helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Cara Jitu Melemaskan Rambut Pria yang Gampang Mengembang

by
GATSBYCODE
01.09.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Cara Jitu Melemaskan Rambut Pria yang Gampang Mengembang

Life Guide

 

Rambut mengembang memang jadi masalah bagi sejumlah orang. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat kondisi rambut kering. Makanya, cara jitu melemaskan rambut pria yang gampang mengembang ini penting banget buat lo pahami biar nggak jadi masalah besar, Sob.  Yuk, simak bahasan lengkapnya di bawah ini!

 

Gunakan conditioner

Cara jitu melemaskan rambut pria yang pertama yaitu selalu gunakan conditioner yang mengandung protein. Cara melemaskan rambut yang mengembang ini bertujuan untuk membuat kondisi rambut jadi halus dan tampak berkilau. Bila memungkinkan, gunakan conditioner nggak hanya pada ujung rambut, melainkan juga sepanjang rambut.

 

Pasalnya, penggunaan conditioner bisa jadi cara membuat rambut lemas dan mudah diatur dalam sekejap. Namun, cara menggunakan conditioner perlu menghindari area kulit kepala agar rambut nggak tampak berminyak ya, Sob!

 

Pakai produk perawatan rambut tanpa alkohol

Cara agar rambut lemas selanjutnya, yakni dengan menggunakan produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner yang bebas alkohol. Kandungan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol rentan membuat rambut mengembang, kaku, dan kering.

 

Keramas Pakai Air Dingin

Salah satu cara melemaskan rambut yang mengembang adalah dengan keramas air dingin. Jika Lo membilas rambut dengan air yang terlalu panas, kutikula rambut bisa terbuka. Kutikula adalah lapisan terluar rambut yang melindungi inti rambut. Ketika kutikula terbuka dan kelembapan rambut hilang, maka rambut mengembang bisa jadi. Nah, agar kutikula nggak terbuka, Lo disarankan untuk keramas menggunakan air dingin, Sob!

 

Gunakan Sampo dengan Bahan-bahan Alami

Penggunaan sampo yang tepat juga mendukung cara melemaskan rambut yang mengembang dan kaku. Lo dianjurkan untuk menghindari sampo yang mengandung zat kimia, seperti sodium lauryl sulfate, karena bisa membuat rambut mengembang semakin parah. Sebagai gantinya, gunakan sampo yang mengandung bahan alami agar rambut nggak mengembang dan senantiasa sehat.

 

Jangan terlalu sering keramas

Cara melemaskan rambut yang mengembang berikutnya adalah jangan terlalu sering keramas. Sebab, keramas terlalu sering bisa menyebabkan minyak alami pada kulit kepala jadi berkurang, bahkan hilang. Hal ini yang bisa memengaruhi kelembapan rambut sehingga rambut mengembang dan kaku. Namun, pastikan jika kulit kepala senantiasa bersih walaupun Lo sedang nggak keramas.

 

Lindungi rambut dari sinar matahari

Cara melemaskan rambut yang mengembang dan kaku juga perlu melindunginya dari paparan sinar matahari.

Penelitian yang terbit pada jurnal Collegium Antropologicum membuktikan bahwa paparan sinar ultraviolet (UV) mampu mengganggu kondisi rambut. Dalam hal ini, sinar matahari rentan merusak struktur batang rambut.

Pada sinar UV A, kerusakan ini ditloi dengan berkurangnya warna rambut.  Sedangkan, sinar UV B mampu menghilangkan protein rambut sehingga rambut mengembang terjadi.

Oleh karena itu, gunakan topi atau produk perawatan rambut dengan filter UV sebagai cara membuat rambut lemas dan lurus.

 

Jangan menyisir rambut yang sudah kering

Jangan menyisir rambut yang sudah kering juga jadi cara agar rambut lemas. Pasalnya, menyisir rambut yang kering bisa merusak kulit kepala sehingga menyebabkan rambut mengembang dan kaku. Lo justru disarankan untuk menyisir rambut dalam kondisi masih setengah basah.

 

Biar gaya rambut tahan lama dan nggak terasa berat, mending cobain pakai GATSBY Texturizing Powder Clay deh, Sob. Penata rambut tipe serbuk ini ringan banget dan nggak bakal terasa lengket. Jadi, lo bisa tetap tampil dengan efek rambut bertekstur dan bervolume tanpa rasa berat!