helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Memilih Pomade Terbaik untuk Pria Indonesia yang Wajib Lo Coba!

03.06.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Dari banyaknya produk pomade di pasaran, manakah pomade terbaik untuk lo? Memang susah menemukan pomade terbaik dengan hasil yang memuaskan, tapi jangan dulu menyerah, Sob! Lo pasti bisa mendapatkan pomade terbaik untuk rambut lo dengan menerapkan tips dan trik yang ada di artikel ini. Sebelum itu, mari pelajari dulu seluk-beluk pomade rambut berikut ini.


Apa Itu Pomade ?

Lo sudah punya pomade andalan di kamar lo? Atau justru sedang mencari pomade terbaik yang bisa bikin tampilan lo semakin ganteng? Sebelum lo bisa menentukan mana pomade terbaik untuk lo, lo harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pomade. Banyak pria menganggap pomade terbaik adalah pomade yang murah dengan daya tahan tinggi, tetapi ada juga pria yang menilai pomade terbaik itu pomade yang nggak lengket.

Sebenarnya, pomade merupakan produk styling rambut dengan tekstur yang berbeda-beda, bisa berupa krim atau pasta yang tebal. Kata pomade diambil dari kata “pommade” dari Perancis yang artinya salep. Ini karena pomade terbaik di zaman dulu, tepatnya di abad ke-18, memiliki tekstur yang lengket seperti salep pada umumnya. Nggak heran kalau selebriti ternama seperti aktor Clark Gable dan Elvis Presley kala itu selalu memakai pomade terbaik untuk menjaga tatanan rambut agar tetap awet.

Kabar baik buat lo, sekarang pomade terbaik nggak lengket dan dibuat dengan formula yang lebih aman untuk rambut juga kulit kepala, berbeda dengan tekstur pomade zaman dahulu.


Kegunaan Pomade Untuk Rambut Pria

Pada intinya, pomade terbaik digunakan untuk membuat tatanan rambut pria yang berkelas dan menjadikan rambut terlihat lebih rapi. Lalu, satu yang utama adalah pomade mampu menjaga tatanan rambut tersebut awet seharian, walaupun lo berkeringat atau kena hembusan angin. Kelebihan pomade terbaik dibanding dengan produk styling rambut lainnya adalah hasilnya yang nggak bikin rambut jadi kaku.

Beda dengan produk seperti gel rambut, wax, atau clay yang membuat rambut jadi lebih kering. Meski begitu, sebenarnya banyak pilihan pomade terbaik dengan tingkat kilap yang bervariasi. Misalnya lo lagi ingin menata rambut jadi bentuk pompadour, lo bisa memilih pomade terbaik dengan finish yang matte.

Sementara kalau lo lebih suka tatanan klasik seperti side part fade, lo bisa pilih pomade terbaik dengan finish yang lebih greasy, ya. Namun tetap ingat kalau pomade terbaik itu nggak akan bikin rambut lo lengket dan jadi nggak nyaman.


Tipe Pomade Berdasarkan Daya Tahannya

Kalau lo lagi mencari produk-produk pomade terbaik di e-commerce atau toko terdekat, lo akan melihat varian pomade mulai dari yang light, medium, sampai high. Buat pemula yang baru saja ingin memakai pomade terbaik sehari-hari, pasti jadi garuk kepala ketika melihat keterangan ini. Akhirnya karena bingung mau pilih yang mana, lo jadi asal beli pomade yang sebetulnya kurang cocok dengan rambut lo.

Kalau sudah begini, lo jangan buru-buru menganggap pomade bukanlah produk yang cocok dengan selera lo. Kemungkinan besar lo belum menemukan pomade terbaik yang pas dengan lo. Karena itu, sekarang lo harus belajar dulu apa saja tipe pomade berdasarkan daya tahannya. Pomade terbaik buat lo belum tentu pomade dengan daya tahan tinggi, lho. Daripada semakin bingung, lebih baik lo langsung simak penjelasannya di bawah ini.

1. Light Hold Pomade

Apakah lo selama ini suka ngeluh pomade yang lo pakai membuat rambut terasa “berat”? Lo nggak sendirian, kok. Nyatanya, banyak banget pria yang salah kira kalau pomade terbaik itu sudah pasti bikin rambut jadi minyakan dan terasa nggak nyaman setelah berjam-jam di bawah matahari. Ini anggapan yang salah, Sob! Untuk mengatasi hal tersebut, ada light hold pomade yang teksturnya ringan banget.

