helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen Biar Lo Lebih Pede!

03.06.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Mau menggerakkan tangan tapi malu karena ketiak bau? Berbagai cara menghilangkan bau ketiak permanen sudah lo coba, namun masih saja ketiak lo basah dan gampang bau. Kenapa bisa begitu, ya? Sob, masalah ketiak bau ini bisa jadi masalah sejuta umat. Pasti ada cara menghilangkan bau ketiak permanen yang belum lo coba dan ternyata ampuh buat lo. Untuk membantu lo kembali pede dan bebas dari masalah ketiak bau, berikut ini artikel untuk lo.


Penyebab Bau Ketiak

Sob, lo pasti sudah nggak sabar untuk tahu cara menghilangkan bau ketiak permanen yang bisa bikin ketiak lo kering dan bebas bau seharian, ya? Tunggu dulu, Sob. Bagaimana bisa lo menerapkan cara menghilangkan bau ketiak permanen tanpa tahu akar masalahnya? Setiap orang punya faktor penyebab ketiak bau yang berbeda-beda. Karena itu, solusinya juga bisa berbeda-beda pula.

Pertama, sebelum kita bahas soal cara menghilangkan bau ketiak permanen, lo harus ubah cara pandang lo dulu. Ketiak yang berkeringat itu alami, lho. Semua orang pasti pernah berkeringat di area ketiak, apalagi di musim panas yang terik. Jadi, sebenarnya lo nggak perlu minder dengan ketiak basah. Kedua, walau ketiak basah itu alami, ketiak yang bau bukanlah sesuatu yang harus lo abaikan.

Jangan sampai ketiak bau malah merusak rasa percaya diri lo dan membuat lo malas beraktivitas di luar rumah. Ayo kita simak apa saja penyebab dari bau ketiak berikut ini supaya lo lebih siap untuk melakukan cara menghilangkan bau ketiak permanen.

1. Bakteri

“Gue sudah mandi bersih, tapi kok ketiak basah dan bau lagi?” Apakah lo pernah berpikiran seperti ini? Nggak peduli berapa banyak cara menghilangkan bau ketiak permanen yang lo sudah terapkan, ketiak lo akan tetap basah dan bau kalau lo belum membasmi bakteri yang ada di ketiak.

Bakteri ini persis seperti teman yang selalu numpang tidur di rumah lo dan makan makanan yang ada di dapur lo. Nyebelin banget, kan? Bakteri senang banget tinggal di tempat yang lembap, seperti ketiak yang sering berkeringat. Sedikit pembahasan biologi, nih. Pada dasarnya, keringat yang ada di ketiak itu kaya akan protein, bahkan lebih tinggi dibanding keringat di area tubuh lainnya.

Sementara protein itu makanan favorit bakteri. Bakteri akan memakan protein dan mengubahnya menjadi kandungan asam. Ini dia kenapa keringat lo bau asam dan cara menghilangkan bau ketiak permanen yang lo coba selama ini masih belum ampuh. Jadi, ketiak bau itu karena hasil akhir bakteri memakan protein dalam keringat, Sob.

2. Kelenjar Keringat

Kita sudah bahas soal bakteri penyebab ketiak bau, sekarang lo juga harus sedikit lebih paham soal kelenjar keringat dalam kulit. Kalau lo masih ingat dengan pelajaran biologi di sekolah, lo pasti tahu kalau di kulit kita ada banyak banget kelenjar keringat yang aktif.

Banyak orang yang menganggap cara menghilangkan bau ketiak permanen itu adalah dengan membuat ketiak tidak lagi berkeringat. Nggak salah sih, tetapi nggak efektif juga. Begini, fungsi dari kelenjar keringat itu adalah mencegah tubuh kita overheat atau kepanasan.

Jadi, kalau lo mencoba cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan menutup kelenjar keringat, yang ada malah tubuh lo jadi lebih cepat merasa panas. Tentu ini kurang menyehatkan, ya. Faktanya, tubuh kita punya dua jenis kelenjar keringat: ekrin dan apokrin. Kelenjar keringat ekrin ada di sekujur tubuh kita dan nggak berbau karena kandungan garam yang tinggi.

Sementara apokrin adalah tersangka utama dari ketiak yang basah dan bau. Kelenjar keringat apokrin itu letaknya di folikel rambut beberapa area tertentu, termasuk ketiak. Karena keringat yang dihasilkan mengandung banyak protein, akhirnya bakteri pun senang bermukim di dalam apokrin ini. Itu dia sebabnya kenapa keringat di ketiak itu lebih bau daripada keringat yang ada di kepala maupun tangan lo.

