helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Menghilangkan Canggung Saat Kumpul Keluarga di Hari Lebaran!

by
GATSBYCODE
22.04.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Pernah ngerasain canggung saat kumpul keluarga nggak, Sob? Tenang, yang ngerasain hal ini bukan lo doang, kok. Meskipun begitu, perasaan ini tentu harus dilawan, ya. Makanya, tips anti canggung saat kumpul keluarga di hari lebaran ini wajib banget disimak sampai habis, ya!

 

Mulai dengan Makan Bersama

Makanan selalu bisa mempererat hubungan yang awalnya jauh jadi terasa dekat. Lo bisa mencoba dengan memesan satu makanan porsi besar atau memasak bersama. Kemudian, duduk bersama keluarga besar satu meja sembari menyantap hidangan.

Walau terlihat sederhana, kegiatan ini bernilai penting karena bisa memancing anggota keluarga untuk saling berbicara. Suasana yang awalnya kaku pun mulai terasa nyaman. Nah, setelah cara ini baru lo bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

 

Mulai dengan Obrolan Ringan

Setelah makan dan kenyang, ini waktu yang tepat untuk saling bertukar kabar dan mengobrol bersama. Tak perlu muluk-muluk, lo bisa awali dengan topik sederhana, seperti menanyakan kabar, mengobrol soal seni dan hiburan, atau tempat favorit seperti café dan mall.

Ingat, jangan melempar pertanyaan pribadi yang bisa melukai hati saudaramu. Basa-basi yang berkualitas nggak perlu menyinggung tentang pekerjaan, jabatan, berat badan, dan penampilan. Alih-alih mencairkan suasana, topik sensitif seperti itu yang bisa membuat suasana semakin canggung.

 

Jauhkan Gadget

 

Kumpul keluarga adalah momen yang langka. Jadi, jangan disia-siakan untuk bermain gadget sepanjang waktu, ya! Selagi anggota keluargamu ada di hadapanmu, kenapa nggak manfaatkan waktu itu untuk menciptakan kenangan bersama? Nikmatilah momen kebersamaan itu sebaik mungkin. Awalnya mungkin terasa sedikit aneh tanpa gadget. Tapi, lama-kelamaan lo akan terbiasa dan merasa nyaman dengan orang-orang di sekitar lo, Sob!

 

Sediakan Waktu Bermain atau Menghabiskan Waktu Bersama

 

Kalau topik obrolan sudah habis dan suasana mulai terasa bosan, lo bisa coba memilih aktivitas icebreaking, seperti membuat sesuatu, menonton film keluarga, atau bermain bersama. Ini juga bisa membentuk tradisi baru yang membuat acara kumpul keluarga semakin seru.

 

Sebelum reuni, lo bisa menyiapkan kegiatan ini terlebih dulu. Misal, lo sudah mempersiapkan beberapa DVD untuk ditonton bersama, atau menyiapkan permainan (seperti jenga, kartu, dan lain-lain) untuk dimainkan saat free time, atau lo juga bisa menyiapkan bahan baking kue untuk buat bersama-sama. Apapun itu, pilih aktivitas yang bisa membuat seluruh anggota keluarga terlibat tanpa ada yang tersisihkan.

 

Sharing Pengalaman atau Nostalgia

 

Salah satu cara yang gak kalah ampuh untuk mengakrabkan anggota keluarga ialah saling berbagi cerita masa lalu atau nostalgia. Cara ini bisa dilakukan sambil membuka foto keluarga lama dan menceritakan kejadian-kejadian lucu di masa itu.

 

Kenangan lama mengingatkan kita betapa cepat waktu berlalu sekaligus menyadarkan betapa penting waktu. Karena itu, di tengah kesibukan apapun, lo tetap harus meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

 

Setelah acara berakhir, lo akan menyadari betapa penting meluangkan waktu bersama keluarga untuk menciptakan memori baru dan semakin mengakrabkan diri. Jadi, mulai sekarang gak perlu takut untuk berkumpul bersama keluarga besar, ya!

 

Biar lebih percaya diri saat kumpul keluarga di hari raya, lo wajib banget pakai GATSBY Refresh Face Spray Icy Lemon yang bisa memberikan kesegaran & membersihkan wajah lo dari minyak dan bakteri. Pasti bakal bikin lo lebih fresh saat kumpul keluarga di hari raya Idul Fitri, Sob!