S W I P E

S C R O L L

Gimana Sih Cara Menjadi Content Creator yang Unik?

27.12.2019
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Pexels

 

Content creator saat ini sedang menjadi pekerjaan impian banyak anak muda. Membuat konten seru yang sedang hits dan menjadikannya pekerjaan untuk mendapatkan uang, tentu sebuah hal yang menyenangkan. Namun, di balik keseruan menjadi seorang content creator, lo harus memikirkan sebuah konten yang unik, menarik, dan bisa meningkatkan traffic. Gimana caranya?

Stay up-to-date

Salah satu kunci content creator yang unik dan menarik adalah lo harus menjadi orang yang up-to-date. Lo harus update tren yang sedang berkembang untuk mengetahui isu-isu terkini. Kalau konten lo saja sudah ketinggalan zaman, maka impian lo untuk jadi content creator yang unik akan kandas. Lo nggak akan bisa jadi creator yang unik kalau isu yang lo bahas di konten lo adalah isu yang sudah basi.

Jadi, lo harus rajin-rajin brainstorming ide untuk konten lo yang selanjutnya. Ikuti isu dan tren apa yang sedang berkembang. Kalau tren konten bahas harga outift sudah basi, jangan jadikan hal tersebut konten di media sosial lo. Cari apa yang sedang ramai dibicarakan orang dan jadikan itu sebuah konten yang menarik traffic.

Buat konten tentang audience-mu

Content creator yang populer di masyarakat adalah mereka yang tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan target audience-nya. Try to put yourself in their shoes. Kalau audience lo adalah pekerja kantoran, maka lo bisa bikin konten yang sangat relate dengan kehidupan mereka. Contohnya seperti suka duka berangkat kerja naik KRL, cara menghadapi bos galak, jatuh cinta sama teman kantor, dan sebagainya.

Kalau lo nggak tahu apa yang dibutuhkan oleh audience dan hanya mementingkan diri lo sendiri, maka akan sulit mendapatkan popularitas yang lo idamkan. Contohnya, lo suka konten soal pertanian. Tapi, target audience dan viewer Youtube saat ini banyak anak muda yang lagi senang-senangnya nonton konten kisah cinta anak remaja. Apakah konten lo bakal menarik dan mendapatkan views tinggi?

Jangan hanya buat konten satu tema

Content creator yang unik adalah dia yang punya banyak pilihan tema konten. Kalau lo cuma provide satu tema konten, misalnya kisah cinta anak remaja, maka orang bakal bosan dan beralih ke konten lain yang memiliki banyak tema berbeda. Oleh sebab itu, kalau lo ingin menjadi seorang creator yang unik, harus punya banyak ide untuk membuat konten yang bervariasi. Kuncinya, kembali lagi di awal, banyak brainstorming dan kenali apa yang audience inginkan.

Pake tools keren untuk proses editing

Selain konsep ide kreatif, lo juga harus kemas konten tersebut dengan tools yang menarik. Kalau lo baru akan mulai menjadi seorang creator, tools seperti Animoto dan Typorama akan sangat membantu. Animoto adalah aplikasi pembuat video yang bisa digunakan oleh seorang videographer dan creator. Video dari Animoto bisa langsung lo unggah ke YouTube. Sedangkan, Typorama adalah aplikasi iPhone yang digunakan untuk membuat grafik video langsung dari smartphone. Grafik ini berupa foto sampul Facebook, template Instagram, dan lainnya.

Rutin upload konten

Seorang kreator konten yang memiliki banyak subscriber adalah ia yang rajin upload konten di YouTube. Selebgram yang punya banyak follower di Instagram jugalah ia yang rajin update kegiatan dan aktivitas harian. Jadi, kalau lo mau punya banyak subscriber atau follower, kuncinya adalah rajin update konten. Sebagai permulaan, lo bisa upload video Youtube setiap satu minggu sekali. Perlahan-lahan, tingkatkan intensitas upload lo jadi tiga kali seminggu, dan setiap hari.

Contoh content creator yang cukup sukses di Indonesia adalah Atta Halilintar. Berkat kerja keras dan ketekunannya dalam update video di YouTube, ia kini punya 20 juta subscriber dan berhasil masuk ke YouTube Rewind. Kunci kesuksesan Atta Halilintar ini adalah konten yang variatif, editing yang menarik, dan intensitas update video yang bisa beberapa kali dalam seminggu.

 

Sob, jadi content creator itu nggak semudah yang terlihat. Lo harus perhatikan tren apa yang sedang naik dan konten seperti apa yang diinginkan oleh audience. Lo harus tampil keren juga supaya viewers lo nggak bosan. Pakai Gatsby tiap kali lo mau take video supaya penampilan lo ganteng maksimal!