helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Membersihkan Wajah Pria Secara Ampuh untuk Segala Jenis Kulit

27.04.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Air saja nggak cukup sebagai cara membersihkan wajah. Sama halnya dengan tubuh lo yang harus selalu lo bersihkan minimal 2x sehari dengan air bersih dan sabun, wajah lo juga butuh dibersihkan secara teliti dan teratur.

Buang segera anggapan kalau cara membersihkan wajah yang benar itu hanya berlaku bagi para wanita saja, pria pun harus tetap jaga penampilan agar selalu terlihat ganteng, Sob! Wajah yang terasa kasar, kusam, berkomedo, atau berjerawat akan cenderung buat lo jadi minder kan? Makanya, jangan sampai lo akhirnya menyesal karena selama ini malas melakukan cara membersihkan wajah yang benar.
 

Tenang saja, Sob. Cara membersihkan wajah yang benar dan efektif itu nggak begitu susah, kok. Lo pun nggak perlu menghabiskan banyak waktu dan produk untuk menjaga kulit tetap bersih. Berikut ini panduan lengkap soal cara membersihkan wajah pria yang penting untuk lo lakukan setiap hari.
 

Apa Jenis Kulit lo?

Sob, sebelum lo belajar soal cara membersihkan wajah yang baik dan benar, lo harus tahu dulu apa jenis kulit wajah lo. Bagaimana caranya bisa tahu? Bukannya semua kulit wajah itu sama saja alias berminyak? Jangan salah sangka, Sob. Masing-masing pria punya jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Tentunya setiap jenis kulit punya cara membersihkan wajah tersendiri.
Kalau lo asal menerapkan cara membersihkan wajah tanpa tahu jenis kulit wajah lo terlebih dahulu, yang ada malah kulit lo jadi iritasi dan jerawatan. Pasti lo nggak mau, kan? Nah, karena itu, mari kenali jenis kulit wajah lo sekarang supaya lo bisa paham bagaimana cara membersihkan wajah yang paling efektif untuk lo.
 


  • Kulit kering — wajah lo terasa kasar, kencang seperti tertarik, dan kadang merasa gatal. Kulit juga terlihat bersisik, bahkan mengelupas. Saat lo garuk, muncul garis-garis putih di kulit.

  • Kulit sensitif — kulit lo gampang jerawatan, kemerahan, dan terasa gatal. Saat lo mencuci wajah, kulit terasa panas dan langsung iritasi. Terkadang kulit juga mengelupas.

  • Kulit berminyak — wajah terasa lengket dan terlihat mengkilap, terutama di area dahi, pipi, dan hidung. Pori-pori di wajah juga terlihat besar dan ada cukup banyak komedo.

  • Kulit normal — jarang mengalami masalah kulit. Nggak mengalami keluhan seperti minyak wajah berlebih, kulit yang mengelupas, dan kulit gatal kemerahan.


  •  

Itu dia beberapa tanda-tanda utama dari setiap jenis kulit. Coba cek lagi, kira-kira kulit wajah lo lebih mirip jenis kulit yang mana? Perlu lo ketahui juga kalau bisa saja kulit wajah lo merupakan gabungan dari 2 jenis kulit wajah, misalnya kulit kering-sensitif. Begitu lo tahu jenis kulit wajah lo, lo sekarang jadi lebih gampang untuk menemukan produk pembersih wajah yang tepat.

 

 

Kenapa nggak boleh pakai sabun mandi?

Banyak banget, nih, pria yang masih memakai sabun mandi untuk membersihkan tubuh sekaligus wajah. Apakah lo masih melakukan kesalahan ini? Jika lo menjawab “ya”, lo harus segera menghentikan cara membersihkan wajah yang berbahaya ini, Sob. Lo mungkin berpikir bahwa kulit wajah itu sama saja dengan kulit tubuh, jadi cara membersihkan wajah sudah pasti sama dengan cara membersihkan tubuh.

