helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Praktis Memilih Baju Batik Pria Stylish

20.01.2023
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Kemeja batik sebenarnya ini asyik banget digunakan buat sejumlah kegiatan lho, Sob. Sayangnya, masih banyak kalangan, khususnya anak muda, yang enggan menggunakan batik ini karena mungkin gak percaya diri atau terkesan terlalu formal.

Saat ini dunia fashion selalu mengalami tren yang baru. Begitu pula pada corak batik di masa kini nggak lagi terpaku pada pola klasik, tetapi lebih beragam karena karena mengalami modifikasi. Nah, biar makin bangga dan percaya diri, yuk, simak beberapa cara praktis memilih baju batik pria stylish berikut ini, Sob!

 

Pilih Motif Sederhana

Batik memang kaya akan motifnya. Akan tetapi, motif yang terlalu ramai bakal bikin kemeja menjadi mencolok dan kurang bisa memunculkan kesan elegan. Tapi, hindari pula memilih kemeja batik yang minim motif, karena malah akan menimbulkan kesan 'bukan batik'.

Pilih motif yang sederhana saja. Misalnya perpaduan antara batik dengan garis-garis ini bisa lo coba. Cocok untuk acara formal maupun non formal.

 

Pilih Warna yang Fresh

Selanjutnya, pilihlah warna yang agak terang biar lebih fresh. Gak harus mencolok ya, Sob! Sebaiknya pilih agak cerah tapi tetap adem dipandang. Pasalnya, pemilihan warna bisa dibilang menjadi penentu tampilan lo saat memakai batik.

Kalau salah memilih warna batik, bisa saja memunculkan image lebih tua dan kurang elegan saat tampil di depan orang banyak. Maka dari itu, sebaiknya pilih batik dengan warna yang agak terang biar bisa terlihat lebih fresh ya, Sob!

 

Cek Bahan Baju Batik Pria yang Digunakan

Kualitas bahan kain batik yang digunakan mempengaruhi kenyamanan lo saat memakainya. Bahan dari serat alami seperti katun dan sutra, tentu lebih nyaman dipakai. Katun terkenal adem dan mampu menyerap keringat dengan baik. Sedangkan batik sutra, selain nyaman dan ringan, juga memberi kesan mewah berkat permukaannya yang licin dan mengkilap.

Soal harga, bahan katun lebih terjangkau daripada bahan sutra. Lo bisa pertimbangkan untuk mengoleksi dalam beberapa motif dan warna, Sob!

 

Perhatikan Ukuran Baju Batik Pria

Ukuran saat mengenakan kemeja batik menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, kalau terlalu besar atau kekecilan bakal sangat terlihat jelas dan pastinya bisa bikin gak nyaman.

Jika batik yang lo kenakan gak pas dibadan, hal ini bisa mengganggu kepercayaan diri lo. Maka dari itu, sebaiknya pilih batik yang sesuai dengan ukuran tubuh saja ya, Sob!

 

Cek Kualitas Jahitan

Kualitas potongan kemeja batik dan jahitannya juga penting untuk diperhatikan. Kemeja batik dengan potongan bagus umumnya tampak simetris antara bagian kiri dan bagian kanan. Kalau pun bahannya nggak berupa motif batik penuh, lo tetap akan melihat kesinambungan yang elegan antara sisi kanan dan sisi kiri kemeja batik.

Sedangkan untuk kualitas jahitan, pastikan sambungan kemeja batik yang lo pilih terlihat kuat, rapi, dan nggak membuat kain mengerut.