helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Barista, Penyaji Kopi Profesional Yang Punya Banyak Cerita

14.10.2022
WHAT'S NEW

ARTICLE

Apa yang tergambar dalam benak lo pas dengar kata “barista”? Yup, profesi yang satu ini bisa dibilang emang lagi populer seiring menjamurnya kafe-kafe dan kedai kopi. For your information, barista sebenarnya ternyata adalah seseorang yang mengkhususkan diri dalam membuat dan menyajikan berbagai minuman.

Mereka biasanya bekerja di kedai kopi, toko buku, atau di bar yang menyajikan minuman khusus kopi atau espresso. Selain itu, kebanyakan barista melakukan lebih dari sekadar membuat minuman dengan rasa yang enak. Pada praktiknya, profesi ini juga seringkali membantu mengurus inventaris, menjalankan mesin kasir, dan penyelesaian masalah lainnya, Sob.

 

Lebih Dekat dengan Istilah “Barista”

Barista biasanya dipekerjakan oleh kedai kopi secara khusus. Dan, ini mungkin adalah pengertian barista yang dikenal oleh masyarakat umum di seluruh dunia secara luas. Untuk menjadi seorang barista, Anda harus belajar bagaimana membuat berbagai jenis minuman kopi. Anda mungkin juga perlu sedikit skill artistik.

Sebagian besar kedai kopi khusus menyajikan minuman kopi berdasarkan espresso. Espresso bukanlah biji kopi atau jenis panggang tertentu (yang berarti bagaimana biji tersebut dimasak). Sebaliknya, espresso adalah cara khusus untuk menyeduh kopi.

Meskipun istilah barista secara teknis mengacu pada seseorang yang telah terlatih secara profesional dalam menyiapkan espresso, istilah ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan siapa pun yang memiliki keterampilan yang baik dalam membuat minuman espresso seperti latte dan cappuccino.

 

Asal Kata Barista

Kata barista berasal dari Italia, yang berarti "bartender" yang menyajikan minuman beralkohol dan non-alkohol, termasuk kopi dan minuman espresso. Istilah Italia adalah netral gender bila tunggal, melansir dari thespruceeats.com.

Dalam bahasa Inggris, netral gender bila tunggal atau jamak (baristas), tetapi dalam bahasa Italia, spesifik gender bila jamak, baik maskulin "baristi", yang berarti "barmen" atau "bartenders," atau feminine "bariste," "yang berarti" pelayan bar". Di Amerika Serikat, istilah ini terbatas pada server minuman berbasis kopi dan tidak termasuk server yang menyiapkan dan menyajikan minuman beralkohol.

Jadi, istilah barista adalah kata dalam bahasa Italia yang berarti "bartender". Di Italia, barista menyajikan segala jenis minuman, tidak hanya terbatas pada kopi saja. Namun, di Amerika Serikat dan belahan dunia lainnya, istilah "barista" umumnya hanya digunakan terbatas untuk mereka yang menyajikan minuman khusus kopi.

 

Deskripsi Tugas Seorang Barista

Umumnya, barista yang bekerja di kedai kopi atau kafe yang mengoperasikan mesin espresso komersial (bukan mesin espresso rumahan). Meskipun pekerjaan mereka mungkin terdengar sederhana, mesin espresso komersial memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

Beberapa di antaranya manual dan membutuhkan keterampilan, pelatihan, dan kemampuan yang luar biasa untuk beradaptasi dengan nuansa setiap bets kopi, kondisi cuaca hari itu, preferensi peminum, dan faktor lainnya. Karena barista mengerjakan mesin yang lebih detail, mereka harus mempelajari langkah-langkah rumit dalam menyiapkan espresso.

Selain membuat espresso, barista juga umumnya membuat busa, buih, dan susu uap untuk campuran berbagai macam minuman berbasis espresso dan menyiapkan minuman kopi, seperti French press coffee, pour over coffee, dan drip coffee.

Adalah tugas barista untuk mengetahui perbedaan antara minuman seperti misalnya, Cortado, yang dibuat dengan bagian yang sama dari susu kukus padat dengan espresso, dan Flat White, yang merupakan bagian yang setara dengan susu dan espresso kukus dan bertekstur.

 

Sama kayak kopi sajian barista yang selalu menyegarkan para penikmatnya, ada juga produk dari GATSBY yang selalu siap nyegerin lo dengan cara yang praktis nih, Sob. Coba kenalan dulu sama GATSBY Refresh Spray Icy Lemon. Sesuai dengan namanya, Face refreshing spray dengan icy lemon ini bisa memberikan sensasi segar dan berenergi seperti setelah mencuci muka. Cukup dengan semprot bisa melawan bakteri, kapanpun dan dimanapun lo mau, Sob!