helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Ide Gaya Rambut Pria Pendek & Rapi!

by
GATSBYCODE
04.04.2024
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Sumber : Freepik Senivpetro || Orang yang sedang memangkas rambut jadi lebih pendek dan rapi

 

Lo pernah denger gak sih suatu peribahasa yang menyatakan kalo rambut adalah mahkota? Ternyata hal itu gak cuma berlaku buat cewek aja, tapi juga buat lo para pria. Dengan hairstyle yang tepat, lo dijamin bakal terlihat 1000x lebih attractive, misalnya dengan gaya rambut pria pendek dan rapi

 

Style satu ini sangat cocok buat lo yang prefer buat play it safe dan gak terlalu suka tampil eksentrik. Tapi, bukan berarti gak ada variasi potongan rambut pendek yang bisa lo pilih. Sebab, berdasarkan fakta di lapangan, variasinya sangat beragam. Lo bahkan bisa menyesuaikannya dengan tipe wajah. 

 

Karena itu, kenali beberapa ide style rambut pendek pria dan tips untuk merawatnya seperti pada penjelasan di bawah! 

 

Ide Hairstyle Pria Pendek & Rapi untuk Berbagai Tipe Wajah

 

Setelah lo tau kalo ternyata ada banyak pilihan model rambut pria pendek, lo harus tahu apa saja yang sedang ngetren. Inilah beberapa daftar yang bisa lo pertimbangkan! 

 

1. Undercut

Sumber : Freepik // orang dengan gaya rambut undercut 

 

Style satu ini termasuk hairstyle yang sedang sangat trendy dan in dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan, ada survey yang menyatakan jika undercut adalah salah satu hairstyle pria yang paling disukai oleh para perempuan. Dari 100 orang peserta survey, 38% di antaranya memilih gaya undercut.[1]

 

Ciri khas dari hairstyle ini adalah membiarkan rambut bagian atas dan depan tetap ada, tapi dipangkas di bagian samping dan belakang. Biasanya, pangkasan ini dimulai dari bagian medium to low. Tapi, biarkan ada sisa-sisa rambut tipis dan samar di sana, jadi rambut tidak botak sepenuhnya. 

 

Menariknya, gaya rambut pria pendek samping ini cocok buat hampir semua tipe wajah. Entah lo punya wajah oval, bulat, diamond, atau kotak, undercut sangat bisa buat lo coba. 

 

2. Quiff

Sumber : Pinterest The Vogue Trend // orang dengan gaya rambut quiff

 

Secara garis besar, hairstyle ini gak jauh berbeda dengan gaya undercut. Lo hanya perlu memangkas rambut bagian samping hingga ke belakang, khususnya di medium to low. Bedanya, pangkasan di bagian rambut tersebut harus sampai habis. Tujuannya, untuk me-highlight bagian atas rambut. 

 

Hal ini karena poin utama dari gaya quiff yaitu rambut bagian atas yang tebal dan bervolume. Hairstyle ini sangat pas buat lo yang punya tipe wajah bulat. 

 

3. Faux Hawk

Sumber : Pinterest The Right Hairstyle // orang dengan potongan rambut faux hawk

 

Masih berkaitan dengan dua hairstyle sebelumnya, lo juga bisa nyoba potongan faux hawk. Model rambut ini merupakan perpaduan dari dua hairstyle populer yang lain, yaitu potongan tradisional klasik dan mohawk. Jadi, lo bisa kelihatan lebih trendy dan edgy di saat yang bersamaan. 

 

Ciri khas hairstyle ini adalah pangkasan dari area tengah-tengah hingga ke area bawah rambut. Lalu, bagian atasnya bisa lo style dengan gaya ke atas, persis seperti mohawk tapi less bold dan lowkey. Secara garis besar, semua bentuk wajah cocok memakai style ini kecuali tipe wajah oval dan diamond

 

4. Modern Caesar

Sumber : Pinterest The Right Hairstyle // orang dengan potongan rambut modern caesar

 

Gak cuma itu aja, potongan modern caesar juga termasuk gaya rambut pria rapi dan keren lain yang worth it buat lo coba. Uniknya, semua tipe rambut cocok buat potongan ini, mulai dari lo yang punya rambut ikal, lurus, tebal, dan juga tipis. 

 

Hanya saja, hairstyle ini kurang cocok buat lo yang punya tipe wajah bulat. Hal ini karena, semua volume rambut lo akan dipangkas tipis, termasuk di bagian poni. Ketika ini terjadi, lo bisa terlihat lebih bulat dan chubby. Jadi, kalau tipe wajah lo bulat, lebih baik lo menghindari hairstyle ini. 

 

5. French Crop

Sumber : Pinterest Men’s Hair // orang dengan gaya rambut french crop 

 

Ternyata, ada hairstyle yang serupa tapi gak sama dengan gaya caesar, yaitu french crop. Hanya saja, potongan di area poni pada french crop akan lebih panjang jika lo bandingkan dengan caesar. Panjang poni french crop akan sampai ke tengah dahi, berbeda dengan caesar yang tidak ada sama sekali. 

 

Kalo lo punya masalah sama rambut rontok atau punya kening yang terlalu lebar, hairstyle ini bisa jadi pilihan. Tapi, sama kayak caesar, potongan ini kurang cocok buat lo yang punya tipe wajah bulat. Style ini lebih cocok buat lo yang punya tipe wajah panjang, seperti oval, diamond, atau persegi. 

 

Tips Merawat Rambut Pendek

 

Selain ide style dan bentuk wajah untuk gaya rambut pria pendek, lo juga perlu tahu bagaimana cara merawatnya. 

 

Ada beberapa tips yang akan berguna buat lo, seperti menjaga kulit kepala tetap bersih. Lalu, jangan lupa pakai kondisioner setiap keramas agar rambut terasa lebih lembut dan rapi.

 

Lalu, lo juga bisa memakai The Nature Styling Balm dari GATSBY agar rambut lebih mudah diatur. Ada tiga jenis produk yang bisa lo pilih, yaitu balm pomade, balm clay, atau balm cream

 

Kalo lo suka yang ngeset tapi gak terlalu moist, pilih yang clay. Produk ini cocok buat gaya rambut french crop atau caesar. Kalo lo pengen produk yang bisa ngasih setting dan moist maksimal, pilih pomade. Ini pas buat lo yang punya rambut quiff sama undercut

 

Lalu gimana kalo lo punya gaya rambut pria pendek dan rapi faux hawk? Lo bisa nyoba produk Nature Styling Balm yang cream. Produk ini punya tingkat moist 4/5 dan setting 4/5. Jadi, udah tau mana yang mau lo coba?