helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Pilihan Gaya Rambut Comb Over dan Tips Stylingnya

03.04.2024
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Sumber: Freepik || Download Images // Seorang pria sedang menyisir rambut Comb Over. 

 

Sempat menjadi tampilan rambut yang banyak digandrungi pada tahun 70-an, gaya Comb Over masih banyak digunakan hingga saat ini karena stylenya yang timeless

 

Apa itu Comb Over?

 

Buat lo yang masih asing, Comb Over hairstyle sendiri merupakan style di mana rambut lo belah samping terus bagian rambut yang lebih panjang lo sisir menyamping.

 

Dari sejarahnya sendiri, style ini sempat booming lantaran jadi salah satu hack yang bisa bantu menutupi kebotakan. 

Inspirasi Model Rambut Comb Over Kekinian

 

Mulai dari gaya klasik hingga gaya yang lebih modern, terdapat banyak opsi Comb Over yang bisa lo coba untuk penampilan lebih segar. Ini beberapa di antaranya: 

 

1. Classic Comb Over

Sumber: Pinterest/@IMDb // George Clooney dengan model rambut Classic Comb Over. 

 

Sesuai namanya, potongan Comb Over ini adalah versi original yang udah banyak orang gunakan sejak tahun 70-an. Rambut ini punya style klasik yang ditandai dengan rambut panjang di bagian crown kepala dan rambut yang sedikit lebih pendek di samping juga belakang kepala. 

 

Gaya ini kerap orang kaitkan dengan kesan dewasa karena ukurannya yang sederhana tapi elegan. Contohnya adalah penampilan George Clooney dalam film Leatherheads yang terlihat berkelas dan mewah dengan potongan ini. 

 

2. Short Comb Over Fade

Sumber: Instagram/@Hairstylespoint // Nick Jonas dengan model rambut Short Comb Over Fade.

 

Style ini masih mengikuti sebagian besar blueprint dari model klasik Comb Over, hanya saja potongan ini menggabungkan teknik fade dalam stylenya. Sisi samping juga belakang dari gaya Comb Over haircut ini akan di-trim bergradasi untuk mengkreasikan gaya rambut yang lebih modern. 

 

3. Undercut Comb Over

Sumber: Instagram/@Hoodiebarbershop // Pria dengan model rambut Undercut Comb Over. 

 

Kalo gaya rambut Comb Over sebelumnya menggunakan sentuhan fade, dalam style ini gaya khas Comb Over diharmonisasi dengan cukuran Undercut. 

 

Masih sama dengan dua gaya sebelumnya, bagian crown dibiarkan lebih panjang sementara sisi samping dan belakangnya didesain dengan gaya Undercut yang cukurannya hampir menyentuh kulit.

 

4. Long Hair Comb Over

Sumber: Pinterest/@Love Hairstyles // Pria dengan model rambut Long Hair Comb Over.

 

Berlainan dengan ketiga style sebelumnya yang panjang bagian crown berkisar antara 3 hingga 4 cm, potongan rambut Comb Over satu ini punya rambut yang lebih panjang. Umumnya, panjang rambut ini sedikit dramatis sehingga mampu membentuk lekukan poni yang bisa menutupi sebagian sisi dahi.

 

5. Curly Comb Over

Sumber: Pinterest/@Next Luxury // Pria dengan model rambut Curly Comb Over. 

 

Buat lo yang dianugerahi sama tipe rambut yang keriting atau ikal, lo juga masih bisa gunain model rambut pria Comb Over. Tipe rambut ini masih masuk-masuk aja sama style rambut ini, justru tampilan rambut keriting atau ikal yang lo sisir ke samping bisa ngasih tampilan retro yang saat ini lagu hype lagi. 

 

Untuk hasil yang lebih menonjol, stylish, dan juga chic, lo bisa pilih aja potongan high fade untuk merapikan sisi dan belakang rambut. Tampilan kontras antara bagian atas yang keriting dengan sisi samping yang pendek bakal bantu lo mempertajam tampilan yang clean dan rapi. 

 

Tips dan Trik Styling Gaya Com Over

Sumber: Freepik // Seorang pria sedang styling rambut model Comb Over. 

Buat lo yang tergiur untuk potong rambut Comb Over tentunya lo perlu tahu tips dan trik biar makin gampang buat nge-styling gaya rambut ini. Jangan sampe lo udah potong rambut terus lo kesusahan buat styling gaya ini. Nah, ini beberapa tips dan triknya yang bisa lo ikuti:

 

1. Menemukan Belahan Rambut

 

Mengingat style ini merupakan gaya belah samping, tentu saja akan penting buat lo nemuin belahan rambut yang pas buat style ini. 

 

Buat nemuin belahan rambut, lo bisa keramas seperti biasa lalu keringkan rambut setengah basah. Kondisi rambut ini bakal ngebuat rambut lo lebih gampang diatur.

 

Nah, lo bisa mulai proses pembentukan belahan rambut dengan menemukan pusar rambut terlebih dahulu. Setelah ketemu, sentuh pusar rambut dengan jari lalu tarik garis lurus ke depan untuk membentuk belahan.  

 

2. Merapikan Rambut 

 

Untuk buat rambut lo makin rapi, setelah belahan udah lo temuin, lo bisa gunain sisir buat memperjelas belahan sekaligus ngebagi rambut lo secara rapi. Lakukan hal ini hingga garis lurus dari belahan rambut yang jadi ciri khas Comb Over terlihat jelas. 

 

3. Menggunakan Pomade

 

Agar style Comb Over lo bisa tahan lama dan ngasih tampilan yang optimal, lo bakal butuh pomade dalam proses stylingnya. Nah, lo bisa gunain aja GATSBY Styling Pomade yang tersedia dalam banyak varian dan bisa memenuhi setiap kebutuhan lo. 

 

Oil Based Pomade

 

Dengan bahan dasar minyak, pomade ini bisa ngasih lo kilau ekstra pada tampilan rambut sambil memberikan setting yang kokoh.

  • Supreme Grease: Memiliki Greasy Slick Technology, lo bisa dapetin rambut super rapi, klimis, dan bercahaya. 

 

Water Based Pomade

 

Dengan bahan dasar air, pomade ini bisa buat rambut lo terasa lebih ringan, gak lengket, dan tampak lebih natural. 

  • Supreme Hold: Lewat Water Slick Technology, rambut lo bakal terlihat lebih rapi dan menyatu dengan kilau rambut sehat.

  • Perfect Rise: Dengan Dry Boost Technology, bantu rambut tampil lebih bervolume, ringan, awet, tanpa rasa lengket.

  • Urban Dry: Mendukung tampilan rambut rapi alami dengan kilau rambut yang sehat natural. Gak lengket dan mudah dibersihkan.

  • Hyper Lift: Dengan Fiber Grip Technology bantu rambut lo tampil lebih bervolume dan tahan lama tanpa rasa kaku. 

Itulah trik rahasia untuk tampil maksimal dengan gaya Comb Over! Untuk hasil yang lebih all out, lo juga bisa pake hairdryer untuk mengunci gaya rambut lo setelah pengaplikasian GATSBY Styling Pomade.