Light hold pomade ini merupakan jenis pomade terbaik buat lo yang gampang keringetan, punya rambut panjang, atau masih pemula soal menata rambut. Dikarenakan teksturnya yang ringan, light hold pomade gampang banget untuk lo aplikasikan ke rambut.

Finish-nya lebih greasy dibanding tipe pomade lain, tetapi gampang untuk dibersihkan. Walau namanya light hold pomade, tetap bisa jadi pomade terbaik untuk menjaga tatanan rambut lo tetap awet seharian, Sob.

2. Medium Hold Pomade

Buat lo yang suka gonta-ganti tatanan rambut setiap hari, medium hold pomade bisa jadi pilihan pomade terbaik buat lo. Ini merupakan pomade terbaik yang memberikan kontrol penuh dalam menata rambut dan cocok untuk jenis rambut apa saja. Lo bisa mengkreasikan tatanan rambut mulai dari yang paling simple sampai yang paling rumit, seperti faux hawk atau slicked back.

Teksturnya memang nggak seringan light hold pomade, tetapi ini sepadan dengan daya tahannya yang lebih lama. Biasanya, medium hold pomade jadi pomade terbaik yang direkomendasikan buat para pria yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia karena bisa menjaga tatanan rambut tetap awet tanpa membuat kepala jadi panas.

3. High Hold Pomade

Lo ingin membuat tatanan rambut yang bisa tahan 24 jam? Tenang saja, Sob. Ada high hold pomade yang sering banget digunakan oleh para selebriti yang akan beraktivitas selama seharian penuh tanpa henti. Sudah nggak perlu dipertanyakan lagi daya tahan dari tipe pomade terbaik yang satu ini. Lo bisa menjamin nggak ada satu pun helai rambut yang berantakan kalau lo menggunakan high hold pomade.

Sayangnya, susah banget untuk mencari pomade terbaik dengan daya tahan tinggi yang nyaman di kepala. Tentu saja ada beberapa produk pomade terbaik yang memiliki formula tahan lama namun nggak buat kepala jadi terasa “berat.” Nah, sebaiknya lo nggak menggunakan high hold pomade setiap hari karena lebih sulit untuk dibersihkan, Sob. Kalau lo berencana untuk membeli high hold pomade, tipsnya adalah mencari pomade terbaik yang juga bisa menutrisi rambut.

Cara Memilih Pomade Terbaik Untuk Rambut

Setelah tahu apa saja tipe pomade terbaik berdasarkan daya tahannya, pasti lo penasaran dengan tips untuk memilih pomade terbaik buat rambut kesayangan lo. Jangan sembarangan, Sob. Rambut itu harta berharga yang kalau sudah rusak, susah untuk dikembalikan ke kondisi semula. Kalau lo keliru dalam memilih produk styling rambut, bisa-bisa korbannya adalah rambut lo sendiri!

Begini, Sob, menggunakan pomade terbaik itu sama pentingnya dengan menggunakan shampoo yang cocok dengan kondisi rambut lo. Apalagi kalau lo ingin memakai pomade setiap hari saat ingin pergi ke luar rumah. Supaya bisa membantu lo menciptakan tampilan rambut yang super keren tanpa merusak rambut, berikut ini cara memilih pomade terbaik yang bisa lo ikuti.

1. Pelajari Karakteristik Pomade Yang Ada

Selain tipe pomade berdasarkan daya tahannya, ada banyak banget produk pomade terbaik yang dibedakan lagi berdasarkan formulanya, Sob. Penting banget buat lo untuk mencari tahu formula dari pomade terbaik yang akan lo beli. Umumnya, pomade dibagikan menjadi tiga kategori, yaitu oil-based pomade, water-based pomade, dan mix-based pomade. Masing-masing tentu punya kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Oil-based pomade dibuat dengan konsentrasi minyak yang lebih tinggi, jadi finish yang dihasilkan pun lebih mengkilap. Kelebihannya, rambut jadi lebih mudah ditata dengan jenis pomade ini. Namun, hati-hati dalam memilih oil-based pomade karena biasanya terasa lengket di rambut.

