helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Begini Sikap Tepat Hadapi Teman yang Bertengkar

by
GATSBYCODE
14.02.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Pertengkaran orang dewasa tidak sesederhana pertengkaran anak-anak. Mereka tidak bisa berbaikan hanya dengan meniup ujung jari kelingking saja”, begitu ungkap Orinthia Lee penulis asal Indonesia. 

Namanya pertemanan pasti pernah mengalami pertengkaran. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa bertengkar, Sob! Biasanya, justru pertengkaran orang dewasa lebih sulit untuk berbaikan layaknya anak-anak yang hanya hitungan jam atau hari. 

 

Kalau kita yang bertengkar, mungkin lo sudah menemukan jalan bagaimana memperbaikinya. Tapi kalau pertengkaran terjadi di circle kita, antara teman satu dan teman lainnya, bagaimana seharusnya sikap kita? Nah, berikut ini beberapa tips sikap tepat hadapi teman yang bertengkar, agar kondisi bisa lekas membaik, Sob!

 

Jangan Berat Sebelah

Sikap berat sebelah bikin masalah semakin runyam, Sob! Teman yang lo belain bisa-bisa mencari kesempatan dan ngelunjak, sedangkan teman satunya lagi akan merasa terpojokkan dan malah pergi dari lingkar pertemanan kalian.

Cara agar tidak terasa berat sebelah adalah dengan melakukan komunikasi dengan keduanya. Atur waktu untuk lo berbicara dengan satu teman dan atur waktu untuk berbicara dengan teman lainnya. Di satu kesempatan, coba deh ketemu bareng dan lo duduk di tengah sebagai penengah yang mengakomodir kedua belah pihak dari sisi ucapan mau pun perasaan.

 

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Ketiak Basah Biar Tampil Lebih Pede

 

Jangan Jadi Kompor, Jadilah Air

Ketika satu teman curhat, lo harus dengarkan baik-baik apa concern dia dan apa yang jadi masalah bagi dia. Tapi, respon lo jangan malah ikut-ikutan mengiyakan apa yang membuat dia panas. Justru lo hadir sebagai air yang menyejukkan emosi dia. Coba ajak dia untuk berpikir positif tentang teman satunya. 

 

Satu contoh sederhana, ketika teman lo lagi ngomel-ngomel tentang keburukan teman lainnya, lo cukup jawab dengan pengandaian yang melegakan seperti “eh bisa jadi maksud dia nggak kaya gitu, tapi kaya gini…” dan semisalnya. Dengan lo menggiring dia untuk berpikir positif, maka setengah urusan sebenarnya sudah terselesaikan. Sisanya, lo cukup hubungi teman yang satunya dan lakukan hal yang sama.

 

Pertemukan Semuanya

Pertengkaran akan berlarut-larut ketika dibiarkan begitu saja tanpa ada komunikasi. Masalah nggak akan selesai jika kedua pihak nggak membicarakan masalah tersebut. Kalau pun let it go saja, suatu saat bisa jadi bom waktu yang bisa meledak dan diungkit-ungkit lagi. Maka solusi terbaik adalah dengan mempertemukan semuanya dan selesaikan saat itu juga.

 

Coba ajak kedua pihak untuk nongkrong bareng di tempat kalian biasa nongkrong. Pastikan lo hadir duluan supaya nggak canggung ya, Sob! Ketika kedua pihak sudah hadir, lo duduk di tengah dan harus jadi si paling aktif untuk memulai pembicaraan. Lo juga harus pintar mencairkan suasana dan membaca situasi dengan seksama.

 

Jangan judge apa pun, jangan ungkit kesalahan siapa pun. Jadilah pendengar dan fasilitator layaknya Karni Ilyas dalam acara debat, tapi lebih suportif kepada kedua belah pihak. Setelah mendengar keluh kesah mereka, rumuskan dan cari solusinya sama-sama dalam satu bingkai kesepakatan yang indah, Sob!

 

Jangan lupa pakai GATSBY WHITE UP HYPNOTIC SOUL, wewangian dengan sensasi supreme simpel dan harmonis dengan sentuhan wangi "putih" yang netral. Membuat lo tampil berkesan tanpa perlu berlebihan. Memberikan lo kesan memikat dan dewasa dalam menyelesaikan masalah, Sob! 

 

Rencanakan Agenda Berikutnya

Layaknya sebuah kerusakan yang butuh masa recovery, ada baiknya setelah kondisi pertengkaran mereda, lo ajak kedua pihak untuk main bareng, Sob! Coba agendakan acara sesederhana staycation, sunday morning ride (sunmori) atau sekadar nongkrong di wisata alam yang nggak perlu repot-repot persiapannya.

 

Cobain deh, dijamin pertengkaran yang berkobar, diredakan, lalu dipulihkan akan lebih terasa indah dan cepat berlalu.