helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen Walau Seharian Beraktivitas

28.04.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Susah banget mencari cara menghilangkan bau badan permanen yang ampuh! Bau badan memang merupakan hal yang umum, apalagi saat sudah melewati pubertas. Biasanya bau badan muncul saat tubuh berkeringat, ketika cuaca lagi panas, saat lo lagi semangat, atau saat lo lagi berolahraga. Karenanya, kita selalu mencari cara menghilangkan bau badan permanen yang efektif.

Lo pasti pernah kan mood seketika rusak karena orang yang lo ajak interaksi memiliki bau badan? Cara menghilangkan bau badan permanen memang nggak semudah mandi dengan sabun. Seringkali, sabun mandi biasa masih belum juga mampu membuat bau badan pergi jauh. Nah, kalau lo udah sering banget mencoba cara menghilangkan bau badan permanen tetapi masih belum juga berhasil, artikel ini mungkin bisa membantu.

Kali ini kita akan membahas soal cara menghilangkan bau badan permanen bagi pria. Tapi sebelum lo buru-buru cari cara menghilangkan bau badan, lo harus tahu dulu kira-kira apa penyebab dari bau badan.


Penyebab bau badan

Berkeringat itu alami. Namun, yang nggak normal adalah ketika bau badan lo nggak kunjung hilang, bahkan langsung muncul sehabis mandi walaupun lo lagi nggak beraktivitas. Pasti lo jadi risih dan kurang percaya diri. Cara menghilangkan bau badan permanen baru bisa lo terapkan begitu lo tahu penyebab dari bau badan yang lo alami. Berikut ini penjelasannya.

1. Obesitas

Kalau lo didiagnosa obesitas oleh dokter, maka bisa jadi ini penyebab kenapa bau badan lo sangat kuat dan nggak hilang-hilang. Orang yang obesitas cenderung lebih sering mengalami bau badan karena banyaknya lipatan kulit. Keringat yang keluar dari pori-pori pun terperangkap oleh lipatan kulit, menyebabkan pertumbuhan bakteri yang lebih cepat.

Tapi yang penting diingat juga, badan gemuk nggak selalu berarti obesitas. Obesitas itu kondisi di mana indek massa tubuh (IMT) lo sudah melebihi angka 30. Lo bisa menghitung IMT dengan membandingkan berat dan tinggi badan. Sob, jika lo sudah mulai merasa terganggu oleh berat badan lo, semisal jadi mudah capek atau bau badan yang terus menyerang, maka cara menghilangkan bau badan permanen yang bisa lo lakukan adalah rutin olahraga yang bisa membakar kalori.

2. Infeksi

Untuk pria yang sering beraktivitas di luar ruangan, biasanya lebih rentan terkena infeksi kulit. Infeksi kulit ini bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya saja seperti kulit yang terluka dan tidak diobati, nggak ganti pakaian sehabis olahraga, kena bisul, panu, atau bahkan cacar air. Jadi, cara menghilangkan bau badan permanen akibat infeksi pun cukup beragam.

Kenapa infeksi kulit bisa menyebabkan bau badan? Pada dasarnya, bau badan itu muncul karena adanya penumpukan bakteri yang bercampur dengan keringat, Sob. Nah, karena infeksi kulit disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, maupun jamur, jadi nggak heran kalau akhirnya infeksi kulit membuat badan lo semakin bau.

Jika sudah begini, coba cek kembali apa penyebab dari infeksi kulit lo. Bila masih bisa diobati dengan obat-obatan over the counter, segera diobati! Tetapi, sebaiknya lo kunjungi dokter kulit bila infeksi kulit yang lo alami ini nggak kunjung sembuh supaya lo bisa langsung tahu cara menghilangkan bau badan permanen versi dokter. Ingat, kesehatan kulit itu kunci dari hilangnya bau badan!.

3. Pola makan

“You are what you eat”, pernah dengar pepatah ini? Ternyata, pepatah ini juga berlaku dalam cara menghilangkan bau badan permanen. Makanan yang lo konsumsi bisa membuat bau badan lo semakin memburuk. Nutrisi dan kandungan dalam bahan makanan serta bumbu yang lo makan ini yang bisa berpengaruh terhadap bau badan lo.

Contoh makanan yang sebaiknya lo kurangi porsinya sebagai cara menghilangkan bau badan permanen antara lain bawang putih, bawang merah, karbohidrat, dan alkohol. Ini karena bahan makanan tersebut mengandung zat seperti alisin dan keton yang membuat badan jadi lebih bau.