Namun, kenyataannya adalah kulit wajah itu lebih tipis dan punya jumlah kelenjar minyak yang lebih banyak. Jadi, formula sabun mandi dengan sabun pembersih wajah itu sangat berbeda. Sabun mandi umumnya lebih “keras” daripada sabun pembersih wajah, sehingga kalau dijadikan cara membersihkan wajah, kulit wajah pun akan jadi kering dan rentan timbul jerawat.

Selain itu, pH pada sabun mandi itu bersifat basa, alias bisa mencapai angka 9. Sementara pH kulit yang sehat adalah 5.5, sedikit asam. Ketika lo menggunakan sabun mandi sebagai cara membersihkan wajah, artinya pH wajah jadi naik dan menyebabkan kulit lebih rapuh terhadap serangan bakteri dan polutan. Akhirnya, kulit lo pun jadi bermasalah, entah itu membuat kulit lo jadi berminyak, kering, atau lebih sensitif.
 

Tipe pembersih wajah

Di pasaran, ada banyak banget produk pembersih wajah yang diformulasikan untuk pria. Sebenarnya, apa saja perbedaan dari setiap produk pembersih wajah ini? Tentunya selain bahan aktif dan brand, produk pembersih wajah juga dibedakan dari teksturnya. Dengan mengetahui tipe pembersih wajah yang ada, lo bisa melakukan cara membersihkan wajah dengan sukses.

 

 

1. Gel

Produk pembersih wajah bertekstur gel biasanya lebih cocok untuk jenis kulit yang berminyak dan gampang jerawatan. Karena tekstur gel lebih mudah masuk ke pori-pori kulit, tipe pembersih wajah ini ampuh membersihkan minyak dan kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori kulit.

Jadi, selain bisa membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat, tipe pembersih wajah ini juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Cara membersihkan wajah dengan produk bertekstur gel pun disarankan bagi pria yang memiliki kulit berminyak-sensitif.
 

2. Foam

Ini dia tipe pembersih wajah yang paling umum di pasaran. Banyak pria yang beranggapan kalau semakin banyak busa, maka wajah akan semakin bersih. Tekstur busa yang lembut juga ampuh mengangkat minyak dan kotoran yang ada di kulit wajah tanpa membuat wajah lo terasa kering atau iritasi. Makanya foam cleanser lebih dipilih sebagai cara membersihkan wajah untuk pria yang memiliki kulit sensitif.

 

 

3. Krim

Kalau tipe pembersih wajah yang satu ini lebih cocok dijadikan cara membersihkan wajah untuk pria yang memiliki kulit kering. Cream cleanser punya tekstur yang lebih padat dan tidak berbusa. Biasanya cream cleanser dibuat dengan tambahan bahan-bahan yang mampu menghidrasi kulit. Nah, selain cocok sebagai cara membersihkan wajah untuk si kulit kering, cream cleanser juga ternyata aman digunakan sebagai cara membersihkan wajah untuk pemilik kulit sensitif.

Sebenarnya, tekstur tipe pembersih wajah ini bisa lo pilih juga berdasarkan preferensi lo. Misalnya lo lebih suka tekstur gel, silahkan pilih produk pembersih wajah bertekstur gel yang sesuai dengan jenis kulit lo, ya.

Kini, lo pun sudah lebih memahami cara membersihkan wajah yang baik dan benar. Mulai dengan menentukan jenis kulit wajah lo, lalu pilih produk pembersih wajah dengan tekstur yang disarankan untuk masing-masing jenis kulit, Sob.

 

Kapan harus membersihkan wajah?

Panduan soal cara membersihkan wajah juga harus lo barengi dengan jadwal mencuci wajah yang teratur. Salah satu kesalahan cara membersihkan wajah yang paling utama dan sering banget dilakukan oleh pria adalah malas membersihkan wajah. Masih banyak yang hanya melakukan cara membersihkan wajah sehari sekali. Bahkan, beberapa juga jadi jarang menerapkan cara membersihkan wajah yang baik dan benar selama pandemi karena hanya di rumah saja.

