helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Catat! Ini 10 Cara Agar Tidak Bau Badan Paling Ampuh

by
GATSBYCODE
04.07.2024
LIFE GUIDE

ARTICLE

Bau ketiak terjadi karena interaksi keringat dengan bakteri di kulit. Meski bau ketiak bukan sesuatu yang berbahaya, tapi sangat mengganggu kenyamanan, bahkan akan menurunkan percaya diri. Untuk mengetahui cara agar tidak bau badan, pastikan dulu kamu mengetahui penyebabnya.

Sebagian besar bau badan dipicu keringat. Yang perlu kamu ketahui, sebenarnya keringat yang keluar dari tubuh sebenarnya tidak memiliki bau. Hanya saja, bakteri yang hidup di kulit kemudian memecah protein dan lemak dalam keringat dan mengubahnya menjadi zat asam.

Tapi bakteri dan keringat bukan satu-satunya penyebab tubuh mengeluarkan bau tak sedap. Faktor lainnya yang membuat tubuh mengeluarkan aroma tak sedap adalah makanan.

Terdapat sejumlah makanan yang memiliki senyawa kimia alami, yang ketika dikonsumsi malah akan membuat tubuh mengeluarkan keringat dan bau. Jika kamu sedang berjuang untuk mengusir bau badan, berikut adalah beberapa cara agar tidak bau badan paling ampuh yang bisa kamu terapkan di rumah. Yuk simak!

10 Cara Agar Tidak Bau Badan

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Cara Agar Tidak Bau Badan

Sumber : pexels /@Vlad Solomon

Cara agar tidak bau badan paling utama yang bisa kamu lakukan adalah rajin menjaga kebersihan tubuh. Rajin mandi setidaknya dua kali sehari, adalah cara agar tubuh kamu bebas dari bakteri jahat.

Mandi juga akan membantumu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Pastikan kamu menggosok bagian ketiak dengan benar. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti baju bersih setelah mandi.

2. Menggunakan Sabun Antibakteri

Cara Agar Tidak Bau Badan

Sumber : pexels /@Tabitha Mort

Sabun antibakteri juga dapat membantu kamu menyingkirkan bau badan. Sabun jenis ini diketahui dapat membunuh bakteri penyebab bau badan secara efektif. Sabun ini cocok untuk kamu yang memiliki kondisi keringat berlebih.

3. Mengeringkan Badan dengan Handuk Bersih

Cara Agar Tidak Bau Badan

Sumber : pexels /@Engin Akyurt

Nah, cara agar tidak bau badan selanjutnya adalah pastikan kamu mengeringkan badan dengan benar setelah mandi, terutama pada area ketiak. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan tubuhmu.

Tidak mengeringkan ketiak dengan benar berpotensi menyebabkan ketiak bau. Karena ketiak lembab merupakan sarang terbaik bakteri untuk berkembangbiak.

4. Menggunakan Deodoran atau Antiperspiran

Cara Agar Tidak Bau Badan

Nah, ini jadi kunci penting lainnya jika kamu mencari cara agar tidak bau badan. Sebaiknya kamu mulai rajin menggunakan antiperspiran dan deodoran yang tepat setelah mandi.

Antiperspiran yang mengandung bahan aktif, seperti alumunium klorida dapat membantu menyingkirkan bau badan. Antiperspiran bekerja dengan memblokir aktivitas kelenjar apokrin sehingga dapat mengurangi produksi keringat di ketiak yang dapat menyebabkan bau badan.

Sementara deodoran memiliki aroma yang kuat dan kandungannya dapat membuat lingkungan kulit ketiak menjadi lebih asam sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Pastikan untuk memilih deodoran yang tepat.

Kamu bisa memilih Gatsby Deodorant Perfume Spray, yang memiliki tiga aroma berbeda. Kamu bisa memilih salah satunya untuk mengobati bau badan.

5. Memakai Pakaian yang Nyaman dan Bersih

Cara Agar Tidak Bau Badan

Sumber : pexels /@Kai Pilger

Selalu mengganti baju dengan baju bersih setelah mandi adalah cara agar tidak bau badan. Cuci bersih pakaian yang sudah kamu pakai seharian dengan sabun yang tepat, dan keringkan di bawah sinar matahari. Ini merupakan cara paling efektif membunuh kuman dan bakteri yang menempel di bajumu.