Selain itu, cara menghilangkan bau badan permanen juga bisa lo lakukan dengan mengurangi konsumsi sayuran cruciferous seperti brokoli dan kubis yang sulfur dan sulfida. Meski begitu, bukan berarti lo harus benar-benar menghapus bahan-bahan makanan di atas dari menu diet lo, ya! Konsumsi secukupnya saja agar bisa mengurangi bau badan.

4. Gejala penyakit

Bau badan juga bisa termasuk gejala dari penyakit yang lo idap. Kalau lo memang pernah didiagnosa penyakit seperti diabetes, liver, atau gagal ginjal, maka lo perlu meneliti lagi penyebab dari bau badan lo. Bisa saja memang karena penyakit tersebut.

Diabetes, contohnya, yang merupakan kondisi tubuh kesulitan mengatur jumlah gula dalam darah bisa menghasilkan senyawa asam yang menyebabkan bau badan. Ketika jumlah darah terus meningkat, akan terjadi komplikasi ketoasidosis diabetikum. Kondisi inilah yang menyebabkan bau badan dan bau napas semakin parah.

Jika penyebab bau badan lo adalah penyakit serius, sebaiknya lo konsultasikan ke dokter spesialis soal masalah gejala bau badan yang lo alami. Dokter pasti akan memberikan pengobatan dan cara menghilangkan bau badan permanen secara klinikal. Selanjutnya, pastikan lo selalu menjaga kebersihan kulit agar bau badan nggak mudah datang, Sob.

5. Gangguan metabolisme

Gangguan metabolisme dalam tubuh juga bisa menyebabkan bau badan yang sangat mengganggu keseharian lo. Namun, untuk bisa tahu pasti apakah lo punya gangguan metabolisme atau tidak, lo perlu berkonsultasi ke dokter. Trimethylaminuria adalah gangguan metabolisme di mana tubuh nggak bisa memecah hormon trimetilamina yang ada dalam makanan yang dikonsumsi.

Karena ketidakmampuan ini, hormon yang tidak terpecah pun akhirnya dikeluarkan melalui sekresi tubuh, yaitu dari keringat, urin, dan napas. Alhasil, badan pun jadi bau amis dan nggak bisa hilang walau sering mandi. Gangguan hormon merupakan kondisi kesehatan yang kritis, jadi cara menghilangkan bau badan permanen yang disebabkan oleh trimethylaminuria juga nggak sembarangan.

Jika dokter sudah mendiagnosa lo dengan kondisi kesehatan ini, maka cara menghilangkan bau badan permanen yang bisa lo lakukan adalah minum obat antibiotik dan mandi dengan sabun asam.

Cara menghilangkan bau badan permanen

Sekarang, lo sudah lebih paham soal apa saja penyebab bau badan permanen. Jangan dulu panik, Sob. Masih ada kesempatan untuk lo melawan bau badan yang sudah lama mengganggu keseharian lo. Sob, ada beberapa cara menghilangkan bau badan permanen yang bisa lo lakukan.

Nggak harus pilih satu saja, lo pun bisa melakukan semua cara menghilangkan bau badan permanen di bawah ini supaya lo bisa tampil lebih percaya diri. Hebatnya lagi, cara-cara menghilangkan bau badan permanen yang akan lo baca nggak membutuhkan bahan-bahan ataupun alat yang ribet.

Hal terpenting adalah lo rutin melakukan cara menghilangkan bau badan permanen agar bau badan nggak akan datang lagi. Yuk, kita simak apa saja cara menghilangkan bau badan permanen berikut ini.

1. Cukur rambut di tubuh

Cara menghilangkan bau badan permanen yang satu ini jarang banget diketahui oleh orang-orang. Nyatanya, rambut-rambut di tubuh lo bisa menjadi “sarang” yang nyaman bagi kuman dan bakteri penyebab bau badan. Coba perhatikan lagi, area tubuh mana yang lo rasa paling sering mengeluarkan bau badan? Banyak pria yang mengatakan bagian ketiak, mungkin lo juga salah satunya yang berpendapat begini, Sob.