Sob, kotoran, bakteri, polutan, dan juga minyak berlebih di wajah itu selalu ada di mana saja, termasuk di rumah lo. Walau lo lagi nggak banyak beraktivitas dan merasa wajah lo sudah cukup bersih, tetap lakukan cara membersihkan wajah 2 kali sehari. Nah, penting banget untuk melakukan cara membersihkan wajah di pagi hari sebelum lo beraktivitas.

Sehabis tidur, wajah lo pun tetap memproduksi minyak yang juga sudah bercampur dengan kotoran yang ada di sarung bantal lo. Lakukan cara membersihkan wajah di pagi hari untuk memulai hari lo dengan wajah yang bersih dan segar. Lalu, lakukan kembali cara membersihkan wajah di malam hari sebelum lo tidur.

Pastinya ada banyak banget kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori setelah seharian lo beraktivitas. Kalau lo malas melakukan cara membersihkan wajah sebelum tidur, nantinya kotoran yang ada di kulit wajah akan menempel di sarung bantal. Hal inilah yang menjadi faktor breakout atau wajah jerawatan. Jadi, sekarang lo sudah cukup paham akan pentingnya rajin melakukan cara membersihkan wajah 2x sehari, kan?
 

Cara membersihkan wajah yang benar

Sekarang lo sudah siap untuk tahu lebih dalam soal cara membersihkan wajah yang benar dan efektif. Kenapa, sih, kita harus selalu melakukan cara membersihkan wajah yang benar? Banyak pria yang mengeluh kulit wajah tetap bermasalah walau sudah rajin membersihkan wajah. Akhirnya, mereka pun semakin malas untuk membersihkan wajah.

Padahal, akar masalahnya ada pada cara membersihkan wajah yang mereka lakukan, yaitu kurang efektif. Menerapkan cara membersihkan wajah yang benar itu sama pentingnya dengan memilih produk pembersih wajah yang baik untuk kulit. Oleh karena itu, waktunya buat lo untuk belajar cara membersihkan wajah yang efektif seperti yang dijabarkan di bawah ini.
 

1. Cuci tangan dulu

Sob, setiap harinya tangan kita membawa ribuan bakteri yang nggak kasatmata. Jadi, cara membersihkan wajah yang paling pertama dan wajib banget untuk lo lakukan adalah mencuci tangan secara menyeluruh. Jika lo membersihkan wajah dengan tangan yang kotor, itu sama saja dengan nggak melakukan cara membersihkan wajah yang nggak efektif!

Begitu lo masuk ke kamar mandi, cuci tangan dengan sabun antiseptik dan air mengalir. Ingat, gosokkan sabun ke seluruh permukaan tangan hingga berbusa selama minimal 30 detik agar sabun bisa membunuh kuman bakteri secara tuntas. Setelahnya, lo baru bisa lanjut ke cara membersihkan wajah yang berikutnya.
 

2. Basuh wajah dengan air hangat

Cara membersihkan wajah yang satu ini belum diketahui banyak orang, Sob. Nyatanya, para ilmuwan membuktikan kalau suhu air yang hangat bisa membuka pori-pori kulit. Sehingga, pembersih wajah yang lo gunakan bisa masuk ke pori-pori kulit dengan lebih mudah. Karenanya, cara membersihkan wajah berikut ini pun nggak kalah penting.

Kalau di rumah lo ada kran wastafel panas dingin, tentunya lebih mudah untuk lo mengatur suhu air yang tepat saat akan melakukan cara membersihkan wajah. Namun, buat lo yang nggak mau ribet, sebenarnya air bersuhu ruangan pun bisa lo gunakan untuk cara membersihkan wajah. Pastikan saja air yang lo pakai itu nggak terlalu panas supaya nggak membuat kulit jadi kering apalagi melepuh.

Lalu, jangan juga gunakan air dingin untuk membasuh wajah sebelum dibersihkan karena malah akan menutup pori-pori kulit wajah lo. Sebaliknya, gunakan air dingin ketika lo ingin membilas sabun pembersih wajah dari kulit!
 

