helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

7 Gaya Cukuran Mandarin yang Rapi tapi Manly & Tips Merawat

by
GATSBYCODE
29.04.2024
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Cukuran Mandarin jadi model pangkasan yang gak kalah hype di tengah tren style Korea saat ini. 

Digemari karena model pangkasannya yang praktis serta mudah dirawat, pangkasan  ini bisa menjadi variasi menarik buat lo yang mengutamakan kenyamanan dalam berpenampilan.

Apa Itu Model Rambut Mandarin?

Apa itu Model Rambut Mandarin

Seorang pria sedang memotong rambut. 

Pangkasan ini merupakan cukuran rambut yang mana bagian nape, side, dan temple di-trim lebih tipis atau pendek dari area crown, top, dan front. Dengan pangkasan samping yang pendek, cukuran ini menawarkan kemudahan dalam hal maintenance dan penataan. 

Variasi bentuk muka tak menjadi halangan, potongan ini fleksibel untuk semua tipe muka. Sedangkan untuk tipe rambut, pangkasan ini akan menyuguhkan  penampilan yang lebih menarik dan memikat baik untuk rambut lurus atau bergelombang. 

Baca Juga : Rekomendasi Gaya Rambut Lurus Pria

Ragam Inspirasi Rambut Mandarin 

Tersedia dalam banyak pilihan model yang beragam, ini beberapa pangkasan populer yang bisa lo pilih: 

1. Potongan Mandarin 2 Jari

Potongan Mandarin 2 Jari

Sumber: Brendanpaing // Liu Haoran dengan Potongan Mandarin 2 Jari.

Di antara banyak variasi yang ada, rambut dengan hasil trim side yang rapi jadi salah satu hal yang disukai perempuan.[1] Nah, salah satu style rambut Mandarin yang menawarkan trim sisi samping rapi ini adalah cukuran 2 jari yang menyajikan  tampilan side yang dipangkas pendek sekitar 2 jari dari atas telinga. 

Buat lo yang masih ragu, penampilan aktor Liu Haoran di atas bisa jadi bukti kalo style ini kece banget. 

2. Mohawk Mandarin

Mandarin Mohawk

Sumber: Park Seo Jun dengan Mohawk Mandarin. 

Dengan visual rambut yang mengangkat khas tatanan Mohawk, style ini bantu buat ngasih dimensi ke muka sehingga tampak lebih panjang. Ilusi ini bakal berguna banget kalo lo punya muka bulat dan pengen keliatan lebih kurus dan simetris. 

Panjang rambut bisa lo sesuaikan dengan preferensi pribadi. Untuk gaya yang simpel dan gak berlebihan, lo bisa mempertimbangkan potongan pendek seperti yang dikenakan oleh Park Seo Jun.

3. Mandarin Pendek

Mandarin Pendek

Sumber: Pairor Yoochiror // Yang Yang dengan Mandarin Pendek. 

Untuk style yang terlihat rapi dan effortless untuk styling, lo bisa cukur Mandarin pendek aja. 

Gaya rambut Mandarin rapi ini gak beda jauh sama pangkasan buzz cut, hanya aja bagian atasnya gak dipendekkan terlalu ekstrem. Berbicara tentang inspirasi, tampilan chic ala Yang Yang adalah contoh yang sangat relevan dari gaya ini.

4. Mandarin Panjang

Mandarin Panjang

Connor Leong dengan Mandarin Panjang. 

Masih dengan pangkasan tipis di area side part, gaya ini hadir dengan rambut bagian crown dan top yang dibuat lebih panjang dan ada tambahan poni. Meskipun demikian, pangkasan ala Connor Leong ini masih memberikan tampilan yang rapi dan gak bakal buat lo kerepotan saat styling-nya. 

Pangkasan ini cocok buat lo yang merasa kurang percaya diri dengan gaya rambut pendek, terutama dengan tampilan dahi yang terlalu terbuka.

5. Mandarin Rapi dan Ganteng

Mandarin Rapi dan Ganteng

Sumber: Truong Dang Ngoc Ly // Wallace Huo dengan Mandarin Rapi dan Ganteng. 

Jadi aktor yang punya banyak penggemar wanita, style rambut Wallace Huo bisa jadi inspirasi buat lo yang mau tampil rapi namun kelihatan lebih ganteng nan macho. Area temple dan side dipangkas tipis sementara crown dan top yang panjang ditata slicked back yang rapi. 

6. 90an Mandarin Haircut

90an Mandarin

Sumber:Jimmy Lin dengan 90 Mandarin Haircut. 

Terinspirasi dari model rambut Mandarin 90an ala Jimmy Lin, pangkasan ini sangat ideal bagi lo yang menggemari penampilan dengan rambut gondrong

Untuk tetap menjaga kesan kekinian dan menghindari tampilan yang ketinggalan zaman, lo bisa menambahkan teknik taper atau fade untuk merapikan dan menipiskan area side rambut. Dengan demikian, lo bisa menciptakan gaya yang klasik namun tetap terlihat modern dan segar.

Baca Juga : Rekomendasi Taper Fade Terbaik Untukmu

7. French Crop Mandarin 

French Crop Mandarin

Sumber: @Arlee_hey // Pria dengan rambut French Crop Mandarin. 

Untuk penampakan yang lebih trendi, modis, dan fresh, pangkasan pendek ala French Crop bisa lo coba. 

Hadir dengan trim pendek di sisi side dan nape, pangkasan ini sebetulnya cukup fleksibel dalam hal penataan karena bagian crown dan top yang lebih panjang. Pangkasan ini bisa lo styling sesuka hati, dari belah samping, quiff, hingga spiky. 

Nah, untuk styling gaya ini, lo bisa tata rambut lo dengan GATSBY: The Nature Styling Balm Clay. Produk ini bakal menyulap rambut lo menjadi lebih tebal dan bikin French Crop lo makin keren.

Tips Merawat dan Styling Rambut Mandarin

Tips Merawat Mandarin

Seorang pria sedang memotong rambut. 

Gak jauh beda dengan cara merawat rambut lainnya, untuk menjaga pangkasan Mandarin lo hanya perlu rutin melakukan cukuran di bagian side dan nape. Hal ini agar bentuk pendeknya tetap terjaga rapi. Lo bisa melakukan pemangkasan kira-kira sebulan sekali atau dua kali. 

Selanjutnya untuk styling rambut, lo bisa memakai produk perawatan yang gak hanya bantu jaga style lo tahan lama tapi juga bantu rambut lo makin sehat. 

Lo bisa gunain aja GATSBY: The Nature Styling Balm series. Produk ini punya kandungan minyak kelapa yang oke banget buat jaga kelembapan di rambut.[2] Selanjutnya, ada juga formula vitamin E yang bantu jaga kesehatan rambut.[3]

  • Balm Pomade: Menaklukan rambut lo yang kaku, kasar, dan ikal. 

  • Balm Clay: Mengatasi rambut yang tipis dan buat rambut lebih bervolume.

  • Balm Cream: Mengatasi rambut lebat yang sulit lo atur agar lebih jatuh dan halus. 

Apa pun cukuran Mandarin yang lo pilih, hanya GATSBY: The Nature Styling Balm series yang bisa bantu lo tampil maksimal dengan rambut yang lebih terawat!