Water-based pomade memilih bahan dasar air yang sangat mudah untuk dibersihkan. Teksturnya ringan dengan daya tahan yang baik. Terakhir, mix-based pomade merupakan formula campuran minyak dan air yang tidak terasa lengket, namun memiliki daya tahan yang sangat baik. Banyak yang menganggap mix-based pomade sebagai jenis pomade terbaik.

2. Tentukan Daya Tahan Dan Finish Pomade Yang Diinginkan

Untuk cara memilih pomade terbaik yang satu ini, sebenarnya tergantung pada selera lo, Sob. Coba deh lo cari-cari foto inspirasi gaya rambut ala selebriti di internet. Lo bisa lihat jenis gaya rambut apa saja yang lo sukai. Dari sini, lo bisa tahu apa preferensi lo perihal finish gaya rambut, entah itu yang lebih mengkilap atau matte.

Biasanya, pomade terbaik dengan daya tahan yang tinggi memiliki finish yang matte, ketimbang pomade terbaik dengan daya tahan rendah yang terlihat greasy. Nggak ada yang lebih unggul, pilihan lo sepenuhnya bergantung pada selera lo.

Kalau lo masih bimbang, nggak masalah jika lo ingin memiliki lebih dari satu jenis pomade. Kembali lagi, lo pasti ingin membuat tatanan rambut yang berbeda-beda sesuai dengan mood dan aktivitas yang akan lo jalani.

3. Ketahui Jenis Rambut Lo

Sob, apakah lo kenal dengan jenis rambut lo sendiri? Pemilihan pomade terbaik juga dipengaruhi oleh jenis rambut yang lo miliki. Pomade terbaik untuk teman lo belum tentu cocok dengan rambut lo, begitu pula sebaliknya. Rambut itu nggak hanya dibedakan dari panjangnya saja, tetapi juga dari teksturnya.

Pomade terbaik untuk rambut yang lurus jelas akan berbeda dengan pomade terbaik untuk rambut keriting. Kalau lo bingung bagaimana cara menentukan jenis rambut lo, berikut ini ada panduan jenis rambut beserta pilihan pomade terbaik yang bisa membantu lo.

Rambut Lurus

Rambut lurus memang terkenal dengan kemudahannya untuk ditata menjadi gaya rambut apa saja. Semakin pendek rambut lurus lo, semakin rendah juga daya tahan pomade yang lo butuhkan. Namun, ini juga tergantung pada gaya rambut seperti apa yang ingin lo ciptakan. Misalnya lo ingin membuat tatanan model quiff, lo membutuhkan pomade terbaik dengan medium hold.

Kalau lo ingin tatanan rambut yang klimis, lo bisa memilih light hold pomade, Sob. Untuk rambut lurus, pomade terbaik yang bisa jadi pilihan antara lain water-based pomade dan oil-based pomade dengan daya tahan light sampai medium. Sementara buat lo yang punya rambut lurus dan panjang, pomade terbaik yang harus lo miliki adalah oil-based pomade dengan daya tahan tinggi.

Rambut Keriting atau Bergelombang

Beda dengan pemilik rambut lurus, rambut keriting nggak disarankan untuk memakai oil-based pomade. Keuntungan dari rambut keriting maupun bergelombang adalah volume rambut yang tinggi. Kalau lo menggunakan oil-based pomade, rambut lo malah jadi terlihat flat. Sementara itu, rambut keriting dan bergelombang terkenal lebih sulit untuk ditata dan gampang berantakan.

Jadi, pomade terbaik untuk jenis rambut ini adalah water-based pomade dengan daya tahan yang tinggi. Kelebihan dari water-based pomade untuk rambut keriting adalah daya tahan yang baik tanpa meninggalkan tampilan berminyak dan rasa lengket. Selain itu, water-based pomade juga lebih fleksibel untuk lo gunakan. Artinya, lo bisa ganti gaya rambut setiap hari tanpa khawatir rambut jadi lepek.

Rambut Tebal

Pomade terbaik untuk rambut tebal adalah pomade yang punya daya tahan tinggi. Ini dikarenakan rambut tebal lebih sulit untuk ditata. Bagi pemilik rambut tebal, lo mungkin sudah lelah menata rambut yang nggak pernah awet. Begitu keluar rumah, tatanan rambut yang sudah susah-susah lo buat malah kembali lagi seperti sebelumnya. Karena itu, solusinya adalah memakai pomade terbaik dengan daya tahan medium sampai high.