3. Suhu Yang Terlalu Panas

Kita bisa simpulkan kalau keringat yang ada di ketiak itu sejatinya nggak bau, tetapi mengundang bakteri yang bikin ketiak jadi bau. Kalau kita teliti lagi, berarti suhu yang panas juga bisa dijadikan penyebab ketiak bau. Rasanya nggak ada cara menghilangkan bau ketiak permanen yang bisa menghilangkan suhu yang panas, mengingat Indonesia merupakan negara tropis.

Namun, lo jangan dulu dibuat pusing dengan suhu panas yang bikin ketiak lo basah dan bau. Lo bisa mengakalinya dengan mengurangi durasi aktivitas di bawah terik matahari. Coba juga hindari keluar rumah di jam-jam panas, seperti di jam 11-1 siang saat matahari berada tepat di atas kepala. Nggak ada salahnya, nih, untuk ngadem dulu saat lo merasa tubuh kepanasan sebelum melanjutkan perjalanan, Sob.

4. Stres Berlebihan

Siapa di sini yang sering keringatan saat lagi banyak pikiran? Mungkin lo lagi pusing dengan deadline kerjaan yang semakin dekat atau memikirkan masalah-masalah lain dalam hidup. Stres itu akan selalu ada, tetapi kalau semakin menumpuk, bisa berdampak pada kondisi ketiak yang bau. Nggak jarang juga stres menyebabkan isu kesehatan yang lebih serius.

Kalau begitu, apakah cara menghilangkan bau ketiak permanen sama dengan cara menghilangkan rasa stres? Kurang lebih begitu, Sob. Ketika lo lagi stres, marah, gelisah, atau merasa meledak-ledak, produksi hormon kortisol akan meningkat drastis. Hormon kortisol akan merangsang kelenjar keringat di ketika lo untuk memproduksi lebih banyak keringat.

Akhirnya, keringat pun jadi semakin lembap dan mengundang bakteri penyebab keringat bau, nih. Solusinya, cari metode yang bisa menenangkan diri lo saat lo lagi stres, entah itu lewat hobi maupun meditasi. Dengan cara menghilangkan bau ketiak permanen ini, lo bisa mencoret satu faktor penyebab ketiak bau dari daftar lo.

5. Aktivitas Berat

Masih berhubungan dengan pemicu keringat berlebih di area ketiak, lo mungkin saja punya profesi atau hobi yang menuntut tubuh untuk banyak bergerak. Jika ya, ini juga bisa dianggap sebagai salah satu penyebab kenapa cara menghilangkan bau ketiak permanen yang lo coba selama ini masih nggak ampuh. Aktivitas berat pasti akan membuat kelenjar apokrin untuk menghasilkan keringat yang berlebihan.

Bukan berarti lo nggak boleh beraktivitas berat, ya. Boleh-boleh saja, asalkan lo melakukannya dengan benar. Begitu lo merasa keringat lo sudah basah, lo bisa mengambil lap atau tisu untuk mengeringkan ketiak lo. Dengan begitu, ketiak tetap kering dan bakteri pun susah datang. Cara menghilangkan bau ketiak permanen lainnya yang bisa lo coba adalah mengimbangi aktivitas berat lo dengan waktu istirahat yang cukup.

6. Mandi yang teburu buru

Suka bangun di jam 7 padahal harus kerja di jam 8? Coba ngaku, deh. Berapa lama biasanya lo mandi di pagi dan sore hari? Kalau jawaban lo di bawah 5 menit, itu artinya sesi mandi lo terlalu cepat, alias nggak benar-benar bersih. Ngerti, sih, mungkin lo lagi terburu-buru. Tetapi, kebiasaan seperti inilah yang menyebabkan ketiak lo cepat bau.

Idealnya, durasi mandi itu sekitar 5 menit untuk sabunan saja, belum termasuk keramas, cuci muka, dan sikat gigi. Di bawah itu, bisa dipastikan bakteri dan kotoran yang menempel di kulit pun nggak tuntas dibersihkan. Akibatnya, akan terjadi penumpukan bakteri dan keringat di ketiak lo. Begitu lo selesai mandi, bisa saja ketiak lo masih bau.

Jadi, cara menghilangkan bau ketiak permanen yang penting banget untuk lo lakukan adalah mandi rutin, minimal 2 kali sehari, selama 5-10 menit. Begitu seluruh tubuh lo sudah penuh sabun, gosok lembut kulit lo dengan tangan atau loofah supaya kulit benar-benar bersih, Sob.

