helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Tepat Menangani Kaki Terkilir Saat Olahraga

12.10.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Penanganan pada kaki terkilir saat olahraga memang nggak bisa sembarangan. Sebab, kalau salah penanganan, rasa sakitnya bisa saja semakin menjadi dan bahkan cederanya bertambah parah. Maka dari itu, cara tepat menangani kaki terkilir saat  olahraga wajib banget dipahami nih, Sob.

Dilansir laman Sehatq, seseorang dikatakan mengalami kaki terkilir atau keseleo ketika satu atau lebih ligamen di pergelangan kakinya tertarik atau robek. Kondisi ini tentu saja bakal menyebabkan rasa sakit dan bengkak di area cedera, sehingga pergelangan kaki sulit digerakkan maupun berjalan, Sob. Kulit pada bagian terkilir juga bisa berubah menjadi kemerahan atau mengalami memar dan terasa hangat ketika disentuh. 

Oleh karena itu, diperlukan pertolongan pertama untuk mengurangi rasa sakit maupun bengkaknya. Kondisi ligamen di pergelangan kaki yang terkilir juga harus diperhatikan biar nggak bertambah parah. Sebagai pertolongan pertama, lo bisa terapkan beberapa cara tepat menangani kaki terkilir saat  olahraga berikut ini, Sob!

 

Batasi Pergerakan Kaki yang Terkilir

Pasca kaki keseleo atau terkilir, sebaiknya jangan gerakkan kaki yang cedera, apalagi mencoba untuk berjalan. Sebisa mungkin, batasi pergerakan selama 24 sampai 48 jam setelah terjadinya cedera, Sob. 

Kalau memang harus banget berpindah posisi, sebaiknya mintalah bantuan orang lain untuk memapah orang yang cedera tersebut. Selain itu, korban juga bisa menggunakan alat bantu, seperti tongkat atau kruk buat bergerak, Sob.

 

Kompres dengan Suhu Dingin

Hindari mengompres area kaki yang terkilir dengan air hangat atau mengoleskan balsem otot selama 24 jam pertama. Sebab, dua hal ini justru bisa memicu pembengkakan otot kaki yang cedera, Sob.

Sebaliknya, gunakanlah kompres dingin dari es batu berlapis handuk atau kain. Lo juga bisa menggunakan kompres dingin instan yang bisa dibeli di toko-toko terdekat atau benda lain yang bersuhu dingin, seperti daging beku atau sayuran beku yang masih terbungkus, Sob.

Kompreslah area yang cedera kurang lebih selama 15-20 menit dan mengulanginya sebanyak tiga hingga lima kali sehari hingga nyeri dan bengkak berkurang. Tapi, jangan tempelkan es batu langsung ke kulit ya, Sob. Pasalnya, langkah ini malah berpotensi meningkatkan risiko kemunculan radang dingin atau frostbite.

 

Perban Bagian Kaki yang Terkilir

Bila memungkinkan, balutlah perban di area yang terkilir atau keseleo untuk membatasi pergerakannya. Caranya, yaitu mulailah dulu dengan membalut perban elastis di area kaki yang terkilir. Kemudian bungkus telapak kaki dan naik ke arah tumit hingga pergelangan kaki. 

Usahakan, agar setiap lapisan perban bisa menutup seenggaknya separuh dari perban sebelumnya. Pastikan juga bungkusan perban pada pergelangan kaki membungkus hingga beberapa cm di atas bagian kaki yang cedera. Selain itu, perhatikan juga supaya perban nggak terlalu kencang, agar aliran darah nggak terhambat dan memicu rasa nyeri, Sob.

 

Konsumsi Obat Pereda Rasa Sakit

Obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), seperti ibuprofen ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri akibat kaki terkilir atau keseleo lho, Sob. Akan tetapi, penggunaan jenis obat minum ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, apalagi kalau lo memiliki kondisi medis tertentu atau alergi.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, salah satu bentuk pertolongan pertama keseleo pasti langsung terpikirkan untuk urut atau memijat kaki yang cedera. Namun, ternyata hal ini nggak dibenarkan dalam dunia medis, Sob.

Kalau lo cedera dan mau tetap diurut, maka sebaiknya tunda sampai setelah 72 jam. Langkah ini bertujuan agar nggak terjadi pembengkakan yang lebih parah. Pastikan juga lo meminta bantuan fisioterapis profesional untuk memijat atau urut pada bagian yang cedera ya, Sob!

Biar kebersihan dan aroma badan tetap terjaga meskipun kaki sedang terkilir saat berolahraga, lo wajib banget gunakan GATSBY REFRESHING COLOGNE SPRAY yang bisa memberikan keharuman lebih lama serta membantu melawan bakteri penyebab bau badan, Sob. Ada tiga varian yang bisa bebas lo pilih berdasarkan selera dan karakter tubuh, yaitu Refreshing Cologne Spray Game, Relax, dan Sport.