helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Gaya Rambut Pria 2021 Yang Buat Lo Tambah Ganteng!

02.03.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Setiap tahunnya, akan selalu ada tren gaya rambut pria yang baru dan layak untuk dicoba. Begitu pula di tahun baru ini, ada sederet tren gaya rambut pria 2021 yang bisa lo pilih. Mau gaya rambut pria 2021 yang terlihat rapi? Atau mungkin lo lagi mencari gaya rambut pria 2021 yang lebih edgy dan bold? Semuanya bisa lo lihat di daftar tren gaya rambut pria 2021 berikut ini. Lengkap juga dengan tips styling gaya rambut pria 2021 yang bisa lo ikuti, Sob!

 

Buzz cut

gaya rambut pria 2021 buzz cut

Gaya rambut pria 2021 yang satu ini cocok banget buat para pria yang anti ribet dan nggak mau kepanasan. Gaya buzz cut menjadi salah satu gaya rambut pria 2021 yang paling direkomendasikan karena banyak pria yang malas untuk bolak-balik ke barbershop. Tinggal potong cepak ala militer, tampilan pun akan terlihat lebih fresh. Sebagai inspirasi, gaya rambut pria 2021 ini sudah dipopulerkan oleh Michael B. Jordan dan Zayn Malik.

 

Nggak usah takut, gaya rambut buzzcut bisa juga gampang banget untuk lo padu padankan dengan style apapun. Buat tampilan yang edgy, lo bisa pakai t-shirt dengan ripped jeans. Sementara buat tampilan yang lebih profesional, gaya rambut buzzcut akan tetap keren dengan kemeja lengan panjang dan celana chinos.

 

Tips buat lo, minta barber langganan lo untuk memvariasikan panjang rambut yang akan dipangkas di sisi samping dengan bagian atas untuk menciptakan tampilan buzz cut yang lebih dinamis.

 

Undercut

gaya_rambut_pria_2021_undercut

Gaya rambut undercut membuat bagian samping kepala dipangkas jauh lebih pendek dari bagian atas. Jadi, volume rambut akan sepenuhnya ada di bagian atas kepala. Gaya rambut pria 2021 yang satu ini sebenarnya sudah populer sejak tahun 1910 sampai sekarang, namun seiring berjalannya waktu, gaya rambut undercut telah memiliki berbagai macam variasi.

 

Mulai dari disconnected undercut untuk lo yang ingin tampil berani, hingga faux hawk undercut yang mirip dengan gaya rambut Cristiano Ronaldo dan David Beckham. Salah satu kelebihan dari gaya rambut undercut yang juga menjadikannya salah satu gaya rambut pria 2021 adalah potongannya yang cocok dengan segala jenis bentuk wajah.

 

Crew cut

gaya rambut pria 2021 crew cut

Gaya rambut pria 2021 berikutnya cocok banget buat lo yang ingin super pendek dan mencari gaya rambut yang low maintenance. Gaya crew cut ini hampir mirip dengan gaya buzz cut karena sama-sama terinspirasi dari militer. Hanya saja, panjang rambut di bagian atas pada gaya crew cut lebih panjang dibandingkan pada gaya buzz cut.

 

Walaupun memang gaya rambut pria 2021 ini nggak membutuhkan banyak maintenance, namun jangan abaikan tampilan rambut crew cut lo! Untuk menata gaya rambut pria 2021 ini, siapkan styling product seperti wax yang tidak clumpy untuk menjaga rambut bagian atas lo tetap rapi sepanjang hari. Hindari menggunakan gel rambut karena malah akan membuat rambut lo terlihat kaku, Sob!

 

High top fade

gaya rambut pria 2021 high top fade

Gaya rambut pria 2021 ini sering disamakan dengan potongan undercut. Padahal, kedua gaya rambut pria 2021 tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Potongan high top fade memiliki pola gradual. Artinya, lo akan melihat adanya transisi mulai dari rambut penuh di bagian atas sampai hampir plontos begitu turun ke bagian bawah. Efek transisi inilah yang tidak dimiliki oleh potongan undercut.