Nggak bisa dipungkiri, bagian ketiak itu memang sangat rentan mengeluarkan bau badan yang nggak hanya mengganggu orang-orang sekitar lo, tetapi juga diri lo sendiri. Karenanya, cara menghilangkan bau badan permanen yang layak untuk lo coba adalah mencukur rambut di ketiak atau area tubuh lainnya yang mengeluarkan bau badan.
Cara mencukurnya juga kurang lebih sama seperti mencukur kumis atau jenggot. Lo bisa gunakan shaving gel atau shaving foam. Tapi kalau lo nggak mau mencukur bagian ketiak lo, cara menghilangkan bau badan permanen lainnya yang bisa lo lakukan adalah memotong pendek rambut di ketiak. Gunakan saja gunting kecil untuk trimming rambut-rambut di ketiak. Cara menghilangkan bau badan permanen ini juga bisa lo lakukan di area tubuh lainnya.

2. Mandi minimal 2x sehari

Ini dia cara menghilangkan bau badan permanen yang wajib banget untuk lo lakukan. Menjaga kebersihan kulit itu adalah cara menghilangkan bau badan permanen yang paling ampuh. Jadi, kalau selama ini lo malas mandi karena merasa nggak harus pergi keluar rumah, langsung ubah pola pikir ini, Sob.

Faktanya, tubuh lo tetap mengeluarkan keringat walau lagi hanya di rumah saja. Sehingga, cara menghilangkan bau badan permanen pun tetap harus lo lakukan, baik saat sibuk maupun saat lagi santai. Apalagi Indonesia merupakan negara beriklim tropis, cuacanya lebih panas dan lembap. Nggak heran juga kenapa tubuh lebih cepat berkeringat padahal lagi nggak ngapa-ngapain.

Setidaknya, cara menghilangkan bau badan permanen bisa lo mulai dengan mandi minimal 2x sehari. Jangan hanya membasahi tubuh dengan air, Sob. Lo perlu membersihkan tubuh secara menyeluruh menggunakan sabun mandi. Lo bisa menggunakan Gatsby Dry Tech Body Shower Gel Original yang mengandung ethylhexylglycerin yang memberantas bau badan serta salicylic acid untuk melawan bakteri pada kulit.

3. Pakai pakaian yang lebih nyaman

Kalau lo suka memakai kaos yang cukup ngepas di badan lo, sementara lo tipe orang yang gampang berkeringat, coba pikirkan lagi. Masalahnya, baju yang terlalu ketat malah akan membuat kulit lo sulit bernapas, terutama kalo lu memakai baju yang bahannya nggak cepat menyerap keringat.
Akibatnya, badan lo jadi lebih mudah berkeringat dan keringat ini pun mengendap di kulit lo. Keringat yang terperangkap dalam baju yang terlalu ketat akan membuat kulit terlalu lembap, sehingga bakteri penyebab bau badan pun lebih mudah berkembang biak.

Nah, itu sebabnya cara menghilangkan bau badan permanen yang harus selalu lo ingat adalah memakai pakaian yang tidak terlalu ketat dan gampang menyerap keringat. Contohnya seperti kaos katun yang lebih longgar di bagian ketiak. Cara menghilangkan bau badan permanen ini juga berlaku buat lo yang punya masalah kaki bau, Sob.

Kenakan kaos kaki yang nggak buat panas dan cepat menyerap keringat kalau lo bermasalah dengan kaki bau. Jadi, ini saatnya untuk mulai pilah-pilah pakaian yang ada di lemari lo. Tetapi ingat, cara menghilangkan bau badan permanen ini nggak sama dengan memakai pakaian kebesaran. Tetap beli pakaian yang sesuai dengan ukuran badan lo, hanya pastikan saja bahannya nyaman dan nggak terlalu ketat di badan.

4. Cuci pakaian dengan benar

Sering banget terjadi kasus bau badan muncul bukan dari tubuh, tetapi dari pakaian yang lo kenakan. Lho, padahal sudah lo cuci bersih, kenapa baju masih tetap bau? Ini bisa jadi karena baju nggak dicuci dengan benar, Sob. Apalagi kalau lo tipe orang yang suka membiarkan baju habis pakai menumpuk di tas laundry.

Kebiasaan seperti itu memicu bau badan yang menempel di pakaian semakin mengendap dan jadi susah dihilangkan. Untuk itu, cara menghilangkan bau badan permanen yang nggak kalah penting adalah memerhatikan cara mencuci pakaian dengan benar. Cara menghilangkan bau badan permanen dari baju bisa lo lakukan dengan memasukkan satu cangkir cuka atau satu cangkir baking soda ke dalam cucian baju.

