helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Praktis agar Rambut Panjang Pria Tetap Sehat!

by
GATSBYCODE
23.12.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

 

Sebagian besar pria memang terbiasa dengan cara-cara yang praktis, termasuk dalam merawat rambut panjang. Yup, rambut panjang bagi pria di indonesia memang bukan hal yang asing saat ini. Tapi, masalah kesehatan rambut tentu jadi yang utama dan nggak bisa dirawat secara asal-asalan. So, kalau lo mau tahu bagaimana cara praktis agar rambut panjang pria tetap sehat, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Sob!

 

Keramas Secara Rutin

Perawatan rambut panjang pria yang pertama adalah dengan melakukan keramas secara rutin. Pilihlah jenis sampo yang sesuai dengan rambut Lo, apakah kering atau berminyak.

 

Setelah itu, keramasi rambut Lo secara perlahan dan merata. Sebaiknya, Lo menyisir rambut terlebih dahulu agar tidak terlalu kusut saat keramas nantinya.

 

Jika shampoo sudah menyebar secara merata, pastikan Lo membilasnya sampai bersih. Lo boleh menggunakan air hangat untuk membilas rambut, tapi jangan terlalu panas karena ini justru dapat mengurangi kadar minyak rambut dan berakibat rambut kering.

 

Setelah selesai keramas, aplikasikan kondisioner pada rambut secara merata, dan tunggu selama 2-3 menit sebelum Lo membilasnya. Conditioner berfungsi untuk menjaga agar rambut tetap terhidrasi.

 

Hindari Menggosok Handuk saat Mengeringkan Rambut

Setelah keramas, pastinya lo akan mengeringkan rambut lo kan? Umumnya, cara kita mengeringkan rambut adalah dengan handuk dan menggosoknya ke kepala kita. Ternyata hal ini tidak baik untuk dilakukan, Sobi. Karena rambut lo akan lebih mudah kusut dan mudah rontok karena tarikan yang terlalu banyak.

 

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah untuk meletakkan handuk di kepala dan remas-remas agar handuknya menyerap air. Selain itu, lo juga dapat menepuk-nepuknya.

 

Jangan Pakai Ikat Rambut Terlalu Kencang

Tips merawat rambut gondrong berikutnya adalah untuk tidak mengikat rambut lo terlalu kencang, Sobi. Jika lo mengikat rambut terlalu kencang, lo mungkin akan terkena kondisi yang disebut sebagai traction alopecia. Ini adalah sebuah kondisi yang menyebabkan rontoknya rambut karena kerusakan pada akar rambut.

 

Batasi Penggunaan Bahan Kimia

Cara merawat rambut panjang pria berikut ini merupakan tips yang cukup penting. Penggunaan bahan kimia pada rambut merupakan salah satu hal paling buruk untuk kesehatan rambut lo, Sob. Sebab, bahan-bahan kimia yang bersifat kasar tersebut seperti pewarna rambut akan membuat rambut kering, rusak, dan bercabang.

 

Hindari Catokan dan Hair Dryer

Sama seperti menggunakan bahan kimia kebanyakan, menggunakan catokan dan hair dryer terlalu sering juga akan membuat rambut lo kering, rusak, dan bercabang. Ini dikarenakan panas yang digunakan oleh catokan dan pengering rambut tidak sehat untuk rambut lo, Sob.

 

Jika lo betul-betul harus menggunakan hair dryer, gunakan pada setting low yang biasanya menggunakan angin lebih sejuk dibanding pengaturan high. Pastikan lo mengikuti cara merawat rambut gondrong ini jika lo ingin rambut lo tetap sehat dan lembut!

 

Rapikan Rambut Secara Berkala

Kendati rambut Lo gondrong, bukan berarti Lo membiarkannya terus-menerus memanjang. Lo sebaiknya tetap memotong ujung rambut Lo setiap 3 bulan sekali untuk merawat rambut panjang pria tetap sehat.

 

Selain membuat tampilan rambut tetap terlihat rapi, hal ini juga dapat memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, ujung rambut yang kering juga dapat dihilangkan.

 

Biar makin gampang merawat rambut panjang, lo bisa banget gunakan GATSBY REFRESHING BODY WASH ALL IN ONE buat membersihkan seluruh tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki, Sob. Dengan kandungan ekstrak aloe vera, lo bisa merasakan kesegaran dan kesehatan anti ribet!