helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Menjaga dan Menyimpan Helm Motor Tetap Bagus Selama PSBB

by
GATSBYCODE
24.09.2020
LIFE GUIDE

ARTICLE

Sumber foto: http://image.freepik.com/free-photo/portrait-afro-american-man-taking-off-helmet_171337-10264.jpg

Bagi pengendara motor, helm motor merupakan aksesoris wajib yang harus selalu dipakai setiap kali berkendara. Selain berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan apabila terjadi kecelakaan, tampilan helm motor yang keren juga menunjang penampilan para cowok-cowok pengendara motor.

Masa PSBB seperti sekarang ini menyebabkan banyak helm motor menganggur di rumah karena aktivitas work from home. Tetapi jangan salah, helm motor yang jarang digunakan bukan berarti bersih, Sob. Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali lo membersihkan helm motor lo? Kalau lo bahkan sudah nggak ingat kapan, ini jadi waktu yang tepat untuk mulai membersihkan helm motor lo.

Ikuti saja tips tentang cara membersihkan dan menyimpan helm motor yang benar agar menjamin helm motor lo tetap awet.

 

Cuci dulu, baru disimpan

Mencuci helm motor ini nggak hanya sekedar merendamnya di air sabun, Sob. Caranya harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti supaya tidak ada kotoran yang tertinggal di setiap komponen helm motor. Pertama, lo perlu melepas busa padding di dalam helm. Rendam busa tersebut dan cuci dengan tangan, jangan pakai sikat agar busa tetap awet.

Kemudian, saatnya untuk mencopot visor helm. Dengan begitu, lo bisa membersihkannya dengan lebih mudah. Setelahnya, lap busa padding, visor, dan helm motor menggunakan kain microfiber agar tidak muncul goresan halus. Pastikan helm busa, visor, dan helm motor sudah sepenuhnya kering sebelum lo simpan kembali.

 

Simpan di dalam sarung helm

Penting sekali untuk menyimpan helm motor di dalam sarung agar lapisan cat pada helm tetap terlindungi. Helm motor juga akan tetap bersih dalam jangka waktu yang lebih lama karena aman dari debu. Umumnya, lo akan mendapatkan sarung khusus setiap kali membeli helm motor.

Pastikan lo sudah mengikat sarung sampai rapat ketika akan menyimpan helm motor. Hal yang paling penting adalah untuk menyimpan helm motor di dalam sarung dalam kondisi kering agar tidak muncul bau apek dan jamur.

 

Jangan taruh di tempat terbuka

Setelah lo memasukkan helm motor ke dalam sarung, simpanlah helm motor di tempat tertutup seperti lemari. Beberapa pengendara motor seringkali menaruh helm motor di rak terbuka dalam garasi, padahal cara menyimpan helm motor ini kurang tepat.

Selain dapat membuat helm motor lebih cepat rusak karena terkena sinar matahari, helm motor yang disimpan di ruangan terbuka akan membuatnya sangat mudah dijadikan sarang serangga. Lo pasti nggak mau kan kalau helm motor kesayangan lo dihinggapi oleh tikus atau kecoa? Menyimpan helm motor di lemari tertutup akan melindunginya dari panas matahari serta udara lembab. Jadi, hindari juga untuk menyimpan helm motor di dalam bagasi motor, ya!

Baca Juga : 6 Tips Merawat Motor saat Musim Hujan

 

Pisahkan busa padding di wadah kedap udara

Tips yang satu ini ditujukan untuk lo yang jarang memakai helm motor. Begitu busa padding sudah dicuci bersih, sebaiknya lo simpan busa di dalam wadah yang kedap udara. Ini dikarenakan bagian busa padding merupakan bagian yang paling gampang kotor dan berbau. Selain itu, busa padding ini juga merupakan komponen yang penting bagi sebuah helm motor, ada baiknya dijaga dengan baik untuk memastikan helm motor kesayangan lo tetap awet.

Pastikan saja bahwa wadah kedap udara yang lo pilih ini bersih dan kering. Begitu lo akan memakai helm motor, busa padding bisa dengan mudah lo pasangkan kembali ke dalam shell helm motor.

 

Angin-anginkan helm secara rutin

Salah satu musuh utama dari helm motor adalah udara yang lembab. Walaupun lo sudah menyimpan helm motor di dalam sarung yang terikat rapat dan lemari tertutup, tetap saja helm motor lo harus dikeluarkan minimal sebulan sekali.

Angin-anginkan helm motor lo untuk memastikan helm tetap dalam kondisi kering. Selain itu, lo juga bisa memeriksa apakah helm motor lo dihinggapi serangga-serangga kecil atau tidak. Lo perlu memeriksa helm motor secara rutin karena helm motor bisa saja kotor meskipun jarang dipakai.

Tips berikutnya adalah untuk selalu menjaga kebersihan rambut dan kepala lo ketika akan mengenakan helm motor. Hindari memakai helm motor saat rambut lo dalam keadaan basah, Sob!