helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Etika Berkenalan Anti Kaku dan Anti Canggung

by
GATSBYCODE
14.02.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

“Banyak laki-laki dalam perjalanan hidupnya tidak sengaja bertemu dengan perempuan menarik tapi nggak berani ngajak kenalan”, begitu kata Raditya Dika, penulis dan komika ternama Indonesia. 

 

Bukan hanya kepada perempuan sih, banyak dari kita yang kaku dan canggung ketika kenalan dengan orang baru, semisal relasi bisnis, teman dari pasangan, apalagi kenalan dengan calon mertua. 

 

Kenalan memang bukan hal sederhana. Dibutuhkan mental yang percaya diri dan disaat bersamaan juga harus bijak dan sopan. Maka itu, kita siapkan buat lo etika-etika berkenalan yang sopan, anti kaku dan anti canggung, Sob!

 

Awali dengan “Baca Brief”

Baca brief ini nggak literally membaca ya, Sob! Intinya adalah minimal lo sempat searching atau cari tahu tipis-tipis tentang orang yang akan lo temuin ini. Misal, ketika lo mau berkenalan dengan calon partner bisnis perusahaan, maka sudah seharusnya lo kepoin profil perusahaannya sekaligus kepoin sedikit tentang pribadi dia. 

 

Secara sederhana, lo bisa cari akun linkedin dia dan cari tahu di mana dia sekolah, kuliah, hingga pengalaman kerjanya. Kepoin hal tersebut bukan termasuk ranah pribadi kok, apalagi kalau dia memang secara sengaja menunjukkannya di profil sosial media seperti linkedin.

 

Selain kepada calon partner kerja, mungkin lo akan berkenalan dengan teman atau gebetan baru. Ada baiknya sebelum bertemu, lo tanya ke teman lo yang merekomendasikan atau siapa pun yang kenal tentang karakter dia. Hal itu akan membuat lo lebih percaya diri dan bisa menyiapkan topik-topik yang relevan ketika berkenalan, Sob!

 

Tatap Matanya

Tiba di hari pertemuan dan perkenalan, hal paling awal bahkan sebelum lo berjabat tangan adalah tatap matanya dengan tatapan sopan. Menatap mata menunjukan respect kita terhadap lawan bicara. Ketika berjabat tangan, tetap tatap matanya dan tunjukkan kalau lo siap mendengarkan dia dan fokus pada dia. 

 

Jangan sekali-kali sibuk main handphone ketika momen kenalan ya, Sob! Hal itu akan dianggap tidak sopan dan menunjukkan bahwa lo nggak interest dengan momen perkenalannya. Jika ada yang harus segera dibalas, minta izin sebentar ke dia dan jelaskan bahwa lo ada pesan penting yang harus segera dibalas.

 

Bahas Hal-Hal Sederhana Dulu

Ketika awal perkenalan, jangan langsung membahas hal-hal yang cukup berat dan sensitif seperti pilihan politik atau pandangan terhadap isu-isu yang sedang hangat. Bisa jadi lawan bicara kita dalam posisi kontra dan punya concern yang sangat tinggi tentang hal itu. Momen kenalan jadi canggung dan kaku deh kalau sama-sama menyadari ternyata beda pandangan.

 

Lain hal jika nanti sudah akrab, beda pandangan adalah hal biasa yang justru jadi seru untuk dibahas. Tapi saat kenalan, jangan sekali-kali bahas itu ya, Sob! Lo bisa mulai dengan bahasan soal cuaca, jalanan yang macet, jenis kopi yang enak, atau sekadar tanya mutual friends yang kalian punya. 

 

Untuk menunjang momen kenalan yang berkesan, jangan lupa gunakan GATSBY FRAGRANCE yang sesuai dengan karakter lo. Personal branding itu penting. Lo mau tampil sebagai orang yang dewasa dan tenang? bawel dan menyenangkan? serius dan cerdas? atau sporty dan bergaya? Lo harus bangun itu sejak awal kenalan dan didukung dengan produk-produk GATSBY yang variannya banyak, bisa nyesuaian personal branding lo, Sob!

 

Misalnya, kalau lo mau tampil berkelas, maka lo bisa gunakan GATSBY ULTRA PRIME PERCIOUS ONE, wewangian dengan konsentrasi tinggi, dan wangi Neo-Classic yang dikombinasikan dengan kemasan exclusive, untuk memberikan rasa percaya diri sepanjang hari. Membantu lo mendapatkan wangi terbaiknya. Menambah kesan berkelas dan menyenangkan, Sob!