helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

15 Gaya Rambut Man Bun Artis, Inspirasi agar Style Makin Keren!

by
GATSBYCODE
02.05.2024
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Simpel dan hemat waktu styling, gaya rambut man bun jadi tatanan rambut paling praktis kalau lo punya rambut medium ke panjang. Jauh dari kesan feminin cepol ala cewek, tampilan rambut cepol pada cowok justru memancarkan aura maskulin dan cowok abis.

Apa Itu Gaya Rambut Man Bun?

Man bun, tatanan di mana seluruh atau sebagian rambut ditarik ke belakang terus lo ikat membentuk bulat atau cepol.[1] Terlihat sederhana, namun tatanan ini menawarkan sejumlah keunggulan, seperti:

1. Kreasi Tak Terbatas

Man Bun bisa lo styling beragam gaya lewat pemilihan gaya ikatan dan penambahan kepangan.

2. Menarik di Mata Lawan Jenis

Selain aura maskulin, gaya cepol juga punya daya tarik seksi yang tak tertahankan. Wanita secara alami juga tertarik pada pria dengan rambut lebat dan indah yang biasanya dimiliki oleh pria dengan rambut man bun.[2][3]

3. Membuat Lebih Percaya Diri

Dengan pandangan positif dari orang lain terutama lawan jenis terhadap gaya ini, lo bisa tampil lebih percaya diri dengan tatanan ini.

Variasi Gaya Man Bun

Meskipun hadir sebagai style rambut yang sederhana, man bun punya banyak variasi model, di antaranya:

1. Man Bun Undercut

Man Bun Undercut

Sumber: Pinterest/@Instyle // Colin Farrell dengan gaya rambut Man Bun Undercut. 

Colin Farrell jadi salah satu artis yang pernah hadir dengan pangkasan man bun undercut. Perbedaan mencolok antara rambut atas yang panjang dan dicepol dengan bagian bawah yang dipangkas undercut membuat Colin terlihat lebih muda dan fresh. 

Baca Juga : 7 Gaya Main Bun Undercut Keren 2024

2. Man Bun Fade

Man Bun Fade

Sumber: Pinterest/@Haneen // Zayn Malik dengan gaya rambut Man Bun Fade. 

Mirip dengan gaya sebelumnya, hanya saja bagian bawah rambut dibuat bergradasi dengan pangkasan fade. Kalau lo pengen gaya ini, lo bisa contek tampilan Zayn Malik yang ada di atas. 

3. Man Bun Top Knot

Man Bun Top Knot

Sumber: Pinterest/@Hello_Paola //  Avan Jogia dengan gaya rambut Man Bun Top Knot.

Bulatan bun berada di bagian crown belakang. Untuk gaya rambut top knot yang lebih casual, lo bisa style rambut lo sedikit berantakan seperti Avan Jogia di atas.

4. Messy Man Bun

Messy Man Bun

Sumber: Pinterest/@Christl Aux // Jason Momoa dengan gaya rambut Messy Man Bun.

Gak melulu harus rapi, cepol yang agak berantakan seperti milik Jason Momoa cocok lo pakai saat santai atau nongkrong. Padukan dengan pakaian kasual untuk penampilan yang effortless tapi tampak stylish.

5. Cornrow Man Bun

Corn Row Man Bun

Sumber: Pinterest/@Ansley Gracelyn // Jason Derulo dengan gaya rambut Cornrow Man Bun.

Bagi yang punya rambut keriting yang rewel, coba deh gaya rambut ala corn row man bun Jason Derulo ini. Kepangan khasnya bantu rambut lo terlihat lebih rapi tanpa harus repot styling tiap hari.

6. Man Bun Korea

Man Bun Korea

Sumber: Pinterest/@Shishimato // Yuta NCT dengan gaya rambut Man Bun Korea. 

Dengan tambahan poni depan di man bun Korean hairstyle ala Yuta NCT ini, lo bisa menutupi area dahi dan buat muka lo lebih proporsional. 

 

7. Man Bun Indonesia

Man Bun Indonesia

Sumber: Screenshot Pinterest/@Adis hwang //  Angga Yunanda dengan gaya rambut Man Bun Indonesia.

Kalau lo merasa kurang cocok dengan gaya full poni depan seperti Yuta, gaya rambut ala Angga Yunanda mungkin bisa jadi alternatif. Gak kalah keren, penampilannya pasti bikin lo tampil lebih cool.

