helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

7 Inspirasi Topik Podcast yang Menarik untuk Lo Coba

27.07.2021
YOUR PASSION

ARTICLE

Photo credit: Picpedia

 

Saat mau memulai podcast sendiri, kadang yang bikin sebagian besar orang tertahan adalah kehabisan topik. Salah memilih topik yang nggak lo banget atau kurang lo kuasai akan mempersulit lo untuk menggarap episode-episode berikutnya. Apalagi banyaknya kompetitor di dunia podcast, lo harus bisa memilih topik podcast yang menarik.

 

Untuk membantu lo, di dalam artikel ini sudah dirangkum beberapa topik podcast yang menarik. Topik-topik ini selalu laris manis dan dinikmati pendengar. Kalau ada topik yang lo rasa cocok dan relevan dengan lo, bisa banget lo coba, Sob!

 

Cerita misteri

Penikmat cerita misteri atau kisah-kisah horor memang sangat banyak, mulai dari film, serial, buku, dan sekarang podcast. Suasana menakutkan dan mencekam dihadirkan melalui media audio. Jelas akan menjadi pengalaman yang benar-benar baru dan seru.

 

Buat lo yang punya banyak pengalaman mistis, atau paling nggak juga suka dengan cerita-cerita misteri, topik ini bisa jadi opsi. Nggak harus menceritakan pengalaman lo sendiri, lo bisa saja menceritakan kisah orang lain yang diceritakan ke lo atau mengolah cerita horor yang dikirimkan pendengar ke lo. Bisa juga lo undang langsung narasumbernya yang mengalami kejadian horor untuk berbagi cerita.

 

Motivasi dan inspirasi

Terkesan agak berat, tetapi topik podcast yang menarik ini cukup banyak peminatnya. Selama lo tahu bagaimana cara meramu kata-kata motivasi dan inspirasi dengan cara penyampaian yang lebih asik dan ringan, para pendengar pun akan terbantu dengan konten podcast lo ini. Dengan begini, lo bisa menyampaikan pesan lo dengan menjangkau audiens yang lebih banyak juga.

 

Olahraga

Siapa bilang topik olahraga nggak bisa digarap jadi podcast? Justru banyak hal seputar olahraga yang bisa lo bahas dengan podcast. Apalagi peminat olahraga sendiri ada sangat banyak. Lo bahkan masih bisa memilih lebih spesifik topik olahraga seperti apa yang mau lo bahas, entah itu sepak bola, basket, badminton, atau sepedaan yang lagi ngetren banget.

 

QnA dengan bintang tamu

Konsep QnA dengan gaya talkshow juga bisa lo coba. Ini bisa lo lakukan dengan mengundang beberapa bintang tamu ke podcast lo. Beragam pertanyaan dari yang serius sampai yang konyol bisa lo lontarkan ke bintang tamu, tentunya dengan persetujuan di belakang layar terlebih dahulu. Pertanyaan-pertanyaan ini juga bisa lo dapatkan dari beberapa pendengar lo melalui interaksi di media sosial, Sob.

 

Untuk bintang tamu, lo bisa sesuaikan juga dengan topik per episode yang mau lo bawakan. Biar lebih relevan juga nantinya. Kalau memungkinkan, lo bahkan bisa mengundang atau berkolaborasi dengan beberapa orang terkenal atau influencer di daerah tempat lo tinggal.

 

Tips yang edukatif

Topik podcast yang menarik lainnya adalah tips-tips edukatif dan informatif. Ini bisa jadi pilihan lo banget, terutama kalau lo adalah seorang ahli atau sudah menguasai bidang tertentu. Dengan posisi tersebut, lo jadi bisa berbagi informasi, tips, dan edukasi lainnya ke audiens lo. Ini bisa lo lakukan dengan bahasa yang santai dan mudah dimengerti. Contoh, kalau lo adalah seorang mahasiswa Psikologi, lo bisa banget berbagi tentang topik seputar mental health, Sob.

 

Komedi ngalor ngidul

Dari sekian banyak topik podcast yang menarik, konten-konten bernuansa komedi selalu jadi favorit para pendengar. Topik yang dibahas pun biasanya random dan mengikuti tren yang ada. Namun, hal yang membuat podcast ini seru didengar adalah banyolan dan comedic timing yang mengocok perut. Lo yang hobi bercanda dan punya selera humor yang bagus bisa coba membuat podcast dengan pendekatan ini.

 

Percintaan

Terakhir, topik yang nggak ada matinya. Apa lagi kalau bukan percintaan! Selalu ada saja cerita dan masalah yang bisa lo bahas, mulai dari pengalaman-pengalaman pribadi sampai berbagi beberapa pengalaman dengan guest yang lo undang atau pendengar.

 

Tema asmara selalu bisa digali lebih dalam dan jadi topik podcast yang menarik untuk lo coba. Lo bisa memberikan tips-tips untuk mengatasi beberapa masalah dalam hubungan percintaan. Terlebih kalau lo tipe pendengar yang baik dan jago kasih saran yang ngena tetapi nggak bikin sakit hati.

 

Kalau topik podcast yang menarik sudah lo dapat, berikutnya lo hanya perlu rekaman saja, Sob. Pastikan lo sudah memakai Gatsby Cooling Face Wash (Triple Porefection)sebelum rekaman, ya. Nggak enak kalau lagi rekaman dan tiba-tiba wajah terasa gatal, gerah, dan berminyak. Dengan face wash dari Gatsby ini, wajah jadi lebih bersih dan terasa segar. Lo jadi lebih bersemangat juga saat menggarap podcast.