helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Mengatasi Bau Badan Setelah Memasak

05.08.2020
LIFE GUIDE

ARTICLE

Sumber foto: www.freepik.com

 

Tahukah lo kalau cowok itu berkeringat lebih banyak daripada cewek? Ini dikarenakan cewek memiliki hormon estrogen yang membuat tubuh mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat berkeringat. Selain itu, kebanyakan cowok memiliki tubuh yang lebih besar daripada cewek. Tubuh yang besar cenderung memproduksi keringat lebih banyak.

 

Keringat akan keluar lebih banyak jika lo terus aktif bergerak, misalnya seperti cowok-cowok yang bekerja di dapur sebagai asisten dapur atau chef. Lo juga harus terus bekejra di suhu ruangan yang panas. Jadi nggak heran kalau cowok berkeringat lebih banyak.

 

Kalau sudah begini, wajar juga jika kebanyakan masalah yang dihadapi cowok-cowok yang bekerja di dapur adalah bau badan. Hal ini jelas membuat lo dan orang-orang sekitar lo nggak nyaman. Untuk itu, lo butuh mempraktikkan beberapa cara mengatasi bau badan di bawah ini.

 

Siapkan pakaian cadangan

Cara mengatasi bau badan yang bisa lo lakukan adalah memastikan untuk sering-sering berganti pakaian. Hindari memakai pakaian yang sudah lo pakai beraktivitas selama lebih dari enam jam. Memakai pakaian yang belum dicuci adalah salah satu penyebab bau badan karena bakteri penyebab bau tak sedap tersebut masih berada di baju yang belum dicuci itu.

 

Kalau lo bekerja di dapur dengan menggunakan seragam, pastikan lo punya seragam cadangan yang bersih. Siapkan juga kaos dalam bersih sebagai cadangan, sehingga saat lo mandi di tempat kerja, dan berganti pakaian, lo punya pakaian bersih yang siap dipakai. Nggak cuma seragam kerja atau kaos dalam saja. Celana, dan pakaian dalam juga harus lo siapkan di tempat kerja.

 

Hindari mengonsumsi makanan penyebab bau badan

Ada banyak jenis makanan dan minuman yang juga dapat menyebabkan bau badan. Jenis-jenis makanan dan minuman inilah yang sebaiknya nggak lo konsumsi dalam jumlah berlebihan.

 

Contoh minuman yang dapat menyebabkan bau badan adalah minuman beralkohol karena alkohol dapat berubah menjadi zat asam. Saat dikonsumsi berlebihan, zat asam akan membuat tubuh, juga nafas lo jadi berbau nggak sedap.

 

Contoh makanan yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan bau badan adalah bawang putih. Aroma bawang putih dapat menguar dari kulit lo karena bawang putih mengandung sejenis senyawa belerang yang disebut allin. Allin akan menumbuhkan bakteri tomix dalam keringat dan menyebabkan bau badan.

 

Cuci pakaian kotor secepatnya

Cara mengatasi bau badan yang lain adalah memastikan lo mencuci pakaian kotor dengan rutin. Kuman dan bakteri penyebab bau badan itu nggak cuma bisa menempel di tubuh lo saja, tetapi juga dapat melekat di pakaian yang lo pakai, mulai dari pakaian dalam, kaus kaki, sarung tangan, bawahan, dan juga atasan yang lo pakai beraktivitas.

 

Jangan biarkan pakaian kotor menumpuk di keranjang terlalu lama. Selain karena aromanya akan semakin tidak keruan, pakaian lo juga bisa jadi lebih cepat rusak. Usahakan tidak memakai pakaian lebih dari dua kali. Sementara pakaian dalam dan pakaian yang lo pakai seharian sebaiknya hanya dipakai satu kali saja.

 

Mandi setelah beraktivitas

Terakhir, untuk mengatasi bau badan, lo harus mandi secara teratur. Paling tidak dua kali sehari: pagi sebelum beraktivitas dan sore atau malam setelah selesai beraktivitas. Kalau lo berolahraga atau sehabis melakukan aktivitas berat yang membuat lo berkeringat sangat banyak, lo bisa mandi setelahnya dan membersihkan diri.

 

Tidak mandi untuk waktu yang lama akan memberi kesempatan pada bakteri penyebab jamur tumbuh di tubuh lo. Alhasil, nggak hanya bau badan, lo juga harus mendapat masalah penyakit kulit. Saat mandi lo juga bisa menggunakan Shower Gel Gatsby yang dibuat khusus untuk cowok.

 

Ada tiga varian shower gel dari Gatsby. Pertama ada Dry Tech Body Shower Gel Deep Clean yang mengandung scrub dan karbon aktif untuk mengangkat sel kulit mati. Kedua ada Dry Tech Body Shower Gel Original dengan deo agent dan slicylic acid untuk membunuh bakteri. Dan yang terakhir ada Dry Tech Body Shower Gel Refresh dengan kandungan active cooling agents yang memberikan sensasi segar menthol.