helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Jangan Diskip! Ini 10 Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih Paling Ampuh

by
GATSBYCODE
10.07.2024
LIFE GUIDE

ARTICLE

Salah satu penyebab bau badan adalah keringat berlebihan. Meski umum, tapi kondisi ini bisa bikin rasa percaya diri menurun. Lalu gimana cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih?

Keringat adalah proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu dengan lingkungan sekitar. Saat berkeringat, cairan yang mengandung garam keluar lewat kelenjar keringat. Namun, terdapat beberapa kondisi ketika keringat muncul secara berlebihan, salah satunya adalah hiperhidrosis yang terjadi karena penyakit tertentu.

Keringat berlebihan dan bau badan bisa terjadi pada siapa pun. Jika ini terjadi kepadamu dan kamu sedang berusaha keras mencari cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih, simak beberapa tips berikut, ya.

10 Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

1. Stres

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih strees

Sumber : pexels /@Andrea Piacquadio

Stres merupakan salah satu kondisi yang memicu munculnya keringat berlebihan. Ketika kamu stres, cemas, panik, dan marah, kelenjar keringat akan bekerja lebih keras dan menyebabkan pelipis dan ketiak basah, yang berakhir dengan bau badan.

Jika kamu mencari cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebihan, sebaiknya mulailah untuk mengelola stres dan emosi negatif. Kamu bisa mulai rajin olahraga atau belajar meditasi.

Tak hanya itu, cara mengelola emosi juga bisa dengan menarik napas dalam, berkonsultasi dengan terapis, serta melakukan hobi yang kamu sukai.

2. Berhenti Merokok

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih merokok

Sumber : pexels /@Karolina Kaboompics

Jika kamu perokok, sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Terutama jika kamu sedang berusaha dan  mencari cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih.

Mungkin kamu tidak tahu, jika sebenarnya merokok akan memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras membuang berbagai zat beracun seperti nikotin. Kondisi tersebut memicu kelenjar keringat untuk terus memproduksi keringat berlebih. 

Tak hanya menyebabkan keringat berlebih, merokok akan membuat tubuh jadi bau akibat asap tembakau dan bakteri lainnya. Jadi, berhenti merokok adalah cara terbaik untuk menghilangkan bau badan.

3. Hindari Makanan Pedas dan Berbumbu

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Sumber : pexels /@RDNE Stock project

Tahukah kamu, kalau makanan pedas juga bisa memicu munculnya keringat berlebihan. Terlebih jika panas dan mengandung banyak bumbu yang menyebabkan bau badan.

Diketahui, beberapa makanan termasuk beberapa rempah mengandung zat atau senyawa kimia yang memicu munculnya keringat dan menimbulkan bau khas. Selain makanan pedas, makanan yang mengandung banyak bawang putih dan bombay serta banyak mengandung rempah jintan, kapulaga dan lainnya bisa menyebabkan keringat berlebih dan bau badan.

Jika kamu mencari cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih, sebaiknya kurangi makanan-makanan pedas, mengandung banyak rempah, dan juga berlemak tinggi yang bisa membuat badan bau.

4. Jaga Berat Badan

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Sumber : pexels /@Pixabay

Menjaga berat badan merupakan cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih yang juga cukup ampuh. Mungkin tidak banyak yang tahu, orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan akan cenderung kesulitan untuk bergerak.

Tiap gerakan membutuhkan energi yang cukup besar, yang mengakibatkan suhu tubuh akan lebih cepat naik dan berkeringat lebih banyak. Jadi pastikan untuk menjaga berat badan tetap ideal agar kamu bisa menghindari keringat berlebih dan bau badan.

Baca Juga : Catat! Ini 10 Cara Agar Tidak Bau Badan Paling Ampuh

Pastikan untuk rutin olahraga dan menerapkan makanan sehat kaya nutrisi agar kamu tidak mengalami obesitas.

5. Menjaga Kebersihan Tubuh 

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Sumber : pexels /@Janko Ferlic

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih paling ampuh adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Dimulai dari rajin mandi dua kali sehari, pagi sebelum melakukan aktivitas dan setelah melakukan aktivitas.

Pastikan untuk menggosok bagian-bagian tubuh yang berpotensi mengeluarkan keringat dan bau badan. Termasuk ketiak dan leher. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan ketiak dengan rutin mencukur rambut ketiak.