7. Mengidap Hiperdrosis

Lo sudah melakukan cara-cara menghilangkan bau ketiak permanen di atas tetapi masih belum berhasil? Ada kemungkinan lo mengidap hiperhidrosis. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengeluarkan keringat berlebih walaupun suhu lagi dingin atau tidak sedang melakukan aktivitas berat.

Nah, hiperhidrosis ini biasanya merupakan penyakit genetik atau turun temurun, sementara ada beberapa kasus di mana hiperhidrosis menjadi gejala penyakit diabetes, obesitas, dan kondisi medis lainnya. Hanya dokter yang bisa mendiagnosa apakah lo mengidap hiperhidrosis atau tidak. Jika lo sering berkeringat tanpa penyebab yang jelas, sebaiknya lo konsultasikan ke dokter.

Bagi penderita hiperhidrosis, cara menghilangkan bau ketiak permanen yang diberikan oleh dokter antara lain obat antiperspirant dan iontophoresis yang akan menyumbat kelenjar keringat. Selain itu, cara menghilangkan bau ketiak permanen bagi pengidap hiperhidrosis juga termasuk suntikan botox, terapi microwave, dan operasi.

Cara Mencegah Bau Ketiak Permanen

Sekarang, lo sudah paham soal cara-cara menghilangkan bau ketiak permanen berdasarkan penyebabnya. Adakah cara menghilangkan bau ketiak permanen sekaligus mencegahnya datang kembali? Tentu saja, Sob. Selama lo melakukan cara-cara menghilangkan bau ketiak permanen di bawah ini, bisa dipastikan keringat lo nggak akan basah dan bau lagi. Syaratnya, lo harus melakukan cara menghilangkan bau ketiak permanen setiap hari tanpa jeda.

Nggak perlu khawatir, cara menghilangkan bau ketiak permanen yang sudah kita rangkum di bawah ini nggak membutuhkan peralatan atau perlengkapan yang mahal, kok. Lo bisa melakukannya setiap hari tanpa merasa terbebani. Yuk, tanpa basa-basi lagi, kita langsung bahas soal cara mencegah dan cara menghilangkan bau ketiak permanen.

1. Mandi dengan Sabun Anti Bakteri

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bakteri menjadi penyebab utama kenapa ketiak lo bau. Jadi, sudah pasti cara menghilangkan bau ketiak permanen yang pertama adalah dengan menggunakan sabun antibakteri, Sob. Sekarang ini, banyak sabun antibakteri yang bisa lo dapatkan di supermarket atau warung terdekat. Salah satunya adalah Gatsby Drytech Body Shower Gel Original.

Sabun mandi cair ini mampu membersihkan dan melindungi kulit lebih lama dari bakteri penyebab ketiak bau. Lengkap dengan Ethylhexylglycerin sebagai Deo Agent untuk membersihkan bau ketiak serta Salicylic Acid sebagai Anti Bacterial Agent agar tidak ada lagi bakteri penyebab ketiak bau.

Sob, pastikan lo mandi dengan sabun antibakteri setiap hari sebagai cara menghilangkan bau ketiak permanen, ya. Terutama begitu lo selesai beraktivitas berat seperti bekerja atau berolahraga. Cara menghilangkan bau ketiak permanen selanjutnya juga bisa dengan mandi air hangat. Ini karena suhu air yang hangat akan lebih efektif membunuh kuman dan bakteri di kulit.

2. Kurangi Konsumsi Makanan Yang Pedas dan Berbau

Lo suka makan makanan yang pedas dan gurih? Makanan seperti seblak, durian, kari, dan lain sebagainya bisa menyebabkan bau keringat lo semakin parah. Sebelum lo teriak “nggak mungkin,” ada penjelasan ilmiahnya, lho. Bumbu masakan seperti cabai dan bawang mengandung zat yang bikin keringat lo jadi lebih bau. Itu sebabnya lo mungkin sering mencium atau mendengar istilah keringat bawang.

Lo pasti nggak mau disebut sebagai anak bawang karena ketiak lo yang bau, kan? Nah, cara menghilangkan bau ketiak permanen yang perlu lo lakukan adalah mengadopsi pola makan yang lebih sehat. Boleh saja untuk sesekali makan makanan yang pedas atau makanan kesukaan lo lainnya. Cara menghilangkan bau ketiak permanen yang juga nggak boleh terlewatkan adalah mencukupi kebutuhan air mineral dalam tubuh dan imbangi dengan konsumsi sayur serta buah.

