helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Begini Cara Custom Jaket Jeans Lukis di Rumah

24.11.2020
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Pixabay

 

Bosan dengan tampilan jaket jeans yang itu-itu saja? Jaket denim bisa jadi tambahan aksesoris yang keren banget, lho. Jaket lukis atau custom jaket jeans lukis tengah jadi tren belakangan ini, khususnya bagi kaum milenial, karena tampilannya yang unik. Sesuai dengan namanya, custom jaket jeans lukis tidak monoton. Bahkan, bisa dibilang tak lekang dengan zaman karena gambar jaket denim selalu mengikuti tren fashion yang sedang ramai.

 

Tren di custom jaket jeans lukis mulai banyak digandrungi sejak tahun 2016 ketika jaket ini mulai marak dipakai kalangan remaja. Awalnya dianggap normal, namun kemudian jadi tren menjadikannya sebagai salah satu jaket bernilai tinggi.

 

Walaupun sebenarnya sudah banyak brand yang merilis beragam koleksi statement jacket, tetap saja bagi sebagian orang tetap memilih untuk melukis sendiri jaket jeans. Nah, berikut ini cara custom jaket jeans lukis yang dijamin bakal membuat lo semakin stylish.

 

Alat dan bahan yang lo perlu

Alat dan bahan lukis jeans tentu jadi hal pertama yang perlu disiapkan antara lain cat acrylic, kuas, tulisan atau gambar yang sudah dipola, dan bahan dasar jaket jeans. Untuk jaket, disarankan untuk menggunakan jaket oversized karena nantinya motif gambar akan terlihat lebih tegas dan jelas. Hal itu juga akan memudahkan selama proses pelukisan.

 

Jangan lupakan juga peralatan lainnya yang diperlukan, seperti air, papan (bisa menggunakan triplek sebagai tatakan supaya tidak tembus cahaya), gunting, penggaris, lap tangan, dan double tape atau plester.

 

 

Buat pola gambar

Setelah alat dan bahan sudah tersedia, mulailah berkreasi dengan menggambar pola atau sketsa menggunakan kapur tulis putih di atas permukaan jaket jeans yang berwarna gelap. Sementara calon custom jaket jeans lukis berwarna terang, gunakan pensil untuk membentuk polanya. Menggambar pola dianjurkan untuk lo yang masih belum terbiasa dan takut hasilnya kurang rapi. Sementara bagi yang sudah terbiasa, bisa langsung melukis tanpa membuat pola terlebih dahulu.

 

Sebelumnya, tentukan dulu jenis tulisan yang akan digambar pada jaket. Lalu, gunting pola tulisan di bagian dalam, tujuannya untuk membentuk bolongan tulisan atau huruf yang nantinya akan diwarnai.

 

Sketch di atas cat dasar

Langkah selanjutnya yakni membuat sketsa di atas cat dasar yang dipakai dalam custom jaket jeans lukis. Sketsa  sangat penting untuk menjaga gambar tetap rapi. Hal ini mengingat bahan jeans atau denim yang digunakan terbatas. Sehingga, satu kesalahan bisa menimbulkan kerepotan karena harus membersihkannya.

 

Apabila masih ada rasa khawatir, lo bisa menggunakan media lukis di atas kertas gambar yang nantinya bisa dipindahkan ke dalam permukaan jeans. Ini karena setiap orang memiliki keterampilan yang berbeda-beda dalam melukis pola.

 

Lukis sesuka hati lo

Melukis sebaiknya dilakukan di bawah cahaya yang cukup, lebih baik menggunakan cahaya alami dari sinar matahari. Sebelum melukis, tentunya lo sudah punya ide subjek gambar yang akan digambar. Lukislah sesuka hati lo sesuai dengan referensi yang lo punya.

 

Untuk persiapan melukis, peras sedikit cat pada palet, lalu isi wadah cat dengan air. Taruh handuk atau kain lap untuk mengeringkan kuas yang lo pakai setiap saat dibutuhkan. Jangan ragu ketika menggores atau khawatir hasilnya tidak sempurna. Coretan kuas sembarangan bahkan bisa memberikan kesan santai dan artistik pada karya lo.

 

Finishing

Langkah terakhir proses custom jaket jeans lukis adalah finishing. Setelah gambar selesai dilukis, lo bisa keringkan permukaan jeans seharian. Namun, ada cara cepat yang juga berguna untuk meningkatkan kualitas gambar.

 

Cara terbaik untuk memastikan cat tetap menempel dengan baik pada permukaan jeans adalah dengan menaruhnya di tempat panas. Pertama, lo bisa menyetrika bagian belakang selama 5-7 menit dengan kecepatan tinggi. Jangan menyetrika bagian depan lukisan karena akan membuatnya terkelupas. Cara terbaik kedua yakni menaruh setrika dalam beberapa waktu yang cukup dalam kantong, sehingga bisa menyebarkan panas dengan baik.

 

Setelah semua selesai dilakukan, custom jaket jeans lukis lo pun sudah siap lo pakai. Nah, sebelum lo pamer jaket jeans baru, jangan lupa semprotkan Gatsby Urban Cologne Energy biar semakin wangi dan percaya diri saat memakai custom jaket jeans lukis ini. Wanginya yang menyegarkan dan nge-gassss akan membuat lo semangat beraktivitas sehari-hari dengan jaket jeans keren buatan lo.