 

Fade sebagai tren gaya rambut pria 2021 pun punya banyak variasi. Untuk potongan high top fade, fading akan sampai ke garis pelipis wajah. Sementara untuk potongan low fade, fading akan dimulai dari garis telinga. Lo juga bisa memilih untuk gaya skin fade atau shadow fade, tergantung pada preferensi lo. Bicarakan juga ke barber pilihan lo, ya!

 

Side part

gaya rambut pria 2021 side part

Ini dia gaya rambut pria 2021 yang rasanya selalu populer dan disukai banyak orang. Nggak peduli panjang rambut lo, side part bisa jadi gaya rambut pria 2021 andalan lo untuk setiap acara. Sebagai inspirasi, lo bisa lihat gaya classic side part ala Don Draper di serial TV Mad Men untuk tampilan yang lebih formal dan professional, atau gaya rambut Billy Davidson yang lebih modern dan casual.

 

Cara untuk bisa mendapatkan gaya rambut pria 2021 ini juga sangat simple. Pertama, lo harus tentukan dulu arah belahan rambut lo. Jadi, lo harus merasakan pusar kepala lo. Bila pusarnya searah jarum jam, maka lo sebaiknya belah rambut ke kiri. Sebaliknya, jika pusarnya melawan arah jarum jam, berarti lo bisa belah rambut ke kanan.

 

Untuk menatanya, lo bisa menggunakan sisir biasa atau pomade supaya gaya rambut pria 2021 yang satu ini awet seharian.

Bowl cut

gaya rambut pria 2021 bowl cut

Kalau kita berbicara soal bowl cut, pasti hal yang terlintas di pikiran lo adalah gaya rambut sewaktu masih duduk di bangku SD. Tapi siapa sangka bowl cut justru akan masuk ke tren gaya rambut pria 2021?

 

Tentunya sedikit berbeda dari gaya bowl cut yang dulu pernah lo pakai pas masih kanak-kanak, ciri khas dari gaya rambut pria 2021 yang satu ini adalah rambut bagian depan yang dibuat menutup setengah dahi membentuk garis lurus, layaknya mangkok yang menutupi kepala. Namun, banyak pria yang memilih untuk memodifikasi gaya rambut pria 2021 ini supaya terlihat lebih modern. Salah satunya yakni dengan hanya memotong rambut bowl cut di bagian depan saja, sementara bagian samping dan belakang dibiarkan layaknya potongan rambut pada umumnya.

 

Bowl cut masuk sebagai gaya rambut pria 2021 yang cukup versatile untuk ditata. Lo juga bisa memadukan bowl cut dengan undercut untuk tampilan yang bold. Cara styling-nya pun nggak ribet, lo bisa langsung sisir atau gunakan wax untuk menambah tekstur rambut.

 

Comma hair

gaya rambut pria 2021 comma hairstyle

Tren gaya rambut pria 2021 ini terinspirasi dari para K-Pop idols. Comma hair memang dipopulerkan oleh selebriti pria Korea Selatan dan tampilannya terlihat seperti side part yang dibuat lebih melengkung, layaknya tanda baca koma. Nah, kelebihan dari gaya rambut pria 2021 yang satu ini adalah cocok banget untuk segala jenis bentuk wajah.

 

Bahkan, comma hair bisa mempertegas rahang dan membuat wajah terlihat lebih ramping. Kalau lo tertarik dengan gaya rambut pria 2021 ini, coba minta barber lo untuk membuat potongan fringe atau bowl cut di bagian depan, lalu, tinggal ditata menggunakan pomade pilihan lo.

 

Sehabis mandi, keringkan rambut dengan hair dryer. Beri volume pada bagian depan rambut menggunakan hair dryer. Lalu, belah rambut dengan rasio 7:3. Lo bisa menggunakan tangan atau catokan untuk membentuk lekukan seperti koma pada rambut. Jangan lupa usapkan pomade untuk hasil yang lebih tahan lama.

 

French crop

gaya rambut pria 2021 french crop

Buat lo yang merasa punya dahi lebar dan ingin menutupinya tetapi nggak mau ribet untuk menatanya setiap pagi, maka french crop jadi gaya rambut pria 2021 yang patut lo coba. Jika belakangan ini gaya caesar cut jadi populer, maka french crop akan segera menggeser posisinya sebagai gaya rambut pria 2021. Apa perbedaan keduanya?