3. Kenakan Pakaian Yang Adem

Apa hubungannya cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan jenis pakaian yang lo kenakan. Eits, jangan protes dulu, Sob. Kalau lo mengenakan pakaian dengan bahan yang panas, seperti nilon, polyester, dan denim setiap hari, jangan heran kalau ketiak lo jadi basah dan gampang bau. Ini dikarenakan bahan-bahan tersebut nggak bisa menyerap keringat dengan baik.

Karenanya, salah satu cara menghilangkan bau ketiak permanen yang wajib lo ingat, terutama saat cuaca panas, yaitu dengan mengenakan pakaian yang berbahan adem. Lo bisa pilih pakaian dari bahan katun, linen, dan jersey yang selain bisa menyerap keringat dengan baik, juga punya efek mendinginkan kulit.

Selain cara menghilangkan bau ketiak permanen yang sudah disebutkan tadi, ingat juga untuk nggak memakai pakaian yang terlalu ketat. Saat lo memakai kaos atau kemeja yang bagian lengannya terlalu ketat di bagian ketiak, kulit ketiak lo jadi sulit bernapas dan lebih cepat berkeringat, Sob.

Kalau lo berniat untuk melakukan aktivitas berat atau kegiatan di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya lo bawa cadangan baju sebagai cara menghilangkan bau ketiak permanen, ya!

4. Cukur Bulu Ketiak

Ingat nggak kalau kelenjar keringat apokrin itu letaknya di folikel rambut? Dari informasi ini, berarti cara menghilangkan bau ketiak permanen yang bisa dilakukan adalah dengan mencukur bulu ketiak. Kok serem? Ketiak yang penuh dengan bulu-bulu rambut akan semakin membuat kulit lebih lembap dan menjadi tempat tinggal yang ekstra nyaman untuk bakteri. Bukan nggak mungkin bakteri akan berkembang biak di ketiak lo.

Cara menghilangkan bau ketiak permanen yang satu ini mungkin terkesan ekstrem bagi sebagian besar pria. Namun, ini lumrah banget, kok. Toh, bulu ketiak lo akan tumbuh dengan cepat, jadi lo nggak perlu merasa kehilangan. Untuk melakukan cara menghilangkan bau ketiak permanen ini, lo bisa menggunakan cukuran baru yang beda dengan cukuran untuk area wajah lo.

Sebaiknya gunakan shaving gel ketimbang shaving cream untuk mencukur bulu ketiak. Lo nggak perlu waktu lama untuk mencukur bulu ketiak, hasilnya pun bisa dibilang instan. Ketiak lo jadi lebih mulus, nggak gampang keringetan, dan bebas bau. Kalau lo masih menolak cara menghilangkan bau ketiak permanen yang satu ini, lo juga bisa trimming atau memotong pendek bulu ketiak lo dengan gunting kecil.

5. Pakai Deodorant Yang Tepat

Mandi dengan sabun antibakteri, check. Apa lagi cara menghilangkan bau ketiak permanen yang wajib lo lakukan setiap hari sebelum beraktivitas? Deodoran adalah must have item di semua lemari pria. Cara menghilangkan bau ketiak permanen belum lengkap kalau lo nggak pakai deodoran setiap kali habis mandi.

Menggunakan deodoran saja sebenarnya belum cukup, masih ada cara menghilangkan bau ketiak permanen lainnya yang perlu lo lakukan. Lo harus memilih deodoran yang paling tepat untuk masalah ketiak bau yang lo miliki. Nah, salah satu pilihan yang pas sebagai cara menghilangkan bau ketiak permanen adalah Gatsby Urban Ice Deo.

Buat lo yang sering buru-buru, lo bisa pilih Gatsby Urban Ice Deo Spray sebagai cara menghilangkan bau ketiak permanen sehari-hari. Beda lagi kalau lo punya kulit sensitif, cara menghilangkan bau ketiak permanen yang paling ampuh adalah dengan menggunakan Gatsby Urban Ice Deo Stone.

Kedua varian Gatsby Urban Ice Deo ini menjadi cara menghilangkan bau ketiak permanen yang paling praktis, memberikan efek ketiak bebas bau yang lebih tahan lama serta memberikan sensasi dingin pada ketiak yang begitu menyegarkan. Deodoran dari Gatsby ini juga bebas lengket, jadi ketiak lo akan terasa kering, bebas bau, dan nyaman saat lo beraktivitas seharian.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen Secara Alami

Selain cara menghilangkan bau ketiak permanen yang sudah dijabarkan di atas, ada juga cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bagi lo dengan kulit yang gampang teriritasi, lo mungkin bisa mencoba cara menghilangkan bau ketiak permanen secara alami terlebih dahulu.

