helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Begini Cara Cukur Kumis dan Jenggot dengan Aman, Sob!

by
GATSBYCODE
18.01.2023
LIFE GUIDE

ARTICLE

Kumis dan jenggot bisa dibilang memang jadi aset eksklusif buat para pria terpilih, Sob. Kalau lo suka dan ingin merawatnya, maka bukan berarti lo bisa membiarkannya tumbuh begitu saja. Lo juga wajib merapikan atau mencukur kumis dan jenggot secara berkala agar tetap enak dilihat.

Tapi lo juga perlu hati-hati Sob, pasalnya wajah merupakan daerah yang sangat sensitif. Kalau salah, kulit wajah bisa saja iritasi atau bahkan terluka. Maka dari itu, simak lengkap beberapa cara cukur kumis dan jenggot dengan aman berikut ini, yuk!

Siapkan Pisau Cukur Yang Tajam

Pemilihan pisau dan alat cukur juga perlu menjadi perhatian untuk mencukur kumis dan jenggot. Alat cukur yang nggak higienis atau tajam berpotensi menyebabkan munculnya masalah kulit.

Pisau yang tajam bertujuan untuk cukur kumis dan jenggot bisa lebih mudah dan cepat. Selain itu, ini juga agar risiko iritasi dan luka dapat diminimalisir.

 

Basahi Area Kumis dan Jenggot Sebelum Cukur

Cara cukur kumis dan jenggot yang pertama adalah dengan membasahi keduanya terlebih dahulu. Lo mungkin berpikir untuk langsung mencukur rambut wajah tersebut tanpa perlu dibasahi air. Padahal, hal ini keliru dan berpotensi menyebabkan iritasi, bahkan luka.

 

Membasahi kumis dan jenggot bertujuan untuk melembapkannya. Dengan begitu, kumis dapat dicukur dengan mudah. Dilansir dari laman Teen’s Health, Lo disarankan untuk membasahi kumis dan jenggot dengan air hangat agar pori-pori kulit bisa terbuka lebar.

 

Pakai gel atau krim cukur

Menggunakan gel atau krim cukur adalah cara mencukur kumis yang benar yang nggak boleh dilewatkan. Gel cukur berfungsi untuk melumasi kumis dan jenggot sehingga keduanya lebih mudah dicukur. Gel atau krim cukur juga dapat mencegah terjadinya iritasi atau luka pada kulit tempat kumis dan jenggot tumbuh.

Cukur Kumis dan Jenggot Searah Tumbuhnya Rambut

Asosiasi dokter kulit Amerika, AAD, juga menyarankan agar cukur kumis dan jenggot sebaiknya dilakukan searah dengan arah pertumbuhan rambut. Dengan begitu, Lo bisa meminimalisir risiko terjadinya iritasi atau ingrown hair sehabis bercukur, Sob.

 

Cukur Secara Perlahan

Saat mencukur kumis dan jenggot, pastikan Lo melakukannya secara perlahan-lahan. Mencukur kumis dengan gerakan yang cepat dan keras hanya akan meningkatkan risiko munculnya luka pada kulit Lo, Sob. Terlebih, jika di area kulit terdapat jerawat. Jika Lo nggak hati-hati, pisau cukur bisa mengenai jerawat dan membuatnya semakin parah.

 

Bersihkan Pisau Cukur Setelah Digunakan

Setelah selesai mencukur kumis dan jenggot, jangan langsung letakkan pisau atau alat cukur kumis Lo di tempat penyimpanannya. Bersihkan alat cukur kumis terlebih dahulu dengan air dan keringkan menggunakan kain bersih. Memastikan pisau cukur dalam keadaan bersih bertujuan agar alat ini bebas dari kotoran, kuman, maupun bakteri yang bisa membahayakan kesehatan kulit Lo.

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti pisau cukur secara berkala, terutama jika pisau dirasa sudah mulai tumpul.

 

Setelah kumis dan jenggot rapi, berarti saatnya lo gunakan parfum yang nggak cuma sekadar wangi, Sob. Kenalin nih, GATSBY Eau de Blue dengan wangi soft yang terinspirasi dari warna biru untuk semua variannya. Yup, ada tiga varian buat parfum kece yang satu ini, ada varian Earth Code denga kesan soft dan kalem, Skyline Code dengan kesan yang manly abis, serta Air Code dengan kesan smart yang bikin nyaman orang di sekitar. Cobain buruan, Sob!