Untuk formula pomade terbaik yang cocok dengan rambut tebal, disarankan untuk memilih oil-based pomade ketimbang water-based pomade. Namun, formula pomade nggak begitu dipermasalahkan untuk pemilik rambut tebal. Hal terpenting adalah lo memilih pomade terbaik dengan daya tahan yang terjamin, Sob.

Rambut Tipis

Buat pemilik rambut tipis, masalah utama yang harus dihadapi adalah rambut yang lebih gampang lepek dan kurang bervolume. Makanya banyak pria berambut tipis yang memilih untuk jauh-jauh dari pomade. Padahal, ada jenis pomade terbaik untuk rambut tipis, Sob. Pomade terbaik yang bisa lo pakai untuk menata rambut tipis adalah water-based pomade dengan daya tahan light sampai medium.

Rambut tipis harus menghindari produk styling rambut yang punya tekstur berminyak. Jadi, water-based pomade mampu membuat tatanan rambut awet seharian tanpa membuat rambut lo terlihat lepek. Keren banget, kan? Sebisa mungkin lo harus memilih pomade terbaik dengan finish yang matte untuk membuat rambut tipis lo jadi semakin bergaya.

Tips Styling Rambut Dengan Pomade Terbaik

Sekarang, lo sudah lebih paham tentang apa itu pomade, tipe pomade, dan juga cara memilih pomade terbaik untuk rambut lo. Satu lagi, nih, yang kurang. Lo masih belum tahu tips styling rambut dan juga pomade terbaik untuk masing-masing gaya rambut. Walaupun lo sudah memiliki pomade terbaik, tentu saja lo tetap harus belajar tips menata rambut yang baik dan benar.

Berikut ini sudah kita rangkum beberapa pilihan gaya rambut pria populer yang dijamin akan buat penampilan lo semakin ganteng. Lo bisa belajar bagaimana cara menatanya dan apa pomade terbaik yang bisa lo gunakan.

1. High Rise

Gaya rambut high rise jadi andalan banyak pria karena terlihat keren dan simple. Cara menata rambut untuk menjadi gaya high rise cukup mudah, Sob. Kuncinya adalah memakai pomade terbaik dengan finish yang matte dan daya tahan tinggi. Salah satunya yaitu Gatsby Styling Pomade Matte Moulder yang merupakan hybrid dari pomade dan wax.

Pertama-tama, colek pomade dengan jari dan gosokkan ke kedua telapak tangan lo. Trik ini berguna untuk menghangatkan pomade dan membuatnya jadi lebih mudah diaplikasikan ke rambut. Lalu, ratakan pomade ke rambut dengan menarik rambut ke belakang menggunakan tangan. Genggam rambut untuk menciptakan volume. Kemudian, sisir rambut ke arah atas dan belakang dengan gerakan menyamping.

2. Slicked Back

Buat lo yang ingin terlihat ganteng dan maskulin ala Leonardo DiCaprio, slicked back hair adalah gaya rambut andalan yang bisa lo rekreasikan di rumah, Sob. Tenang saja, caranya sangat mudah karena lo hanya membutuhkan pomade terbaik dengan efek klimis dan kilap yang tinggi. Lo nggak perlu bingung, pakai saja Gatsby Styling Pomade Supreme Grease untuk menciptakan tatanan slicked back hair yang tahan seharian.

Cara membuat tatanan slicked back hair dimulai dengan meratakan pomade di telapak tangan dan mengaplikasikannya ke rambut dengan gerakan menarik rambut ke belakang. Gunakan sisir untuk menyisir rambut ke belakang dengan rapi.

Sementara itu, pomade terbaik untuk lo yang nggak mau ribet adalah Gatsby Spray Pomade Quick & Greaseyang lebih praktis untuk digunakan. Cukup semprotkan saja Gatsby Spray Pomade Quick & Grease ke rambut, lalu sisir rambut ke belakang.



3. Pompadour

Ini dia salah satu gaya rambut favorit pria Indonesia. Pompadour merupakan gaya rambut yang terlihat melengkung ke atas dengan sangat rapi. Sob, lo bisa menciptakan gaya rambut pompadour dengan menggunakan pomade terbaik, lho. Untuk bisa membuat gaya rambut pompadour, lo bisa menggunakan Gatsby Styling Pomade Supreme Hold yang memberikan efek bervolume dan daya tahan yang sangat tinggi.