Rambut ketiak juga jadi salah satu penyebab bau badan, lho. Rambut ketiak dapat menjebak keringat, menimbun bakteri dan membuat bau badan. Untuk menghindari iritasi, pastikan untuk membuang rambut ketiak dengan bantuan ahli.  

6. Gunakan Sabun Antibakteri

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Sumber : pexels /@Monstera Production

Untuk memaksimalkan cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih, pastikan kamu mandi menggunakan sabun antibakteri. Mandi dengan sabun antibakteri biasanya ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan. Gosok sabun antibakteri di kulit ketiak dan bilas sampai bersih. 

7. Keringkan Badan dan Ketiak dengan Benar

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Sumber : pexels /@Engin Akyurt

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih selanjutnya adalah mengeringkan badan dengan handuk bersih. Meski tampak sepele, namun banyak orang yang melewatkan bagian ini.

Bahkan, banyak yang tanpa sadar langsung menggunakan deodorant dan memakai baju ketika ketiak masih dalam kondisi lembab. Padahal ketiak lembab berpotensi jadi sarang berkembiangbiak bakteri penyebab bau badan.

Penting diketahui, bakteri  penyebab bau badan memiliki waktu yang sulit untuk berkembang biak jika kulit kamu kering. Jadi pastikan untuk mengeringkan tubuh dengan benar sebelum menggunakan baju bersih.

8. Gunakan Deodoran dan Antiperspiran

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih dengan gatsby dps

Untuk membuat tubuhmu harum sepanjang hari dan bebas bau, pastikan untuk tidak melewatkan deodoran dan antiperspiran. Antiperspiran memiliki kandungan yang dapat membantu mengontrol keringat tubuh. 

Namun, agar bisa bekerja maksimal, antiperspiran sebaiknya digunakan malam hari, saat kelenjar keringat sedang istirahat. Kamu bisa menggunakannya setelah mandi selepas melakukan rutinitas.

Sementara deodoran bisa kamu gunakan setelah mandi di pagi hari. Pastikan untuk menggunakan Gatsby Deodorant Nature Perfume Spray, yang memiliki 4 varian aroma. Kamu bisa memilih aroma Relax Musk, Premium Tonka, Calm Wood, dan Cool Fougere.

9. Pakai Baju Adem dan Mudah Menyerap Keringat

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Sumber : pexels

Menggunakan baju yang tepat juga jadi cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih terbaik yang bisa kamu lakukan. Pilih baju yang tidak terlalu ketat, dari bahan-bahan ringan yang adem, seperti katun, rayon, linen, atau bamboo.

Bahan baju yang adem dan ringan dengan sirkulasi yang baik, terutama di bagian ketiak akan membuat kulit bisa bernapas dengan baik. Cara ini bisa meminimalisir potensi tubuh mengeluarkan keringat berlebihan.

Pastikan juga untuk memilih warna terang, yang dapat memantulkan cahaya matahari. Hindari memakai baju berwarna gelap karena bisa menyerap panas matahari dan membuat tubuhmu berkeringat.

10. Rajin Ganti Baju Bersih

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Sumber : pexels /@Ryutaro Tsukata

Pastikan untuk rajin mengganti baju dengan baju bersih setelah mandi. Ini juga jadi cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebihan penyebab bau badan. 

Selain itu, pastikan untuk mencuci pakaian kotor dengan sabun yang tepat. Jemur pakaian yang sudah dicuci di bawah sinar matahari untuk membunuh sisa kuman dan bakteri secara maksimal. 

Nah itu dia beberapa cara ampuh menghilangkan bau badan dan keringat berlebihan yang bisa kamu terapkan di rumah. Penting untuk diingat, bahwa cara paling sederhana menghilangkan bau badan adalah dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Pastikan untuk mandi dua kali sehari, mencuci pakaian, berolahraga dan mengonsumsi makanan kaya serat dan nutrisi. Jangan lupa menggunakan deodoran untuk membantu mengatasi bakteri penyebab bau badan.

Kamu bisa memilih Gatsby Deodorant Nature Perfume Spray atau Gatsby Deodorant Roll On, untuk memulai harimu. Berbagai varian dan seri deodoran Gatsby bisa didapat dengan mudah di supermarket dan minimarket terdekat atau di e-commerce kesayangan. Tunggu apalagi? Yuk mulai singkirkan bau badan dan keringat berlebih dengan deodoran dari Gatsby!