helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Praktis Bermain Gitar Untuk Pemula

23.12.2021
YOUR PASSION

ARTICLE

Pengin banget bisa main gitar kayak musisi idola lo, Sob? Tenang, lo bisa banget mewujudkan impian lo tersebut asalkan paham sejumlah cara praktis bermain gitar untuk pemula. Selain itu, semangat belajar dan pantang menyerahlah yang bakal menetukan hasilnya.

Gitar memang menjadi instrumen musik yang sangat populer dan disukai banyak kalangan, baik tua maupun muda. Alat musik ini dapat menghasilkan berbagai musik populer yang tentunya sudah nggak asing di telinga.

Gitar tak hanya sebagai alat untuk menghibur saja, namun juga memberikan kesan keren bagi si pemainnya. Lihat saja musisi yang memegang gitar ketika berada di sebuah konser, mereka terlihat begitu keren dan memesona bukan? Tak hanya musisi saja, orang biasa ketika bisa memainkan gitar akan terlihat sangat keren.

Melihat hal itu, tak heran jika orang berlomba-lomba ingin tahu cara bermain gitar. Banyak pula yang ingin bermain gitar semahir Jimmy Hendrix agar kelihaiannya saat bermain gitar diakui banyak orang.

 

Pahami Kunci-kunci Dasar.

Sebelum lo belajar memetik gitar, terlebih dahulu lo perlu memahami sejumlah kunci dasar dalam bermain gitar, Sob. Umunya, gitar punya 6 senar, mulai dari senar yang ada bagian paling bawah sampai paling atas. Selain itu, ada dua jenis gitar yang sering dimainkan oleh banyak orang, yaitu gitar elektrik dan akustik. Walau keduanya punya nada yang hampir serupa, ada perbedaan dari kedua jenis gitar ini, pada bagian tuning salah satunya.

 

Cari Posisi Nyaman Memegang Gitar

Setelah mengenal kunci dasar, lo juga perlu ketahui cara memegang dan bermain gitar bermain gitar dengan posisi yang benar. Pertama, posisikan gitar yang membuat lo merasa nyaman memegangnya. Sebagai pemula, lo bisa memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut. Pastikan lo memilih posisi gitar yang nyaman. Sebab, kalau lo nggak nyaman dengan posisi duduk, maka bisa membuatmu nggak fokus saat belajar cara bermain gitar, Sob.

 

Pahami Cara Memetik Gitar yang Benar

Belajar memetik gitar perlu lo pelajari agar nada yang dimainkan bisa terdengar indah dan merdu. Pada tahap ini kau perlu menggunakan 5 jari lo, Sob. Letakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Lakukan secara perlahan sampai bisa memetiknya dengan baik.

Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika lo memainkan kunci A, maka lo hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

 

Latih Memori Otot Tangan

Ketika pertama mencoba bermain gitar, jari-jari pasti bakal terasa sangat sakit dan mengeras pada setiap ujung jari. Namun hal itu nggak masalah Sob, teruslah berlatih, lama-kelamaan lo pasti bakal terbiasa. Ketika bermain gitar, pastikan lo konsentrasi pada setiap petikan dan kuncinya. Hal ini dilakukan agar lo bisa dengan menghafalkan setiap kunci dan fokus pada nada yang dihasilkan, Sob.

 

Mulai dengan Mainkan Satu Lagu yang Relatif Mudah.

Supaya lo nggak bosan dalam berlatih, maka pilihlah satu lagu dengan kunci yang sangat mudah atau menggunakan kunci dasar. Kalau lo sudah menguasai satu lagu, maka untuk tahap selanjutnya akan dengan mudah memahami dalam bermain gitar.

Biar makin percaya diri saat belajar main gitar, lo bisa banget gunakan GATSBY ULTRA PRIME PERFUME BODY SPRAY dengan wangi eksklusif yang tahan lama. Ada tiga aroma varian yang bisa lo pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan selera lo, Sob. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!