Kelebihannya, Gatsby Styling Pomade Supreme Hold sangat mudah untuk dibilas. Nah, lo bisa mulai dengan mengambil pomade sebesar koin dan hangatkan ke seluruh permukaan telapak tangan. Ratakan pomade ke rambut dengan ke belakang. Kemudian, sisir rambut ke arah dan menyamping hingga terbentuk volume yang diinginkan. Lo pun sukses membuat gaya rambut pompadour dalam waktu kurang dari 5 menit, Sob!



4. Edgy Quiff

Lo mau tampil unik tanpa terkesan berlebihan? Edgy quiff bisa jadi gaya rambut untuk lo coba di berbagai acara, nih. Mau itu saat nge-date atau saat pergi ke kantor, gaya rambut edgy quiff akan membuat lo terlihat keren.

Bedanya edgy quiff dan pompadour terletak di bagian depannya, di mana pompadour membentuk jambul yang melengkung sementara edgy quiff membentuk jambul dengan ujung runcing yang menyamping.

Untuk mengkreasikan gaya rambut edgy quiff, lo nggak perlu menggunakan hair dryer, kok. Pomade terbaik untuk gaya rambut yang satu ini adalah Gatsby Styling Pomade Perfect Riseyang berbahan dasar air dengan daya tahan yang kuat.

Mari mulai dengan mengambil pomade secukupnya dan ratakan ke rambut dengan cara digenggam penuh. Arahkan rambut ke atas dan samping untuk membentuk volume. Supaya lebih rapi, sisir rambut untuk membuat ujung rambut yang meruncing ke samping, Sob.



5. Slide Swept

Lo punya rambut yang sudah memanjang? Nggak usah khawatir, Sob. Rambut panjang lo tetap bisa terlihat keren dan rapi dengan gaya rambut side swept. Gaya rambut ini juga lagi populer banget di Korea Selatan dan sangat disukai para kaum hawa, nih.

Pomade terbaik untuk membuat gaya rambut side swept adalah Gatsby Styling Pomade Urban Dryyang berbahan dasar air dengan finish matte. Teksturnya nggak lengket dan mudah untuk dibilas, tanpa membuat rambut terasa kaku dan kering.

Tahap-tahap untuk membuat gaya rambut side swept dimulai dengan meratakan pomade di telapak tangan dan aplikasikan ke seluruh rambut dengan gerakan ke atas. Lalu, sisir rambut ke belakang dengan arah yang menyamping. Terakhir, jatuhkan ujung rambut ke samping untuk membentuk gaya side swept.

6. Neo Classic

Kalau lo suka dengan gaya rambut ala Elvis Presley tapi ingin tampilan yang lebih modern, lo bisa coba gaya rambut neo classic. Sekilas mirip dengan slicked back hair, namun neo classic memiliki volume di bagian depan rambut, Sob. Dalam gaya rambut neo classic, ada 2 variasi yang bisa dipilih, yaitu rockabilly dan combed back.

Pomade terbaik yang bisa lo gunakan untuk membuat gaya rambut rockabilly adalah Gatsby Regroom Pomade Prime Holddengan daya tahan tinggi dan finish yang semi matte. Caranya mudah banget, ratakan dulu pomade di telapak tangan. Aplikasikan pomade ke rambut dengan menggenggam rambut dan menariknya ke atas belakang. Lalu, sisir bagian depan rambut untuk membentuk volume.

Kalau lo mau tampilan yang lebih formal tapi tetap stylish, lo bisa coba gaya rambut combed back menggunakan Gatsby Regroom Pomade Prime Grease yang mudah diratakan, tahan lama, dan meninggalkan efek mengkilap di rambut.

Ambil saja pomade dan ratakan ke seluruh rambut dengan gerakan ke belakang. Lalu, sisir lagi ke belakang supaya lebih rapi. Lo bisa buat sedikit tekstur dengan menggunakan jari sebagai sisir, nih. Kualitas yang menjadikan Gatsby Regroom Pomade sebagai salah satu pomade terbaik antara lain minyak alpukat dan agen perlindungan UV yang akan membuat rambut lo tetap sehat.

Itu dia informasi lengkap soal pomade terbaik yang bisa membantu lo. Jangan lagi salah pilih produk pomade, pastikan lo sudah mempertimbangkan jenis dan formula pomade yang paling pas dengan rambut lo. Temukan juga berbagai produk pomade terbaik dari Gatsby untuk melengkapi tampilan ganteng lo setiap hari.