helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Etika-Etika Ketika Pinjam Barang Teman

by
GATSBYCODE
14.02.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Sob, pernah gak sih lo ada di kondisi ketika lu kepepet banget butuh suatu barang, dan satu-satunya jalan keluar yang terlintas di benak lo kala itu adalah pinjam ke teman?

 

Gak ada salahnya sih kalo mungkin hal ini pernah kepikiran, atau paling sering terpikir karena menurut lo cuma itu satu-satunya jalan keluar dari masalah lo. Tapi yang jadi masalah adalah ketika lo gak paham etika pinjam barang dari si teman, dan itu malah jadi merugikan kalian berdua. Wah, jangan sampai kayak gini ya, berpotensi merusak hubungan pertemanan kalian loh. Percaya deh!

 

Supaya hal itu gak terjadi, coba lo perhatikan beberapa etika ketika pinjam barang teman berikut.

 

Pinjam Ke Teman Paling Dekat

Rasanya aneh gak si kalau tiba-tiba lo pinjam barang ke teman yang gak dekat-dekat amat? Nah, supaya gak terasa canggung, ada baiknya orang yang kalian cari ini adalah orang yang menurut lo paling dekat, dan dia bisa dipercaya. Tapi meskipun dekat, jangan dimanfaatin juga ya! Karena kalau sekali dia kecewa, yang ada lo bukan cuma kehilangan kesempatan pinjam barang, tapi juga kehilangan teman dekat. Amit-amit!

 

Minta Tolong Baik-Baik

Setelah dirasa udah dapat teman yang bisa dipinjami barangnya, langkah selanjutnya adalah minta tolong baik-baik supaya barang tersebut bisa dipinjam. Saat minta tolong, lihat juga kondisinya, apakah dia lagi butuh barang tersebut atau engga. Kalau ternyata doi lagi butuh, lo harus tetap prioritaskan kebutuhannya dulu. Dan yang paling penting, minta tolongnya gak pakai ancaman ya! Kalau pakai ancaman, fix temen lo gak bakal jadi pinjemin!

 

Jaga Barangnya Baik-Baik

Ini penting banget karena alasannya cuma satu; barang itu bukan punya lo. Jangan sampai, barang yang lo pinjam malah rusak atau hilang, dan lo jelas harus gantiin barang tersebut. Kalau sudah begini, repot banget! Gak bisa beli, tapi malah gantiin, huh!

 

Selain itu, menjaga barang pinjaman baik-baik juga bisa bikin teman lo bisa terus percaya sama lo. Supaya kedepannya, ketika lu butuh sesuatu atau bantuan lagi, dia akan dengan senang hati membantu lo lagi, karena menurutnya, lo bisa dipercaya. Jaga barang yang dipinjam, seperti barang itu milik lo sendiri. 

 

Jangan Jadi Hak Milik

Jelas banget, jangan. Kalau barang yang lo pinjam jadi hak milik, itu sama aja dengan lo mencuri barangnya. Segera kembalikan barangnya kalau sudah gak terpakai lagi. Kalau emang butuh waktu buat nambah waktu, let them know. Bilang aja baik-baik, dan jelaskan tujuan kenapa lo memperpanjang waktu peminjaman barang tersebut. Jangan sampai ada kesalahpahaman dan ada omongan yang enggak-enggak deh pokoknya. Pinjam, selesai, balikin.

 

Kembalikan Dengan Baik

Pinjamnya baik-baik, kembaliinnya juga wajib baik-baik. Jangan lupa ucapkan terima kasih, dan kata-kata lain sebagai bentuk wujud apresiasi lo atas bantuannya. Kalau mau extra, bisa juga kasih compliment kecil waktu balikin barangnya. Misal kalau lo pinjam buku, coba selipkan surat atau voucher makan gratis di warung mie ayam pojok gang. Dia pasti happy banget, dijamin!  

 

Gak Keseringan Pinjam

Jangan dikasih hati minta jantung ya! Kalau udah pinjam sekali, batasi peminjaman untuk yang kedua, ketiga dan seterusnya. Coba pikirin gimana perasaan temen lo saat barangnya berkali-kali dipinjam. Kesel mungkin iya, tapi mau nolak juga gak enak.

 

Coba untuk gak mengandalkan apapun ke orang lain, bahkan ke teman terdekat lo. Saat tau kalau barang tersebut sangat diperlukan, maka berusahalah buat mendapatkan barang tersebut dengan cara sendiri. Supaya gak pinjam lagi, lagi, dan lagi. 

 

Pada dasarnya, pinjam meminjam barang gak ada salahnya. Asalkan, beberapa tips di atas kalian perhatikan, dan praktekkan. Sebelum meminjam barang, coba semprotkan dulu GATSBY ULTRA PRIME PRECIOUS ONE supaya lebih siap ketemu sama teman, dan lebih berani buat meminjam barangnya. Best of luck!