helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Etika-Etika Menggunakan Fasilitas Umum

by
GATSBYCODE
14.02.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

“Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan masyarakat itu…”, begitu ungkap Bediuzzaman Said Nursi, intelektual Turki. 

 

Kebersamaan dalam suatu masyarakat dapat diimplementasikan dalam hal etika-etika seperti etika kebersihan, etika kesehatan, etika kesopanan dan beragam etika lainnya. Salah satu etika yang harus lo perhatikan adalah etika-etika menggunakan fasilitas umum, Sob!

 

Kalau kita keliling kota, misal Jakarta; ada banyak fasilitas umum yang sudah disediakan oleh pemerintah, tapi nampaknya tidak digunakan dengan bertanggung jawab oleh masyarakatnya. Ada yang melakukan vandalisme, ada yang menggunakan bukan sesuai peruntukannya, ada pula yang bahkan dicuri. Duh! Berikut ini kami sajikan etika-etika menggunakan fasilitas umum agar kita semua sama-sama enak dan sama-sama nyaman, Sob! 

 

Jagalah Kebersihan

Lagi di halte bis, di kursi taman, atau di mana pun tempat fasilitas umum; pastikan kita menjaga kebersihan ya, Sob! Nggak jarang kita melihat ludah orang hingga bekas-bekas sampah. Kalau lo yang menemukan, pasti merasa jijik kan? Maka etika terbaik menjaga kebersihan di fasilitas umum yang pertama adalah “jangan lakukan hal yang lo sendiri nggak suka kalau ada orang lain melakukan itu”.

 

Kalau lo nggak suka ada bekas ludah, maka lo jangan meludah sembarangan. Kalau lo nggak suka sampah berserakan, maka lo jangan buang sampah sembarangan. Sesederhana itu, Sob!

 

Kalau lo benar-benar butuh meludah karena tersedak atau sebab-sebab lainnya; pastikan cari tempat yang sesuai seperti toilet umum, atau di tissue yang kemudian lo buang tissuenya sesuai tempatnya. Di toilet pun pastikan lo menjaga kebersihan seperti flush bekas buang air.

 

Ketika lo menggunakan fasilitas umum seperti alat-alat olahraga di taman, maka akan sangat mulia ketika lo selesai menggunakan, lo semprot gagang atau alatnya dengan hand sanitizer lalu lo lap dengan tisu sebelum lo tinggalkan. Maka pengguna berikutnya akan merasa lebih nyaman, Sob!

 

Jangan Merusak

Mentang-mentang fasilitas umum, bukan berarti kita bisa seenaknya, Sob! Fasilitas umum kan dibangun dengan pajak dari kita, maka bisa dibilang bahwa fasilitas umum itu adalah milik kita. Salah satu bentuk syukur ketika kita memiliki sesuatu adalah dengan menjaganya sepenuh hati dan tidak merusaknya. 

 

Ketika lo menggunakan toilet umum, alat-alat olahraga di tempat umum, pastikan lo menggunakannya sesuai dengan aturan dan petunjuk yang berlaku. Jangan melakukan hal-hal di luar batas apalagi sampai merusak. Sepeda statis yang ada di taman ya digunakan untuk olahraga sepeda, bukan untuk diinjak lalu selfie di atasnya. 

 

Dengan menjaga fasilitas umum dan tidak merusaknya, maka kita sudah berkontribusi pada kenyamanan orang lain, Sob!

 

Jangan Vandal

Halte bis, jembatan penyebrangan orang (JPO) hingga tiang lampu jalan sering menjadi objek vandalisme. Entah itu berupa coretan gambar, poster-poster liar, atau bekas-bekas kerusakan; pasti nggak nyaman dilihat kan? Maka ketika kita tidak nyaman dengan hal-hal semacam itu, janganlah kita melakukan hal serupa.

 

Sobat Gatsby sih nggak mungkin ya melakukan itu, tapi banyak anak-anak tanggung yang melakukan vandalisme di fasilitas umum. Maka akan sangat mulia jika lo juga turut aktif menegur dan mencegah agar hal itu tidak terjadi. Tenang, biasanya pelaku vandalisme itu penakut kok, cukup lo teriakkan juga mereka bakal lari. Dengan begitu, lo sudah turut terlibat dalam menjaga keindahan dan fasilitas umum kota, Sob!

 

Supaya pede saat berada di fasilitas umum, jangan lupa selalu pakai GATSBY URBAN ICE DEO STONE, deodorant berbentuk stick dengan wewangian modern dan wangi yang up to date, memberikan sensasi dingin menyegarkan untuk menjaga tubuh tetap segar. Memberikan kesan pribadi yang keren, bergaya, dan tentunya membuat orang-orang di sekitar lo jadi nyaman, Sob!