Kalau cara menghilangkan bau badan permanen dengan racikan itu masih belum mempan, tenang saja karena masih ada cara menghilangkan bau badan permanen yang lebih efektif untuk bau yang membandel. Rendam dulu pakaian lo di larutan air hangat yang dicampur 1-2 cangkir cuka, lalu cuci dengan bersih. Satu lagi, nih, jangan lupa untuk menjemur baju di bawah matahari agar bakteri yang tertinggal bisa mati.

5. Pakai deodoran sehabis mandi

Nah, ada satu cara menghilangkan bau badan permanen yang terkenal paling ampuh, Sob. Apa lagi kalau bukan memakai deodoran setiap habis mandi. Deodoran pada umumnya mengandung alkohol yang bisa melemahkan pertumbuhan bakteri penyebab bau badan di area ketiak. Beberapa deodoran juga dilengkapi dengan kandungan antiperspirant yang mampu mengurangi jumlah keringat yang keluar.

Cara menghilangkan bau badan permanen ini memang sangat umum, tetapi masih banyak banget pria yang belum berhasil menghilangkan bau ketiak. Itu karena mereka salah dalam memilih maupun memakai deodoran. Satu trik dalam cara menghilangkan bau badan permanen adalah memastikan deodoran yang lo pilih punya wangi yang menyegarkan dan tahan lama. Lalu yang paling penting, deodoran harus aman untuk digunakan, artinya nggak menyebabkan iritasi kulit.

Salah satu pilihan deodoran yang bisa lo gunakan adalah Gatsby Urban Ice Deo yang memberikan sensasi dingin dan wangi yang segar, tahan lama bahkan sampai seharian. Nah, cara menghilangkan bau badan permanen dengan deodoran yang benar adalah menggunakan deodoran sehabis mandi pada ketiak yang kering.

Jangan menggunakan deodoran saat ketiak dalam keadaan basah oleh air maupun keringat. Kemudian, pastikan lo membiarkan ketiak benar-benar kering sehabis dioleskan deodoran sebelum lo memakai baju.

6. Perbaiki pola makan

Karena pola makanan yang buruk bisa menyebabkan bau badan, pastinya memperbaiki pola makan menjadi salah satu cara menghilangkan bau badan permanen yang patut lo lakukan. Kurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berbau tajam, misalnya bawang putih dan durian.

Selain itu, cara menghilangkan bau badan permanen lainnya yang juga sehubungan dengan pola makan lo adalah gaya hidup lo sendiri. Hentikan kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol sebagai cara menghilangkan bau badan permanen yang juga menyehatkan. Terakhir, cara menghilangkan bau badan permanen belum lengkap jika lo masih malas minum air putih.
Jadi, cukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh lo, Sob.

7. Kontrol stres dengan relaksasi

Sob, stres itu bisa membuat bau badan semakin kuat. Cara menghilangkan bau badan permanen yang ternyata paling sulit dilakukan adalah berhenti stres soal bau badan. Kalau lo terlalu pusing memikirkan masalah yang ada, produksi keringat pun akan semakin meningkat. Makanya, meditasi menjadi cara menghilangkan bau badan permanen yang cukup efektif.

Nggak hanya meditasi, lo juga bisa cari kegiatan lain yang bisa menenangkan pikiran lo sekaligus menjadi cara menghilangkan bau badan permanen. Mungkin saja lo merasa tenang ketika membaca buku, maka lakukanlah hobi baca buku lo itu. Olahraga juga bisa menjadi cara menghilangkan bau badan permanen yang nggak diduga-duga karena keluarnya hormon endorfin yang membuat pikiran lebih rileks dan happy.

8. Semprotkan fragrance sebelum bepergian

Mau pergi kerja atau pergi nge-date? Duh, jangan sampai bau badan membuat kepercayaan diri lo bubar! Karenanya, fragrance bisa lo pakai sebagai cara menghilangkan bau badan permanen. Ketika lo menggunakan deodoran untuk menghilangkan bau ketiak dan fragrance untuk semakin membuat badan wangi, pastinya bau badan pun nggak akan bisa ganggu aktivitas lo.

Pilih fragrance yang wanginya pas dengan mood dan aktivitas lo. Lo bisa pakai Gatsby Deodorant Perfume Spray dengan 3 pilihan aroma yang eksklusif. Selain wanginya yang awet seharian, Gatsby Deodorant Perfume Spray begitu sempurna sebagai cara menghilangkan bau badan permanen karena dilengkapi dengan deodorizing agent.

