helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Etika Batuk saat Harus Bepergian ke Tempat Umum

by
GATSBYCODE
15.06.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Baru-baru ini, Pemerintah Indonesia melalui Presiden mengumumkan bahwa masyarakat diperbolehkan nggak memakai masker selama di luar ruangan. Syaratnya, lo harus dalam keadaan sehat dan gak sedang dalam gejala sakit apapun seperti batuk atau flu, Sob. Terus gimana kalau lagi batuk dan harus beraktivitas? Tenang, karena ada beberapa etika batuk yang bisa lo terapkan saat harus bepergian ke tempat umum, nih!

 

Banyak yang bersyukur karena akhirnya hal ini terjadi juga, tapi banyak juga yang sudah keburu nyaman dengan maskernya, dan memilih tetap memakai masker meski di luar ruangan. 

 

Gak apa-apa, itu pilihan. Tapi kalau lo lagi sakit, khususnya batuk, masker bukan pilihan tapi jadi barang wajib ya Sob! Lo lagi batuk tapi mau ke luar rumah? Jangan lupakan hal-hal berikut supaya gak bikin orang-orang parno.

 

Tetap pakai masker yang safety

Jangan dulu dilepas deh Sob maskernya kalau lo lagi gak fit. Lebih baik pakai terus maskernya, untuk mencegah penularan penyakit lo ke orang lain. Pilih masker yang sesuai dengan kebutuhannya ya. Kalau untuk menghalau virus, pastikan masker yang lo gunakan sudah sesuai dengan standar kesehatan. Kalau perlu, pakai dua lapis supaya lebih aman.

 

Selalu menutup mulut dengan tisu

Pastikan lo menutup mulut lo dengan tisu saat batuk. Ini dilakukan untuk mencegah virus-virus berkeliaran kemana-mana saat gak lo tutup mulut ketika batuk. Ketika gak ada tisu atau sesuatu yang bisa digunakan untuk menutup, batuklah ke arah siku dalam lo, supaya tetap aman dan gak ada cairan dari mulut yang terbawa udara.

 

Buang tisu ke tempat sampah

Selalu langsung buang tisu yang sudah dipakai ke tempat sampah terdekat. Usahakan langsung dibuang ya Sob, dan jangan dimasukkan ke dalam tas atau lo pegang-pegang lagi. Ini bertujuan agar segala virus atau bakteri dari batuk tadi gak menempel di barang-barang lo yang lain.

 

Jaga jarak

Tau diri ya Sob kalau lagi gak enak badan. Jangan sampai orang-orang di sekitar malah tertular sakit dari lo. Mungkin orang terdekat lo gak enak kalau mau menegur lo yang lagi batuk-batuk, makanya lo harus pandai membaca situasi, dan rajin-rajin minta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin orang sekitar lo rasakan saat lo batuk-batuk. Paham kan Sob parnonya ketika mendengar orang batuk dan bersin-bersin terus? Beri tau orang di sekitar lo untuk menjaga jarak agar meminimalisir tertularnya mereka dari lo yang lagi batuk.

 

Rajin cuci tangan pakai sabun

Nah, setelah semuanya sudah lo lakukan, hal yang gak kalah penting untuk dilakukan adalah mencuci tangan pakai sabun. Kenapa pakai sabun? Ya karena pakai air mengalir aja gak cukup untuk membunuh segala kuman, virus dan bakteri yang mungkin menjadi sarang penyakit. Makanya, sebisa mungkin cuci tangan dengan sabun sebelum makan atau memegang wajah dan indera lain seperti mulut, hidung dan mata. Kalau gak ada sabun, bisa juga menggunakan hand sanitizers supaya tetap steril meski gak mencuci tangan dengan sabun.

 

Selain harus menjaga tangan tetap bersih, tubuh lo juga harus selalu bersih dan bebas dari segala bakteri. Untuk itu, lo harus mandi pakai GATSBY REFRESHING BODY WASH ORIGINAL, yang diperkaya dengan Anti-Bacteria Agent + Deo Agent untuk melawan bakteri penyebab bau badan secara maksimal.