Manakah yang lebih unggul, cara menghilangkan bau ketiak permanen secara alami atau dengan menggunakan deodoran? Keduanya sama bagusnya, kok. Bedanya, cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan bahan-bahan alami itu nggak praktis seperti cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan deodoran. Daripada lo dibuat semakin penasaran, berikut ini cara-cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan.

1. Daun Sirih

Cara menghilangkan bau ketiak permanen yang pertama adalah dengan menggunakan daun sirih yang kaya akan vitamin C dan niacin. Bagaimana cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan daun sirih? Mudah saja, ambil beberapa helai daun sirih. Kemudian, rebus daun sirih dengan 2 gelas air. Setelahnya, campurkan larutan daun sirih tersebut ke bak mandi.

Gunakan air tersebut untuk membasuh ketiak dan membersihkan badan lo setiap hari. Cara menghilangkan bau ketiak permanen ini sangat terkenal, bahkan sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang. Untuk menerapkan cara menghilangkan bau ketiak permanen yang satu ini, pastikan lo sudah mencuci daun sirih yang akan direbus, ya. Lakukan cara menghilangkan bau ketiak permanen ini secara rutin.

2. Jeruk Nipis

Selain daun sirih, jeruk nipis juga bisa jadi cara menghilangkan bau ketiak permanen untuk lo lakukan di rumah. Sama seperti daun sirih, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C yang cukup baik dalam melawan bakteri penyebab bau ketiak. Cara menghilangkan bau ketiak permanen ini dimulai dengan membelah jeruk nipis jadi dua.

Lalu, oleskan jeruk nipis ke ketiak lo seakan-akan lo sedang menggunakan deodoran. Mudah sekali, ya, cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan jeruk nipis! Nah, penting untuk lo sadari kalau ketiak yang dibasuh dengan jeruk nipis akan menjadi basah. Supaya cara menghilangkan bau ketiak permanen ini bisa lebih efektif, tunggu beberapa menit sampai ketiak kering sebelum memakai baju.

3. Baking Soda

Baking soda sudah lama dijadikan cara menghilangkan bau ketiak permanen. Kemampuannya yang dapat menyerap keringat serta membunuh bakteri yang bikin ketiak lo bau menjadikannya pilihan cara menghilangkan bau ketiak permanen yang ramah di kantong. Bagaimana caranya? Ternyata cara menghilangkan bau ketiak permanen dengan baking soda juga harus dibarengi dengan perasan jeruk nipis.

Pertama, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air jeruk nipis. Aduk hingga membentuk pasta. Kedua, oleskan pasta tersebut ke ketiak lo. Cara menghilangkan bau ketiak permanen ini perlu dibiarkan mengering selama 10 menit, lalu bilas bersih dengan air hangat. Supaya cara menghilangkan bau ketiak permanen ini efektif, lo perlu melakukannya setiap hari.

4. Cuka Apel

Satu lagi bahan dapur yang bisa dijadikan cara menghilangkan bau ketiak permanen, yaitu cuka apel. Kandungan asam asetat dan asam tartar yang ada di cuka apel ini cukup ampuh membunuh bakteri serta menghambat pertumbuhan bakteri di kulit. Sehingga, cuka apel pun digadang-gadang menjadi cara menghilangkan bau ketiak permanen yang layak dicoba.

Untuk mencoba cara menghilangkan bau ketiak permanen yang satu ini, lo perlu mencampur 1 gelas cuka apel dengan ½ gelas air. Aduk hingga merata. Lo bisa menaruhnya di botol spray dan semprotkan ke ketiak, atau menggunakan kapas untuk membasuhnya ke ketiak. Diamkan selama 15 menit atau lebih. Cara menghilangkan bau ketiak permanen ini bisa lo lakukan setiap hari setiap sebelum mandi atau sebelum tidur.

Itu dia cara-cara menghilangkan bau ketiak permanen yang bisa lo coba di rumah. Kalau lo memang mau cara menghilangkan bau ketiak permanen yang lebih praktis dan sama ampuhnya, lo bisa pilih produk Deodoran Dari Gatsby. Semoga informasi ini bisa membantu lo, Sob!