Cara menghilangkan bau badan permanen ini semudah menggunakan deodoran. Semprotkan fragrance di titik-titik tubuh seperti leher, pergelangan tangan, dan dada. Menyemprotkan fragrance sebagai cara menghilangkan bau badan permanen juga bisa lo lakukan saat hanya di rumah saja supaya lo lebih semangat beraktivitas.

Jenis deodoran yang bisa dipilih

Sob, melihat cara-cara menghilangkan bau badan permanen di atas, bisa disimpulkan kalau kebersihan kulit itu penting banget, ya. Nggak hanya dengan menggunakan sabun mandi saja, cara menghilangkan bau badan permanen itu sebenarnya belum lengkap tanpa menggunakan deodoran. Alasannya adalah karena faktor-faktor seperti genetik dan menu makanan yang agak sulit untuk kita kontrol dalam cara menghilangkan bau badan permanen.

Jadi, deodoran adalah barang wajib yang harus ada di setiap inventory para pria. Hanya saja, memilih deodoran yang tepat cukup sulit untuk dilakukan. Nyatanya, dari banyaknya deodoran yang dijual di pasaran, nggak semuanya ampuh sebagai cara menghilangkan bau badan permanen. Karena itu, berikut ini sedikit penjelasan soal tipe deodoran untuk membantu lo memilih.

1. Spray

Deodoran berbentuk spray menjadi cara menghilangkan bau badan permanen yang paling praktis, apalagi bagi pria. Rambut ketiak yang lebat biasanya menjadi kendala deodoran untuk bekerja sebagai cara menghilangkan bau badan permanen yang ampuh. Nah, kalau lo memang punya banyak rambut ketiak, sangat disarankan untuk menggunakan tipe deodoran spray.

Selain itu, cara menghilangkan bau badan permanen dengan deodoran spray juga cocok buat pria yang sibuk dan nggak mau melakukan perawatan tubuh yang ribet. Lo bisa menggunakan Gatsby Urban Extreme Ice Deo Shower dan Gatsby Urban Ice Deo Spray yang berbentuk spray. Sensasi dingin dan wangi yang tahan lama membuat ketiak segar seharian. Pantas saja deodoran spray ini termasuk cara menghilangkan bau badan permanen favorit pria.

2. Roll on

Cara menghilangkan bau badan permanen yang paling banyak dilakukan pria adalah memakai deodoran roll on. Tipe deodoran ini biasanya punya tekstur gel yang ringan di kulit. Lagipula, deodoran roll on menjadi produk untuk cara menghilangkan bau badan permanen yang paling banyak dijual di pasaran.

Namun, kalau lo sering buru-buru di pagi hari, cara menghilangkan bau badan permanen dengan deodoran roll on rasanya kurang tepat buat lo. Makanya penting banget untuk memilih deodoran roll on yang bisa cepat kering, nggak lengket, dan nggak meninggalkan bekas di baju. Pilihannya adalah Gatsby Cool Shock Deodorant Roll On dengan double antibacteria agents, cocok banget sebagai cara menghilangkan bau badan permanen.

3. Stick

Terakhir adalah tipe deodoran stick. Tipe deodoran ini bisa jadi pilihan cara menghilangkan bau badan permanen yang juga mampu mengurangi produksi keringat di area ketiak. Lo nggak perlu menunggu deodoran mengering di ketiak saat lo menggunakan deodoran stick karena teksturnya seperti lilin. Deodoran stick juga jadi cara menghilangkan bau badan permanen yang tepat untuk lo yang punya kulit ketiak sensitif.

Tetapi, pastikan lo memilih deodoran stick yang nggak meninggalkan residu di pakaian, Sob. Salah satu pilihan deodoran stick untuk lo adalah Gatsby Urban Ice Deo Stone yang juga cocok banget dijadikan cara menghilangkan bau badan permanen andalan lo karena teksturnya yang nggak lengket.

Jangan lagi minder dengan bau badan lo. Lakukan cara menghilangkan bau badan permanen di atas dan lo pun bisa kembali beraktivitas tanpa gangguan bau badan. Selalu andalkan produk body care dari Gatsby untuk tampilan ganteng tanpa bau badan. Semoga informasi soal cara menghilangkan bau badan permanen ini bisa membantu lo, Sob!