3. Cara tepat memakai pembersih wajah

Cara membersihkan wajah berikutnya adalah memastikan bahwa pembersih wajah yang lo gunakan itu nggak terlalu banyak, tetapi juga nggak terlalu sedikit. Disarankan untuk menggunakan pembersih wajah sebesar koin Rp500 setiap kali lo akan melakukan cara membersihkan wajah. Takaran ini sudah pas untuk membersihkan seluruh permukaan wajah lo.

Nah, setelah lo menuangkan pembersih wajah di telapak tangan, usapkan kedua telapak tangan, lalu usapkan ke seluruh permukaan wajah dan bagian bawah dagu. Cara membersihkan wajah yang benar adalah dengan melakukan gerakan memutar, bukan menggosok dengan kasar. Lakukan gerakan melingkar di seluruh permukaan wajah selama 30 sampai 60 detik lamanya.

Kemudian, cara membersihkan wajah lo tutup dengan membilas sabun dari wajah dengan air bersih. Keringkan wajah dengan menepuk-nepukkan handuk lembut. Satu lagi, Sob. Pastikan juga handuk yang lo gunakan itu bersih agar cara membersihkan wajah yang sudah lo lakukan itu nggak sia-sia.
 

4. Eksfoliasi juga penting

Apa itu eksfoliasi? Eksfoliasi juga bagian dari cara membersihkan wajah yang patut lo lakukan secara rutin. Pada dasarnya, eksfoliasi ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara lebih intens. Karenanya, eksfoliasi nggak disarankan untuk dilakukan setiap hari, cukup 2x seminggu saja.

Eksfoliasi ini bisa lo lakukan dengan produk pembersih wajah yang mengandung scrub atau pembersih wajah yang mengandung exfoliating agent seperti AHA atau BHA. Lo bisa melakukan eksfoliasi sehabis melakukan cara membersihkan wajah di atas agar kulit pun jadi lebih bersih dan lembut.
 

Bahan skincare yang wajib lo tahu

Nah, setelah habis membahas cara membersihkan wajah yang benar, sekarang lo juga perlu tahu kandungan apa saja yang baik untuk membersihkan kulit wajah lo. Sebenarnya ada banyak banget kandungan atau bahan skincare yang ampuh dijadikan cara membersihkan wajah, tetapi setidaknya ada 5 bahan yang dianggap sebagai bahan skincare terbaik untuk cara membersihkan wajah yang efektif.

Dengan mengetahui bahan skincare apa saja yang baik sebagai cara membersihkan wajah, lo juga dimudahkan untuk memilih produk pembersih wajah yang paling cocok dengan jenis serta masalah kulit yang lo miliki. Nah, penting juga untuk lo ketahui kalau masing-masing bahan skincare di bawah ini punya kelebihan dan kekurangan. Artinya, lo perlu cermat memilih bahan terbaik untuk kulit lo sendiri.

Sob, mari kita belajar lebih lanjut soal bahan-bahan terbaik yang umumnya ada di produk pembersih wajah dan cocok lo gunakan sebagai cara membersihkan wajah yang efektif.
 

1. Witch hazel

Witch hazel merupakan bahan yang dikenal sebagai astringent, yaitu bahan yang membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori. Kandungan witch hazel sudah lama dijadikan cara membersihkan wajah dan cara mengobati luka pada kulit karena beberapa manfaat baiknya. Salah satunya adalah kemampuan witch hazel untuk meredakan inflamasi atau kulit kemerahan.

Nah, witch hazel sebenarnya cocok banget dijadikan cara membersihkan wajah bagi pria yang punya kulit gampang jerawatan. Terlebih lagi witch hazel ini juga ampuh mencegah munculnya ingrown hair atau benjolan kulit akibat mencukur. Kenapa witch hazel cocok menjadi cara membersihkan kulit bagi wajah berminyak?

Ini karena sifat witch hazel yang mampu menghapus minyak berlebih, baik di permukaan maupun di dalam pori-pori wajah. Untuk cara membersihkan wajah berjerawat dengan witch hazel, lo bisa memakai Gatsby Facial Micro Foam Oil Pro-Tech yang mengandung ekstrak witch hazel dan cucumber.
 