 

French crop punya tampilan yang lebih Eropa, berbeda dengan caesar cut yang lebih digandrungi pria Amerika Serikat. French crop menyisakan rambut yang sedikit lebih panjang di bagian depan sampai menutupi ¾ dahi, ketimbang caesar cut yang hanya menyisakan sekitar 5 cm rambut saja. Selain itu, gaya rambut pria 2021 ini dibuat lebih bertekstur, sehingga tampilannya lebih modern dan nggak kaku.

 

Kalau lo ingin tampilan french crop yang lebih dinamis, lo bisa mempertegas tekstur rambut dengan wax untuk gaya messy french crop.

 

Bro flow

gaya rambut pria 2021 bro flow

Tertarik untuk mencoba gaya rambut pria 2021 yang panjangnya sampai sebahu? Pilihan lo adalah bro flow! Beberapa artis Hollywood yang terlihat keren banget dengan gaya rambut pria 2021 ini antara lain Keanu Reeves, Bradley Cooper, Gerard Butler, dan Adam Driver. Bedanya bro flow dengan rambut gondrong biasa ada pada tatanan rambutnya yang disisir ke belakang, membentuk volume di bagian depan rambut.

 

Walaupun berambut panjang, bro flow akan membuat rambut lo tertata ke belakang dan nggak menghalangi pandangan lo. Selain itu, gaya rambut pria 2021 ini terlihat lebih sleek dan rapi.

 

Untuk mendapatkan gaya rambut bro flow, minta barber lo untuk merapikan ujung-ujung rambut yang bercabang. Biarkan layer rambut tumbuh secara alami. Gunakan clay untuk menambah volume rambut atau pomade untuk menjaga rambut tetap tertata ke belakang.

 

Slicked back

gaya rambut pria 2021 slicked back

Siapa bilang kalau gaya slicked back hair hanya untuk orang tua saja? Nyatanya, slicked back hair kembali jadi salah satu tren gaya rambut pria 2021. Untuk rambut pendek, medium, maupun panjang, ketiganya bisa mencoba gaya slicked back hair ini. Keunikan dari slicked back hair ada pada efek shiny atau glossy pada keseluruhan rambut yang tertata ke belakang.

 

Dalam menata gaya rambut pria 2021 ini, siapkan pomade dengan finish yang shiny dan greasy, tetapi tidak meninggalkan efek lengket. Sisirkan keseluruhan rambut ke belakang. Jangan lupa untuk menambah volume pada rambut menggunakan pomade, ya!

 

Pompadour

gaya rambut pria 2021 pompadour

Gaya rambut pria 2021 yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi buat lo. Pompadour memang sudah sangat populer di kalangan pria karena tampilannya yang membuat wajah terlihat segar dan juga siluet tubuh yang lebih tinggi. Ciri khas dari pompadour terletak pada jambul rambut di bagian depan yang tertarik ke belakang dan membentuk lengkungan sempurna.

 

Kalau lo ingin tampil ganteng dengan gaya rambut pria 2021 ini, minta barber lo untuk membiarkan rambut lebih panjang di bagian atas kepala. Untuk menatanya, lo tinggal sisir rambut ke arah belakang. Bentuk jambul menggunakan pomade agar volume rambut bisa tetap bertahan selama lo beraktivitas seharian. Lo juga bisa menggunakan hair dryer untuk pompadour yang lebih bervolume.

Messy waves

gaya rambut pria 2021 messy waves

Messy waves masuk sebagai tren gaya rambut pria 2021! Gaya rambut ini terlihat keren bak rockstar karena rambut yang dibuat bertekstur, cocok banget buat lo yang rambutnya sudah panjang karena jarang berkunjung ke barbershop. Untuk bisa mendapatkan gaya rambut messy waves, lo nggak harus memiliki rambut keriting atau bergelomban, kok!

 

Lo bisa menata messy waves menjadi berbagai tampilan berbeda, mulai dari ditata ke atas, ke samping, hingga ke arah depan membentuk fringe. Cukup versatile, bukan? Gunakan wax yang memiliki shine effect natural dengan ketahanan yang lama. Acak rambut lo dengan jari yang sudah diusapkan dengan wax. Voila! Gaya rambut pria 2021 ini pun sudah berhasil lo kreasikan!