Selain itu, sebaiknya gunakan baju yang nyaman, tidak terlalu ketat agar area di bagian ketiak masih memiliki sirkulasi udara. Kamu bisa memilih pakaian dari bahan-bahan ringan yang adem. Dengan begitu, kulit masih bisa bernapas dan kamu akan terhindar dari bau tak sedap yang disebabkan keringat.

Selain itu, pastikan untuk segera mengganti pakaian yang basah karena keringat. Ini adalah cara untuk menghindari pertumbuhan bakteri dari kulit lembab karena keringat.

6. Mencukur Rambut Ketiak

Cara agar tidak bau badan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan perawatan ketiak. Selain membersihkan dengan sabun antibakteri, kamu juga bisa mencukur rambut ketiak.

Seperti diketahui, ketiak menjadi salah satu area paling lembab di tubuh. Inilah yang kemudian membuat bakteri dapat berkembangbiak dengan cepat di area ketiak. Apalagi jika kamu memiliki rambut ketiak, yang biasanya akan menjebak keringat.

Nah, untuk menghilangkan bau badan, kamu bisa mulai menghilangkan rambut ketiak secara teratur. Kamu bisa menjalani hair removal dengan teknologi laser. Cara ini bisa membuat ketiak kamu terhindar dari iritasi, lho.

7. Mengelola Stres dengan Tepat

Cara Agar Tidak Bau Badan

Sumber : pexels /@Stefan Stefancik

Salah satu penyebab tubuh mengeluarkan keringat berlebih yang memicu bau badan adalah stres. Dan salah satu cara agar tidak bau badan adalah menghindari situasi dan kondisi yang memicu stres.

Kamu bisa belajar mengelola stres dengan berbagai cara. Salah satunya adalah rutin olahraga atau melakukan meditasi. Kamu juga bisa  melakukan hobby atau kegiatan yang dapat meningkatkan suasana hati atau bahkan melakukan perawatan spa dan relaksasi.

8. Memperhatikan Program Diet

Cara Agar Tidak Bau Badan

Sumber : pexels /@cottonbro studio

Beberapa jenis makanan diketahui memiliki senyawa yang bisa memicu bau badan. Makanan-makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti jeroan sapi, makanan yang diolah dengan rempah-rempah kuat, hingga bawang-bawangan adalah makanan yang bisa membuat tubuh mengeluarkan keringat yang bau.

Nah jika kamu sedang mencari cara agar tidak bau badan, hindari terlalu sering makan jeroan atau makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan yang mengandung banyak bawang putih dan bombay, makan makanan India yang kaya rempah, juga makanan pedas.

Pastikan untuk mengatur asupan makanan. Kamu bisa memperbanyak makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan. Pastikan juga asupan protein dan karbohidrat terpenuhi.

9. Hindari obat tertentu

Cara Agar Tidak Bau Badan

Sumber : pexels /@Suzy Hazelwood

Beberapa obat diketahui dapat memicu keringat berlebihan dan menyebabkan bau badan. Obat-obatan seperti obat hipertensi dan antidepresan adalah beberapa di antaranya.

Jika sedang menjalani pengobatan tersebut dan mengalami hiperhidrosis atau keringat berlebihan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat resep obat yang tidak memicu keringat berlebihan. Kamu juga bisa berkonsultasi untuk mengendalikan produksi keringat yang berlebihan. Ini bisa jadi salah satu cara agar tidak bau badan.

10. Menggunakan Bahan Alami

Cara Agar Tidak Bau Badan

Sumber : pexels

Selain menggunakan deodoran, cara agar tidak bau badan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, lho. Salah satu bahan alami paling populer yang ampuh mengusir bau badan adalah minyak kelapa atau virgin coconut oil. 

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat mengurangi perkembangan bakteri di ketiak. Selain itu, kamu juga
bisa memakai tawas sebagai deodoran alami untuk mengurangi bau badan berlebih.

Itu dia beberapa cara agar tidak bau badan yang bisa kamu terapkan di rumah. Kunci utama mengusir bau badan adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mandi dua kali sehari, rajin mengganti baju bersih, rutin olahraga dan mengonsumsi makanan kaya nutrisi.

Di samping itu, menggunakan deodoran juga dapat membantu menyingkirkan bau badan berlebihan akibat keringat. Gunakan deodoran dengan kandungan yang tepat seperti Gatsby, yang juga memiliki banyak varian. Kamu bisa memilih roll on atau deodorant perfume spray yang bisa didapatkan di supermarket dan minimarket terdekat atau di e-commerce kesayangan. Tunggu apalagi? Yuk buruan hempas bau badanmu dengan Gatsby!