helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

6 Cara Menyisir Rambut yang Benar Biar Gak Kusut dan Rontok

by
GATSBYCODE
18.03.2024
YOUR PASSION

ARTICLE

Deskripsi Gambar: Seorang pria sedang menyisir rambut di depan cermin. 

Gak melulu soal shampo sama conditioner, rambut kusut dan rontok mungkin lo alami karena lo masih salah soal cara nyisir rambut. Yup, tanpa lo sadari, cara nyisir rambut bisa bener-bener ngaruh ke kesehatan rambut lo. Tapi, masalahnya gimana sih cara menyisir rambut yang benar biar kusut sama rontok lo berkurang?

Cara Menyisir Rambut Pria yang Benar

Sepele tapi ngaruh banget buat kondisi rambut lo jadi lebih sehat, ini beberapa cara menyisir rambut pria yang baik dan benar:

1. Stop Nyisir di Rambut Basah 

Seorang pria sedang menyisir rambut yang basah. 

Please stop kebiasaan nyisir rambut kelar keramas. Kenapa gak boleh menyisir rambut saat masih basah?

Rambut yang ada dalam kondisi basah punya karakteristik lebih gampang patah dari pada rambut kering.[1] Ketika lo nyisir rambut basah ini, tarikan dari sisir ke rambut bisa nyebabin peregangan berlebihan di rambut yang bakal  buat rambut lo patah dan juga rusak. 

Kapan waktu yang tepat untuk menyisir rambut? Tunggu rambut hingga di titik hampir kering atau sekitar 80% - 90% hampir. 

2. Sesuaikan Sisir dengan Tipe Rambut

Seorang pria dengan sisir rambut berbahan kayu. 

Wajib lo ketahui, setiap jenis rambut punya kebutuhannya sendiri dan gak bisa lo sama ratain.

Rambut tekstur lurus, tipis, dan halus butuh sisir bergigi rapat buat ngerapiin dan mencegah kusut. Rambut gelombang butuh sisir bergigi agak berjarak untuk misahin rambut tapi tetap menjaga gelombangnya. Nah, kalo rambut keriting butuh sisir bergigi jarang untuk meminimalisir kerusakan dan menjaga bentuk keriting. 

Gak cuma soal pilihan bentuk sisirnya aja, perhatiin juga bahan sisirnya. Sisir plastik ini bisa nimbulin listrik statis yang bisa buat rambut lo jadi kasar dan ngembang. Better pilih sisir kayu atau karet. 

Selain itu perhatiin juga ujung gigi sisir, pilih ujung gigi sisir yang gak terlalu runcing biar gak ngelukain kulit kepala. 

3. Sisir Rambut dari Tengah ke Bawah

Sumber: Freepik

ALT Text: Sisir Rambut dari Tengah ke Bawah

Deskripsi Gambar: Seorang pria sedang menyisir rambut. 

Khusus buat lo yang punya rambut agak lebih panjang, please stop nyisir langsung dari akar rambut. Kebiasaan ini ngasih tekanan yang lebih ke akar rambut sehingga rambut lo gampang rontok, apalagi kalo kondisi rambut lo super kusut di bagian bawah. 

Arah menyisir rambut yang benar tuh dari tengah ke bawah. Kalo ujung rambut udah rapi, baru deh lo bisa sisir rambut dari pangkalnya. Dijamin rambut rontok lo bakal lebih berkurang!

4. Bagi Rambut Dalam Beberapa Bagian

Sumber: Freepik

ALT Text: Bagi Rambut Dalam Beberapa Bagian

Deskripsi Gambar: Seorang pria sedang membagi rambut menjadi dua bagian. 

Menyisir rambut panjang dan juga tebal secara langsung bisa jadi rumit dan justru bisa buat rambut makin kusut. 

Maka dari itu, buat lo yang punya rambut sedikit lebih panjang dan tebal, lo bisa bagi rambut lo ke dalam beberapa section sebelum disisir. Fungsinya biar seluruh helai rambut lo bisa tersisir secara maksimal dan gak ada lagi rambut kusut. 

5. Rutin Keramas

Sumber: Freepik

ALT Text: Rutin Keramas

Deskripsi Gambar: Seorang pria sedang keramas. 

Penting banget buat lo tau nih, salah satu alasan kenapa rambut jadi kusut adalah karena debu dan kotoran yang menempel di rambut. Debu sama kotoran ini bisa bikin batang rambut jadi lengket, dan ketika lo nyisir rambut, lo malah ngebuat rambut lo makin kusut dan akhirnya rontok.

Nah, karena itu, kalo lo udah ngerasa rambut lo kotor banget, lo bisa keramas dulu pake shampoo plus conditioner buat ngebersihin semua kotoran yang menempel di rambut sebelum nyisir. Setelahnya, yakin deh, proses nyisir bakal lebih effortless

6. Batasi Frekuensi Menyisir Rambut

Sumber: Freepik

ALT Text: Batasi Frekuensi Menyisir Rambut

Deskripsi Gambar: Seorang pria sedang menyisir rambut. 

Sisiran terlalu sering juga bisa bikin rambut lo jadi lebih rentan sama rontok. Jadi santai aja, gak perlu sering-sering nyisir rambut, cukup dua kali sehari udah cukup banget. 

Kalo misalnya rambut lo lagi berantakan banget, lo bisa coba menyisir rambut dengan tangan. Lebih lembut gitu rasanya dan juga gak bikin rambut lo jadi rusak.

Nah solusi lainnya, kalo lo gak mau rambut lo gampang berantakan dan lo bisa atur frekuensi menyisir rambut adalah pake GATSBY The Nature Styling Balm series.

GATSBY The Nature Styling Balm, ini punya ketahanan yang top abis, style rambut lo bisa tahan lama dan lo gak perlu ribet buat ngestyle ulang. Nah, ada tiga varian yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan:

  • The Nature Styling Balm Pomade: Cocok untuk lo yang punya rambut kaku dan kasar dan mau ngedapetin rambut jatuh effortless

  • The Nature Styling Balm Clay: Cocok untuk lo yang  punya rambut tipis dan pengen punya tampilan rambut bervolume. 

  • The Nature Styling Balm Cream: Cocok untuk lo yang punya rambut tebal dan pengen tampil dengan rambut halus yang mudah diatur. 

Ikuti cara menyisir rambut yang benar di atas buat jaga kesehatan rambut lo! Plus tambahin sentuhan GATSBY The Nature Styling Balm buat ngejaga gaya rambutmu tetap keren sepanjang hari!