helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Praktis Menjaga Kesehatan Mental

by
GATSBYCODE
03.11.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Selain menjaga kesehatan fisik, lo juga wajib menjaga kesehatan mental, Sob. Pasalnya, hal ini tentu sangat berpengaruh pada aktivitas harian, terutama untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari. Oleh karena itu, sejumlah cara praktis menjaga kesehatan mental ini pasti bakal membantu banget, deh!

 

Hindari Begadang

Sesuai namanya, cara praktis menjaga kesehatan mental yang pertama ini memang praktis abis, Sob. Tapi, kayaknya jaman sekarang hal ini sulit banget buat dilakukan, khususnya di kalangan usia muda. Padahal, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati, lho.

Maka dari itu, lo wajib banget tidur tepat waktu demi menjaga kesehatan mental lo, Sob. Cobalah untuk tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari. Lakukan dengan konsisten. Pasti bakal berpengaruh, deh!

 

Apresiasi Diri Sendiri dengan Kata-kata Positif

Penelitian menunjukkan bahwa cara lo berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan lo. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat lo lebih optimis, Sob!

 

Tuliskan Hal-Hal yang Patut Disyukuri

Rasa bersyukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap harinya. Secara umum merenungkan rasa terima kasih juga efektif, tetapi lo perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan tersebut dalam hatimu.

 

Olahraga

Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati lo sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan olahraga seenggaknya 30 menit setiap hari, dan coba melakukannya di luar ruangan. Paparan sinar matahari juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak.

 

Lakukan Latihan Pernapasan Sederhana

Pada saat-saat semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah, dan lakukan apapun kecuali hal yang membuat lo semakin stres, seenggaknya sampai lo merasa sedikit lebih baik. Terkadang hal terbaik untuk dilakukan adalah latihan pernapasan sederhana: Tutup mata dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam. Untuk masing-masing tarikan napas, hitung sampai empat saat menarik napas, tahan selama empat hitungan, dan buang napas untuk empat hitungan. Hal ini bekerja baik untuk membantu lo melawan stres.

Baca Juga : 4 Olahraga yang Bisa Bikin Paru-Paru Makin Sehat

 

Fokus pada Tujuan

Fokus kepada tujuan mampu melepaskan emosi negatif atau sulit dari pengalaman masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu lo untuk fokus. Ketika pikiran lo terbang melayang hingga menyebabkan lo overthinking, maka bawa saja kembali ke apa yang kini lo tengah lakukan, Sob!

Itulah sejumlah cara praktis menjaga kesehatan mental. Buat urusan menjaga kondisi rambut, GATSBY TEXTURIZING CLAY bisa banget lo andalkan nih, Sob. Caranya juga lumayan praktis, lo cuma harus keringkan dulu bagian tubuh dan rambut dengan handuk kecil, lalu sisir rambut dengan rapi. Selanjutnya, ambil sedikit GATSBY TEXTURIZING CLAY dan mulai atur model rambut sesuai keinginan.

Ada dua varian yang bisa disesuaikan dengan selera dan karakter rambut lo, yaitu Texturizing Clay Bold Layer dengan hasil akhir tampilan kilau natural dan bertekstur kuat, cocok untuk gaya rambut Casual-Messy. Serta, Texturizing Clay Mat Lift dengan hasil akhir tampilan matte dan bertekstur natural, cocok untuk gaya rambut bervolume, Sob!