SWIPE

SCROLL

Nggak Nyaman karena Bau Badan Sehabis Main Inline skate? Atasi dengan 4 Cara Alami Ini

04.12.2019
YOUR PASSION

ARTICLE

Photo credit: Unsplash

Inline skate adalah olahraga yang menggunakan sepatu roda dan mengharuskan seluruh tubuh aktif bergerak terutama kaki. Gerakan aktif itu akan membuat tubuh berkeringat. Hal ini bukan menjadi masalah, kecuali jika keringat tersebut menimbulkan bau badan yang luar biasa. Namun tenang saja, badan yang bau setelah berolahraga bisa kamu atasi dengan cara-cara berikut!

Gunakan baju yang nyaman

Baju yang nyaman untuk berolahraga adalah baju yang lentur sehingga nggak menghalangi pergerakan badan. Namun selain lentur, ada beberapa orang yang mengira bahwa baju yang tepat digunakan saat berolahraga adalah baju yang cepat menyerap keringat. Apakah kamu juga salah satu yang mengira demikian?

Faktanya justru sebaliknya. Baju yang tepat untuk berolahraga adalah baju yang bukan cepat menyerap keringat, namun cepat menguapkannya. Saat keringat terserap oleh baju, maka baju akan lembap dan akan memakan waktu yang cukup lama untuk kembali kering. Baju yang lembap ini akan menjadi sarang bakteri sehingga menimbulkan bau badan.

Jadi, jangan salah kaprah, ya! Memang baju yang cepat menyerap keringat lebih nyaman dipakai di kulit, namun ternyata lebih rentan akan bakteri dan bau badan!

Gunakan baju yang fresh

Percuma rasanya menggunakan baju dengan bahan yang tepat, tapi ternyata baju tersebut sudah kamu pakai berulang kali dan belum dicuci. Baju tersebut bisa jadi sarangnya bakteri. Oleh sebab itu, selalu gunakan baju yang bersih dan fresh untuk berolahraga, ya! Nggak mau kan bakteri di badan bercampur dengan bakteri yang sudah berkembang biak di baju yang nggak kamu cuci-cuci itu?

Gunakan kaos kaki anti bakteri

Selain ketiak yang menjadi sarang bakteri penyebab bau badan, kaki juga sering menjadi sumber bau tidak sedap tersebut. Oleh sebab itu, olahraga inline skate membutuhkan sepatu dan kaos kaki yang khusus. Kamu bisa mengganti kaos kaki biasamu dengan kaos kaki anti bakteri yang terbuat dari serat bambu.

Apa keunggulannya dari kaos kaki biasa? Kaos kaki ini terbuat dari serat bambu, bahan yang memang memiliki sifat anti bakteri alami. Sifat ini juga akan terus ada dan tidak akan hilang meskipun kaos kaki telah dicuci berulang kali. Karena sifat anti bakteri ini juga, kaos kaki ini bisa menghilangkan bau akibat bakteri badan. Selain itu, daya serap keringatnya juga lebih hebat dari kaos kaki biasa. Bermain inline skate jadi lebih nyaman juga kan dengan kaos kaki yang nggak becek karena keringat!

Gunakan tisu basah untuk mengelap keringat

Selain mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh bakteri yang bercampur dengan keringat, tisu basah juga memiliki varian wangi yang beragam. Setelah selesai main inline skate, kamu bisa mengelap tubuh dengan tisu basah untuk mengurangi bau di badanmu. Kamu bisa coba mengelap wajah, tangan, kaki, dan juga ketiak. Badanmu bisa lebih bebas dari lengket keringat dan juga lebih wangi.

Dengan mengelap badan menggunakan tisu basah, kamu bisa relatif bersih dan wangi sebelum pulang ke rumah dan kembali membilasnya dengan mandi. Mandi dengan air bersih dan sabun badan anti-bakteri akan mengusir bau badan dan menyegarkan badanmu dengan optimal. Perlu dicatat, dinginkan dulu badanmu sebelum mandi, karena mandi saat badan masih panas dan dalam proses pendinginan tidak baik untuk kesehatan.

 

Sudah nggak ada alasan lagi untuk nggak bergerak aktif dengan inline skate hanya karena takut bau badan. Atasi masalah tersebut dengan empat hal simple di atas!