helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

7 Kesalahan yang Harus Lo Hindari untuk Menjaga Penampilan

19.09.2019
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Photo credit: Unsplash

Menjaga penampilan sangatlah penting dalam keseharian sebab lo nggak akan pernah tahu kapan dan di mana lo bakal menjumpai momen spesial, dan lo nggak mau penampilan lo merusak semuanya, kan? Banyak cara, tips, dan lifehack merawat penampilan, tapi tanpa lo sadari, beberapa hal yang lo lakukan ternyata justru bisa merusak penampilan.

Bicara soal penampilan, baik cowok maupun cewek punya “seninya” sendiri. Anggapan bahwa cewek lebih lama dalam berdandan kini sudah nggak berlaku. Cowok sekarang pun sudah memberikan atensi lebih dalam menjaga penampilan agar terlihat menarik. Anggapan bahwa cewek lebih mengerti soal menjaga penampilan ketimbang cowok juga sudah basi. Baik cewek dan cowok sering kali luput dan melakukan kesalahan-kesalahan menjaga penampilan yang seharusnya dihindari, seperti ulasan berikut ini:

Pakaian kusut

Pakaian kusut adalah kesalahan yang paling fatal karena impresi pertama seseorang biasanya adalah dengan melihat pakaian. Sebelum lo mengenakan pakaian, pastikan pakaian lo nggak kusut. Penyebab pakaian kusut itu bisa macam-macam, bisa karena nggak cocok sama deterjen yang lo pakai, cara mencuci yang salah, dan yang pasti karena malas menyetrika.

Kuku kotor/nggak dipotong

Kesalahan ini masih banyak ditemukan, padahal efeknya nggak sembarangan. Orang yang berhadapan sama lo bakal merasa kalau lo jorok dan nggak bisa menjaga penampilan. Buat cowok, memiliki kuku panjang juga bisa membuat lawan bicara menjadi ilfeel sekali pun dalam kondisi bersih. Oleh karena itu, selalu cek secara berkala setidaknya satu kali seminggu untuk memastikan kuku lo rapi.

Kebersihan gigi

Menjaga penampilan nggak melulu soal outfit dari atas sampai bawah, Sob. Merawat kebersihan gigi juga sama pentingnya, terutama buat lo yang suka tampil di depan publik dan sering bertemu banyak orang. Selalu gunakan obat kumur mulut dan sedia permen segar. Hindari makanan yang menyisakan bau menyengat atau meninggalkan plak di gigi.

Parfum berlebihan

Niatnya biar wangi, tapi orang-orang malah tambah males deket-deket sama lo? Ada dua kemungkinan, either lo salah pake parfum atau karena parfum lo kebanyakan. Menggunakan parfum dan cologne atau deodoran yang wanginya 'saling kejar-kejaran' juga harus lo hindari. Hakikat minyak wangi atau parfum adalah meningkatkan aroma alami saja, bukannya bikin hidung orang-orang malah sakit karena bau yang berlebihan.

Rambut wajah berantakan

Banyak yang salah kaprah, nih, terutama buat cowok yang suka banget memelihara jenggot, kumis, dan jambang. Memiliki rambut wajah nggak ada salahnya, bahkan bisa mendongkrak penampilan kalau dirawat dengan rapi dan tepat. Membiarkan rambut wajah tumbuh begitu saja bisa membuat wajah lo malah nggak enak dipandang. So, perhatikan betul-betul ya kerapian di area wajah.

Bau kaki

Bau kaki menjadi momok menakutkan buat lo yang gampang berkeringat, terutama di bagian telapak kaki. Sama seperti menjaga kebersihan gigi/bau mulut, bau kaki juga bisa menghancurkan impresi positif orang-orang akan penampilan lo. Nggak mau, kan, orang jadi males deketan sama lo hanya karena bau kaki yang sangat menyengat?

Dalaman terlihat

Ini adalah salah satu hal paling memalukan saat sedang berada di tengah kerumunan atau saat sedang berada di acara formal. Agar terhindar dari kesalahan ini, jangan gunakan atasan yang transparan, dan hindari juga warna dalaman yang mencolok, kecuali memang desainnya dibuat agar terlihat sedemikian rupa.

 

Itu dia kesalahan-kesalahan yang harus lo hindari untuk menjaga penampilan lo tetap maksimal. Jangan pernah malas untuk lebih memperhatikan detail-detail, tapi nggak perlu berlebihan juga. Ingat, penampilan terbaik adalah yang bikin lo nyaman, Sob!