helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Fitur-Fitur yang Harus Ada di Jam Tangan Para Pendaki Gunung

by
GATSBYCODE
15.06.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

Seorang pendaki gunung harus siap sedia dengan segala medan yang ada, baik ketika di perjalanan menuju puncak, maupun perjalanan ketika turun dari puncak. Meski kegiatan mendaki ini terkesan berat dan melelahkan, tapi nyatanya kegiatan ini cukup menyenangkan dan bakal bikin lo kecanduan. Sebelum mendaki, ada baiknya mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan matang, supaya kembali dengan selamat sampai ke rumah. Dari segala macam alat-alat yang diperlukan, salah satu alat yang cukup penting dipakai adalah jam tangan. Jangan asal pilih, pastikan fitur-fitur berikut ada di jam tangan lo ya Sob sebelum naik gunung!

 

Barometer dan altimeter

Barometer jadi fitur yang cukup penting karena berfungsi untuk mengukur tekanan udara. Jika tekanan udara tinggi, menandakan cuaca yang “bersahabat”, sedangkan jika tekanan udara rendah maka kemungkinan akan badai. Fitur ini penting untuk mengetahui kondisi cuaca ketika akan summit, dan bisa untuk menghindari cuaca buruk di gunung, jadi lo bisa memperkirakan cuaca selama naik, dan akan bisa sampai puncak dengan kondisi cerah. Sementara altimeter digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Fitur ini berfungsi untuk mengetahui sejauh apa lo sudah berjalan, dan berapa ketinggiannya dari permukaan laut. Jika lo sedang melakukan ekspedisi, fitur ini penting banget untuk mengukur ketinggian pasti dari gunung yang lo daki.

 

GPS dan kompas

Meski di gunung sudah tersedia jalanan atau track untuk dilewati, namun gak ada salahnya buat pakai jam yang memiliki GPS. Kemungkinan untuk tersesat itu pasti ada, makanya harus diantisipasi dengan adanya fitur GPS di jam lo. Akurasi dari GPS juga sangat tepat, jadi dia bisa memetakan posisi dan lokasi secara presisi. Fitur ini juga bisa merekam kontur track yang dilewati, sehingga bisa dijadikan bahan acuan oleh pendaki lain. Kalau kompas, fungsinya untuk mengetahui arah mata angin. Sehingga lo bisa tau posisi dan arah mana yang harus dituju. Keduanya sama-sama penting, dan gak bisa dipisahkan fungsinya.

Baca Juga : Punya Jam Tangan Mahal? Begini Cara Merawat yang Benar

 

Waterproof, dust proof, anti stretch

Jam tangan lo harus kuat dan tangguh, jadi wajib anti air, anti debu dan anti gores! Banyak ketidakpastian di gunung, seperti cuaca yang tiba-tiba badai, atau tiba-tiba berangin hebat, atau bahkan bisa panas sampai membakar kulit. Kalau jam tangan lo gak dilengkapi dengan tiga kekuatan tadi, baru dipakai sekali bisa jadi jam lo sudah rusak. Jangan lupa pilih juga jam dengan baterai atau daya yang besar, jadi lo gak perlu sering ganti baterai. Kalau bisa, pilih jam dengan pengisi daya tenaga surya, supaya bisa ke-charge sendiri ketika lo naik di cuaca yang panas dan terkena sinar matahari.

 

Pemantau kesehatan

Mau secanggih apapun jam lo, tetap yang paling penting adalah kesehatan lo. Makanya, jam tangan hiking pun kini dilengkapi dengan fitur pemantau kesehatan seperti pemantau detak jantung otomatis atau heart rate monitor, pemantau penyerapan oksigen dalam tubuh atau pulse oxygen monitor dan juga fitur monitor energi tubuh untuk mengukur daya energi dalam diri. Semua fitur ini bisa tersambung dengan gawai lo, sehingga mudah dipantau secara real time. Fitur ini bisa memberitahu lo kapan tubuh harus beristirahat, jadi gak terlalu lelah ketika mendaki. 

Selain jam tangan, ada 1 item lagi yang penting untuk lo miliki yaitu deodorant. Karena di gunung nanti gak akan mandi, jadi persiapkan badan lo sebaik mungkin untuk meminimalisir bau-bau kurang sedap. Sebelum mendaki, oleskan dulu GATSBY COOL SHOCK DEODORANT ROLL ON FLORAL WOODY yang mengandung anti bacteria agents, sehingga mampu mencegah perkembangan bakteri penyebab bau badan. Wangi woody floralnya yang mewah juga akan bikin lo segar seharian meskipun keringetan.