 

Quiff

gaya rambut pria 2021 quiff

Soal gaya rambut pria 2021, belum lengkap kalau tidak memasukkan quiff sebagai salah satunya. Gaya rambut ini sering disamakan dengan pompadour karena adanya jambul rambut di bagian depan. Perbedaan yang paling mendasar antara quiff dan pompadour terletak pada bentuk jambul dan cara menatanya.

 

Untuk bisa menghasilkan gaya quiff, rambut akan disisir ke arah depan, lalu ditata membentuk ombak yang mengarah ke atas. Keduanya sama-sama membentuk siluet tubuh yang lebih tinggi. Nah, David Beckham dikenal sangat menyukai gaya rambut pria 2021 ini. Saat mengunjungi barber, minta untuk memangkas rambut lo dengan menyisakan rambut di bagian atas kepala. Jangan lupa untuk menggunakan pomade kesayangan lo dalam menata gaya rambut pria 2021 ini, ya!

 

Blowout

gaya rambut pria 2021 blowout

Nggak hanya wanita saja yang bisa punya gaya blowout, pria pun akan terlihat lebih keren dengan tampilan rambut blowout yang masuk ke jejeran gaya rambut pria 2021 ini. Gaya rambut pria 2021 yang satu ini pas banget buat lo yang punya rambut tebal. Untuk bisa mencoba gaya rambut pria 2021 ini, lo perlu memiliki minimal panjang rambut medium supaya blowout bisa benar-benar optimal.

 

Apa yang membuat blowout masuk ke daftar gaya rambut pria 2021? Blowout membuat rambut lo terlihat penuh dengan volume tanpa membuatnya kelihatan aneh. Rasanya seperti seakan-akan rambut lo selalu diterpa angin semilir. Untuk bisa mencoba gaya rambut 2021 ini, lo perlu hair dryer untuk menciptakan gaya blowout dan texturizing clay yang akan membuat gaya blowout tahan seharian.

 

Comb over

gaya rambut pria 2021 comb over

Kalau dulu comb over sering digunakan untuk menutupi pitak rambut atau kebotakan dini pada pria, sekarang comb over menjadi salah satu tren gaya rambut pria 2021. Jangan kaget dulu, gaya rambut pria 2021 ini dijamin akan membuat lo terlihat rapi dan professional, layaknya executive businessman.

 

Gaya rambut pria 2021 ini menjadi gaya andalan Justin Timberlake, Adam Levine, George Clooney, dan Ryan Gosling. Jadi, nggak perlu lo ragukan lagi gaya rambut pria 2021 yang satu ini. Selain keren, gaya rambut comb over akan sangat disukai para wanita.

 

Cara menatanya sangat mudah, cukup belah rambut lo membentuk hard side part. Lalu, sisir rambut lo ke samping dengan sedikit condong ke arah belakang untuk membentuk volume. Untuk gaya rambut pria 2021 ini, gunakan pomade untuk memudahkan lo menatanya dan mempertahankan gaya comb over seharian penuh.

 

Faux hawk

gaya rambut pria 2021 faux hawk

Ingin tampil keren dan muda? Faux hawk bisa jadi pilihan lo sebagai gaya rambut pria 2021. Memang, gaya rambut pria 2021 ini sudah ada sejak era 1990-an. Meski begitu, lo nggak perlu ragu untuk mencoba gaya rambut pria 2021 ini karena faux hawk masih tetap terlihat keren.

 

Kelebihan dari gaya rambut pria 2021 ini, lo bisa menatanya untuk tampilan edgy saat lo ingin hangout sama teman, atau membuatnya terlihat lebih toned down saat akan bekerja kantoran. Dijamin juga kalau gaya rambut pria ini akan terlihat keren untuk siapa saja. Lo bisa memodifikasinya dengan fade atau undercut, jika memang lo ingin tampilan yang lebih berani.

 

Untuk membuat gaya faux hawk, lo bisa menggunakan wax untuk membentuk spikes yang berdiri mengarah ke atas. Sebaiknya, hindari menggunakan gel rambut karena malah akan membuat faux hawk lo terlihat flat dan kaku. Minta barber lo untuk membuat sedikit layer pada bagian atas rambut untuk tampilan faux hawk yang lebih messy.