2. Bentonite clay

Bentonite clay adalah lumpur alami dengan tekstur yang halus dan sekarang dijadikan cara membersihkan wajah yang disukai banyak orang. Mungkin lo bingung kenapa sebuah lumpur bisa menjadi cara membersihkan wajah yang baik untuk kulit. Ini dikarenakan bentonite clay mengandung kalsium, magnesium, dan zat besi yang baik juga untuk kulit.

Selain itu, tekstur bentonite clay ini ampuh mengangkat sebum dan kotoran dari dalam pori-pori. Sama seperti witch hazel, bentonite clay disarankan sebagai cara membersihkan wajah berminyak dan berjerawat. Bahkan, jika lo melakukan cara membersihkan wajah dengan bentonite clay, polutan yang ada di kulit pun akan ikut terangkat.

Jika lo ingin menjadikan bentonite clay sebagai cara membersihkan wajah berminyak dari jerawat membandel, lo bisa menggunakan Gatsby Cooling Face Wash Oil Control yang memiliki scrub kecil untuk eksfoliasi dan bentonite clay.
 

3. Charcoal

Lagi-lagi bahan yang dirasa aneh untuk dijadikan cara membersihkan wajah. Charcoal nggak bisa lo pandang sebelah mata karena ternyata ada banyak banget manfaatnya bagi kulit. Charcoal mampu mengangkat minyak berlebih, kotoran, bakteri, dan polutan yang ada di dalam kulit. Cara kerjanya yakni menyerap impurity atau kotoran yang ada di kulit.

Begitu lo membilas wajah lo, kulit pun langsung bersih seketika. Charcoal digunakan sebagai cara membersihkan wajah berminyak dan wajah sensitif. Jadi, ketika lo menggunakan charcoal sebagai cara membersihkan wajah, lo nggak perlu takut kulit jadi kemerahan atau iritasi.

Nah, lo bisa menggunakan Gatsby Cooling Face Wash Perfect Clean (Black Powder) yang mengandung 3 jenis scrub untuk eksfoliasi yang optimal dan charcoal powder, memberikan sensasi dingin sehabis membersihkan wajah.
 

4. Glycolic acid

Glycolic acid termasuk dalam bahan yang bisa dijadikan cara membersihkan wajah dan eksfolian. Kabar baiknya, glycolic acid juga merupakan kandungan antibakteri dan antioksidan, mampu menangkal radikal bebas, menghidrasi kulit, dan membantu kulit mengunci kelembapan secara menyeluruh. Jadi, glycolic acid cocok dijadikan cara membersihkan wajah yang kering, punya banyak komedo, maupun berjerawat.

Glycolic acid akan membersihkan kulit wajah dari sel kulit mati dan kotoran dengan cara peeling. Mungkin awalnya lo akan kaget wajah jadi mengelupas sehabis melakukan cara membersihkan wajah dengan glycolic acid, namun efek peeling ini nggak akan bertahan lama. Hebatnya lagi, pemakaian glycolic acid secara rutin bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit lo, Sob.
 

5. Salicylic acid

Sekarang ini, salicylic acid sering banget diperbincangkan sebagai bahan skincare populer. Nggak heran karena salicylic acid ini merupakan eksfolian yang sejatinya cocok untuk semua jenis kulit, baik yang berminyak maupun yang kering. Cara kerjanya adalah dengan masuk ke pori-pori kulit dan melebur kotoran maupun minyak yang menumpuk dalam pori-pori.

Selanjutnya, salicylic acid juga mengikis lapisan kulit mati yang ada di permukaan kulit. Kunci dari cara membersihkan wajah menggunakan salicylic acid adalah dengan nggak menggunakannya setiap hari agar kulit nggak jadi kering atau iritasi.

Itu dia informasi lengkap seputar cara membersihkan wajah yang benar dan efektif untuk memerangi berbagai masalah kulit wajah lo. Nah, pastikan lo sudah memahami panduan cara membersihkan wajah yang dibeberkan di atas serta memilih produk pembersih wajah yang tepat. Lo bisa memilih dari varian Gatsby Face Care yang ampuh membersihkan wajah lo secara tuntas dan menjaga kulit lo tetap segar.