helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Membuat Mural Bagi Pemula

19.01.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

“Sebuah mural membutuhkan sedikit misteri, sedikit kenggakjelasan, dan juga fantasi. Jika kamu terlalu jelas dalam menyampaikan maksud, kamu akan membuat orang-orang bosan”, itulah strategi membuat mural yang diungkapkan oleh Edgar Degas, pelukis asal Paris, Prancis yang terkenal dengan seni realisnya. 

Hari ini seni mural menjadi banyak kegemaran banyak orang. Ekspresi kebebasan, semangat dan harapan seringkali diungkapkan melalui mural. Namun, banyak orang yang ingin ikut terjun ke dunia mural tapi nggak tahu harus mulai dari mana. Mungkin lo salah satunya?

Jika ingin mulai membuat mural, ada baiknya lo simak hal-hal berikut ini ya, Sob!

 

Siapkan Medium, Alat-Alat dan Konsepnya

Seniman mural membutuhkan medium (tempat), konsep, dan alat untuk mengekspresikan karya seninya. Medium yang digunakan bisa berupa tembok, pagar dan lain sebagainya asal dengan izin dan persetujuan pemilik ya, Sob! Jangan lupa juga untuk merapikan medium sebelum digunakan. Misal jika lo membuat mural di tembok, maka amplas dahulu temboknya dan berikan cat dasar agar karya seni mural lo lebih melekat dan rapi.

Seniman mural juga membutuhkan alat. Tapi tenang saja, alat-alat membuat mural nggak selalu mahal dan nggak selalu rumit, yang penting dapat digunakan untuk menghasilkan output seni mural. Alat dasar yang lo butuhkan adalah amplas, kuas, cat dan palet. Sisanya, lo bisa tambahkan sesuai kebutuhan seperti tangga untuk melukis mural di tempat yang tinggi.

Konsep juga merupakan hal yang gak kalah penting, Sob! Jangan sampai konsep mural yang kita pilih nggak relevan dengan maksud dan tujuan kita. Lo bisa pilih beberapa konsep mural yang populer seperti konsep realistis, floral, atau tropical.

 

Siapkan Pemilihan Warna

Pemilihan warna bisa dibilang salah satu inti vital dalam pembuatan mural. Harmonisasi warna bisa menentukan nilai apakah mural lo ciamik dan memuaskan, atau justru biasa saja. Untuk pemilihan warna mural, lo bisa menentukannya dengan 3 hal, yakni: warna yang dominan di area tersebut, aturan warna yang praktis (terang-gelap) dan juga roda warna.

Warna yang dominan di area mural lo menjadi penting agar mural lo selaras dan harmonis dengan kondisi sekitar. Hal itu akan menciptakan kesan nyaman di mata penikmat mural. Apalagi jika lo membuat mural untuk cafe atau hotel, jangan sampai warnanya bertabrakan dengan design interior mereka ya, Sob!

Aturan warna yang praktis juga bisa membantu lo membuat mural. Misal, aturan warna terang gelap. Biasanya warna terang akan ditempatkan di posisi atas mendekati langit-langit, sedangkan warna gelap ditempatkan di posisi dasar dekat lantai atau karpet.

Roda warna juga bisa menjadi alat bantu lo dalam menentukan warna mural. Roda warna adalah lingkaran berisi harmonisasi warna yang menjadi aturan dasar dalam memberi warna. Lo bisa temukan roda warna di google, ada banyak referensi yang bisa lo pakai untuk mural, Sob!

 

Siapkan Peralatan Kesehatan dan Keamanan

Selain menyiapkan izin kepada pemilik tempat, alat-alat, hingga konsep mural; hal yang nggak boleh lo lewatkan dalam membuat mural adalah menjaga protokol kesehatan. Seperti kita tahu, cat yang digunakan dalam membuat mural (apalagi cat semprot) cukup berbahaya jika terhirup dan masuk ke dalam tubuh kita. Ada banyak kandungan kimia yang bisa mengganggu kesehatan kita dalam jangka panjang. Maka menyiapkan masker (terutama masker oksigen) adalah wajib untuk menjaga kesehatan lo, Sob! 

Selain masker oksigen, lo juga butuh alat-alat keamanan yang memadai untuk membuat mural, Sob. Contohnya, tangga yang benar-benar kokoh untuk membuat mural di tempat tinggi. Intinya keamanan dan kesehatan lo jadi nomor satu ya, Sob!

 

Setelah Membuat Mural

Jika lo sudah selesai membuat mural, jangan lupa apresiasi diri lo sendiri, Sob! Ambil foto sebagai bahan portofolio dan kenang-kenangan lo di masa mendatang. Pastikan bahwa mural yang lo buat mengandung makna dan bermuara pada kebaikan.

Jangan lupa setelah lelah-lelah berkeringat dan menghadapi debu tembok, cuci muka lo dengan GATSBY COOLING FACE WASH. Dengan 6 varian pencuci muka yang segar, wajah kusam dan lelah lo setelah membuat mural akan kembali fresh dan cerah. Selain itu, kandungan GATSBY COOLING FACE WASH juga bisa menjaga wajah lo dari berbagai masalah kulit. 

So, sudah siap membuat masterpiece mural lo?