helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Arti SPF Pada Sunscreen

by
GATSBYCODE
29.06.2024
LIFE GUIDE

ARTICLE

Jadi pertimbangan penting biar nggak salah beli

 

Tinggal di negara tropis membuat sinar matahari terus ada sepanjang hari. Sinar matahari ini mengandung sinar UV yang membahayakan kulit, terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Makanya, kita semua para cowok juga butuh pakai sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV, Sob.

 

 

Saat membeli sunscreen, pasti tertera kandungan SPF dalam kemasan. Produk sunscreen juga menawarkan beragam SPF mulai dari SPF 25, SPF 30, dan SPF 50.

 

Besarnya SPF ini menjadi salah salah satu pertimbangan saat membeli sunscreen yang bagus. Ini karena kandungan SPF penting buat melindungi kulit.

 

Tapi, sebenarnya apa sih SPF itu? Biar nggak bingung, yuk simak dulu gimana pentingnya SPF pada sunscreen.

 

Jadi apa sih arti SPF pada sunscreen?

 

Sun Protection Factor atau SPF adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui pertahanan sunscreen terhadap sinar ultraviolet (sinar UV) dari kulit.

 

Sinar UV ini tidak terlihat oleh mata, Sob. Saat di dalam ruangan pun, sinar UV masih ada karena sinar UV menembus kaca. Apalagi sebagai negara tropis, Indonesia memiliki indeks paparan sinar UV tertinggi, yakni 11 dari skala 1-11 di Asia.

 

Sekarang tahu kan kenapa Indonesia bisa panas banget?

 

Paparan sinar UV terhadap kulit bisa menyebabkan berbagai masalah kulit dan buruknya membuat kulit gosong. Makanya, peran SPF dalam sunscreen sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

 

Memang apa fungsi SPF untuk kulit?

 

Indonesia mendapat paparan sinar matahari secara penuh pada siang hari. Sinar matahari ini mengandung sinar UV yang jika terpapar terlalu lama dapat merusak sel kulit dan menimbulkan berbagai masalah kulit seperti:

  • Kulit terbakar atau sunburn

  • Kulit gosong

  • Bintik hitam

  • Kulit kering

  • Memunculkan tanda penuaan

  • Kanker kulit

 

 

Karena itu, mempertimbangkan kandungan SPF pada sunscreen sangat penting agar kulit terlindungi secara maksimal. Proteksi sunscreen bisa dilihat dari besarnya kandungan SPF.

 

Proteksi ini terlihat dari angka yang tertera pada SPF saat membeli sunscreen. Semakin tinggi angka pada SPF, semakin tinggi juga proteksi yang diberikan pada kulit, Sob.

 

Kayak gini penjelasan proteksi SPF pada sunscreen:

  • SPF 15 memberi proteksi 93% sinar UV

  • SPF 30 memberi proteksi 97% sinar UV

  • SPF 50 memberi proteksi 98% sinar UV

  • SPF 75 memberi proteksi 98%-99% sinar UV

  • SPF 100 memberi proteksi 99% sinar UV

Sayangnya, masih banyak yang menganggap semakin besar angka pada SPF, semakin lama proteksi yang diberikan. Misalnya SPF 15 dapat melindungi kulit dari sinar UV selama 150 menit.

 

Anggapan ini tidak benar karena SPF menunjukkan banyaknya proteksi yang diberikan pada kulit, bukan durasi pemakaian.

 

Berapa SPF yang bagus untuk kulit?

 

Kandungan SPF yang berlebihan pada kulit dapat menghalangi pembentukan vitamin D oleh sinar matahari. Sedangkan, vitamin D juga penting untuk sistem imun tubuh.

 

Karena itu para dermatologis menganjurkan untuk menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan maksimal SPF 50 untuk mengurangi risiko buruk paparan sinar UV.

 

Kunci mendapatkan proteksi maksimal dari sunscreen adalah dengan pakai sunscreen secara berulang.

 

Rekomendasi sunscreen dengan SPF 50

 

Agar kulit terlindungi maksimal dari paparan sinar UV, kamu bisa pakai GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer, nih!

 

Dengan SPF 50+, sunscreen ini pas banget buat temani aktivitasmu di luar ruangan maupun dalam ruangan dan melindungi kulit dari sinar UV.

 

Nggak cuma itu, GATSBY sunscreen dibuat dengan water based formula. Ini bikin teksturnya ringan dan nggak lengket di wajah. 

 

GATSBY sunscreen jadi sunscreen yang bagus buat cowok karena feel-nya ngga bikin panas sehingga tetap nyaman meskipun dipakai beraktivitas seharian.

 

Cara memaksimalkan proteksi SPF pada sunscreen

 

Selain pakai GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer, ada juga cara untuk memaksimalkan proteksi SPF untuk kulit, lho.

 

Agar SPF bekerja maksimal melindungi kulit, kamu harus menggunakan ulang sunscreen setiap 2 jam sekali.

 

Selain itu, proteksi tambahan untuk kulit bisa dilakukan dengan memakai baju lengan panjang atau topi. Jangan terlalu lama berdiri di bawah sinar matahari langsung juga ya Sob!

 

Perhatikan juga cara memakai sunscreen yang benar:

  • Pilih produk sunscreen yang tepat 

Buat cowok, sudah pasti GATSBY sunscreen jadi pilihan tepat karena nggak cuma teksturnya yang ringan, tapi juga bikin kulit lebih cerah.

  • Oleskan sunscreen 30 menit sebelum keluar rumah

Ini karena sunscreen butuh waktu untuk memaksimalkan proteksinya.

  • Gunakan sunscreen dengan takaran yang tepat

Pastikan kamu sudah pakai secara merata dan cukup untuk melindungi kulit.

  • Pakai sunscreen secara merata

Nggak cuma di wajah, kamu juga bisa pakai sunscreen di leher dan telinga biar kulit nggak belang.

  • Ulangi pemakaian tiap 2 jam

Kalau kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa pakai sunscreen setiap 2 jam agar kulitmu terus terlindungi.

 

Sekarang sudah tahu kan apa itu SPF dan fungsinya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV? Yuk, jangan malas-malas pakai sunscreen ya!