, Kehancuran dan Hari Baru. Inti dari buku ini adalah tentang penerimaan akan kehilangan. Kalau baca dari review-nya, buku ini lebih cocok dibaca oleh mereka yang berusia 17 tahun ke atas, karena ada ilustrasi yang mungkin agak vulgar bagi mereka yang masih di bawah umur. Kumpulan puisi ini sudah ada versi bahasa Indonesianya sih, tapi akan lebih ngena lagi kalau lo baca versi bahasa Inggrisnya. Siap-siap tisu ya, Sob.

 

Photo by https://spiritmahasiswa.trunojoyo.ac.id/2018/07/milk-and-honey.html

 

Tetralogi Pulau Buru - Pramoedya Ananta Toer

Sob, sudah nonton film Bumi Manusia yang disutradarai sama Hanung Bramantyo? Kalau sudah, lo pasti kenal sama pemeran utamanya, Minke. Yap, Bumi Manusia adalah salah satu karya Pram yang ditulis di tahun 1980-1988. Selain Bumi Manusia, ada Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca yang juga ia tulis saat di dalam penjara. Yang kerennya, keempat cerita ini diceritakan langsung oleh Pram kepada para tahanan di sebuah penjara di Pulau Buru saat beliau diasingkan. Buku yang direkomendasikan Najwa Shihab juga sempat dilarang peredarannya loh, karena dinilai membawa nilai-nilai kebangsaan di masa itu. Penasaran kan? Fix lo harus baca keempatnya!

Photo by https://www.cnnindonesia.com/

Itu dia keempat referensi bacaan yang dibagikan Mbak Nana ke followers-nya di media sosial. Kalau lo mau, bisa mulai dari sekarang Sob buat cicil baca satu per satu. Biar makin rileks dan santai, sebelum baca, mandi dulu supaya segar dan siap buat menerima ilmu serta informasi yang ada di buku-buku tersebut. Untuk itu, lo perlu mandi pakai GATSBY Refreshing Body Wash All in One dengan ekstrak aloe vera, yang akan membersihkan rambut, badan dan wajah lo secara menyeluruh. Habis mandi pakai yang fresh, badan dan pikiran juga dijamin lebih fresh!