 

Fringe

gaya rambut pria 2021 fringe

Gaya rambut pria 2021 ini mirip dengan gaya rambut french crop, hanya saja panjang rambut di bagian depan bisa menutupi seluruh area dahi. Buat lo yang punya garis muka yang tegas, lo bisa mencoba gaya rambut fringe untuk memperhalus garis muka dan membuat wajah jadi lebih simetris.

 

Gaya rambut pria 2021 yang satu ini memang lebih sering ditemui di negara-negara Asia, namun banyak juga selebriti dunia seperti Chace Crawford dan Ashton Kutcher yang menyukai gaya rambut fringe ini. Lo bisa langsung meminta barber lo untuk membuat fringe rambut. Namun, minta barber untuk membuat fringe yang bertekstur agar bisa membuat tampilan yang lebih modern, dinamis, dan tentunya dewasa.

 

Dalam menata gaya rambut pria 2021 ini, lo bisa memakai wax rambut untuk semakin mempertegas tekstur rambut dan membuat tampilan fringe yang lebih messy. Tetapi, kalau lo hanya mau menyisirnya dengan rapi saja sudah bisa terlihat keren, kok!

 

Man bun

gaya rambut pria 2021 man bun

Buat lo yang sudah bosan dengan potongan rambut pendek dan ingin gaya rambut pria 2021 yang lebih out of the box, bagaimana kalau lo mencoba man bun? Nggak perlu sampai ke barber untuk bisa mendapatkan gaya rambut pria 2021 yang satu ini. Asalkan rambut lo sudah cukup panjang, lo hanya butuh ikat rambut saja.

 

Buat rambut membentuk kuncir kuda, lalu lilitkan rambut hingga membentuk cepol. Lo bisa membuat man bun di bagian bawah, tengah, hingga puncak kepala. Tampilan gaya rambut pria 2021 ini akan sepenuhnya bergantung pada panjang rambut yang lo miliki. Meski mudah, tetap atur jadwal untuk rutin ke barbershop supaya rambut gondrong lo tetap terlihat sehat dan bebas dari cabang.

 

Top knot

gaya rambut pria 2021 top knot

Kalau sudah berhasil mencoba man bun, sekarang saatnya untuk mencoba top knot. Gaya rambut pria 2021 ini akan jadi sangat populer, terutama di kalangan pria yang memiliki rambut gondrong. Nggak perlu sampai membuat cepolan, lo bisa langsung mengikat rambut membentuk kuncir kuda kecil.

 

Keunikannya ada pada kunciran yang letaknya pas di puncak kepala. Pastikan saja rambut panjang lo sudah terawat dengan baik karena jika dipenuhi dengan rambut bercabang, malah akan membuat top knot terlihat berantakan. Buat lo yang ingin coba gaya rambut pria 2021 ini, gunakan pomade untuk merapikan anak-anak rambut.

 

Wavy hair

gaya rambut pria 2021 wavy hair

Buat yang punya rambut keriting dan bergelombang, ini momen sempurna untuk tampil keren. Wavy hair atau rambut keriting bergelombang menjadi salah satu gaya rambut pria 2021 yang disinyalir akan terus merambah popularitas. Salah satu musisi papan atas yang terkenal akan gaya wavy hair miliknya adalah Ardhito Pramono. Selain Ardhito, lo juga bisa melihat contoh gaya rambut pria 2021 ini dari Kit Harington, Orlando Bloom, dan Dev Patel.

 

Itu dia daftar tren gaya rambut pria 2021 yang bisa jadi inspirasi lo saat akan mendatangi barbershop. Gaya rambut pria 2021 yang sudah disebutkan di atas bisa jadi pilihan bagi siapa saja, terlepas dari jenis rambut, bentuk wajah, dan panjang rambut. Jangan lupa, tata gaya rambut pria 2021 pilihan lo dengan hair styling products dari Gatsby, mulai dari pomade, wax, clay, gel, hingga hair cream. Saatnya tampil keren di tahun baru dengan tren gaya rambut pria 2021, Sob!