8. Cap Man Bun

Cap Man Bun

Sumber: Screenshot Pinterest/@BuzzFeed // Leonardo DiCaprio dengan gaya rambut Cap Man Bun.

Bagi lo yang ingin tampil kasual tapi tetap stylish di luar rumah, gaya cap man bun ala Leonardo DiCaprio mengenakan topi bisa jadi inspirasi. Terutama saat lo lagi gak mau ribet dengan rambut panjang atau bad hair day.

9. Half Up

Half Up Man Bun

Sumber: Screenshot Pinterest/@Hae Hae //  Lee Donghae dengan gaya rambut Half Up.

Tatanan rambut ini cuma ngegunain setengah rambut untuk dicepol dan setengah lainnya dibiarkan terurai. Gaya ala Lee Donghae ini bisa lo pake ketika lo pengen tampil rapi tapi gak mau kesannya terlalu formal. 

10. Mid Bun

Mid Bun

Sumber: Pinterest/@The Standard // David Beckham dengan gaya rambut Mid Bun.

Untuk rambut yang gak terlalu panjang, lo bisa buat mid to low bun. Sama seperti penampilan David Beckham, posisikan cepolan rambut di bagian tengah belakang kepala.

11. Low Bun

Low Bun

Sumber: Pinterest/@TODAY Show // Chris Hemsworth dengan gaya rambut Low Bun.

Masih soal rambut yang gak terlalu panjang, lo bisa coba gaya rambut man bun pendek ala Chris Hemsworth dengan style cepol bawahnya. 

12. Cepol Slicked Back

Slick Back Bun

Sumber: Pinterest/@GQ Magazine //  Milo Ventimiglia dengan gaya rambut Cepol Slicked Back.

Rapi dan licin, gaya slick back bun ala aktor Heroes, Milo Ventimiglia, yang klimis pancarkan aura gentleman dan profesional. Gaya sempurna untuk tampil di acara formal. 

13. Man Bun with Line

Man Bun With Line

Sumber: Screenshot Pinterest/@Yeni // Darwin Nunez dengan gaya rambut Man Bun with Line.

Ingin tampil lebih memikat tapi unik? Coba ikuti gaya rambut Darwin Nunez yang tampil lebih kece dengan tambahan jalur kutu di sisi samping rambut. 

14. Man Bun with Braids

Man Bun With Braids

Sumber: Screenshot Pinterest/@Larissa //  Harry Styles dengan gaya rambut Man Bun with Braids.

Selain jalur kutu, tampilan yang unik juga bisa lo peroleh dengan menambahkan kepangan di rambut. Persis seperti gaya Harry Styles di atas. 

15. Space Bun

Space Bun

Sumber: Canva // Justin Bieber dan Harry Styles dengan gaya rambut Space Bun.

Space bun, gaya cepol dua yang lo style di sisi kanan dan kiri bagian atas kepala. Untuk gaya yang eye catching lo bisa contoh style Justin Bieber dengan dreadlock-nya. Sedangkan untuk gaya yang kalem, lo bisa contoh gaya Harry Styles. 

Baca Juga : Gaya Rambut Man Bun Untuk Pria Gondrong

Perawatan dan Styling Rambut Man Bun 

Style Man Bun digunakan oleh rambut medium ke panjang yang cenderung lebih mudah kering daripada rambut pendek. Karenanya untuk menjaga kesehatan rambut, lo perlu memperhatikan kelembapan rambut. 

Untuk rutinitas keramas, lo bisa gunakan sampo, conditioner, serta masker rambut yang melembapkan. Sedangkan untuk styling rambut, ganti produk styling lo ke GATSBY: The Nature Styling Balm series yang terformulasi dengan minyak kelapa alami dan vitamin E untuk menutrisi sekaligus melembapkan rambut. 

  • Balm Pomade: Bantu ubah rambut kaku, kasar, dan ikal menjadi lebih lembut. 

  • Balm Clay: Ubah rambut tipis menjadi makin bervolume.

  • Balm Cream: Bantu rambut lebat semakin ringan dan lebih halus. 

Produk The Nature Styling Balm series, gak buat rambut lengket dan kaku, sehingga tatanan gaya rambut Man Bun lo restyle-able kalo mau ganti gaya rambut. Yuk, cobain sekarang!