helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

6 Tips Merawat Motor saat Musim Hujan

17.01.2020
LIFE GUIDE

ARTICLE

Foto: unsplash.com

 

Sebagai negara yang hanya punya 2 musim, Indonesia tiap tahunnya dihampiri oleh musim hujan dengan hujan yang sangat lebat. Musim ini biasanya menjadi musim yang cukup menantang buat orang-orang yang  berkendara menggunakan sepeda motor. Selain menantang bagi kesehatan pengendara, hujan juga menantang bagi kesehatan sepeda motor  juga. Nah, biar kendaraan lo tiap harinya bisa terjaga kesehatannya, rawat dengan tips berikut, ya, Sob!

 

Cuci  motor setelah kehujanan

Mencuci motor saat musim hujan biasanya dihindari banyak orang. Hal ini karena saat motor kehujanan hari ini, besoknya biasanya akan kehujanan lagi. Dengan alasan besok akan kotor lagi, mencuci motor setelah kehujanan pun dihindari banyak orang. Apa lo juga salah satunya, Sob? Padahal, mencuci motor setelah motor dipakai untuk menerobos hujan sangat penting dilakukan demi menjaga agar motor lo tetap berfungsi dengan baik.

Air hujan mengandung asam dan kandungan asam dalam air hujan ini bisa mempercepat proses korosi pada bagian-bagian motor, terutama yang terbuat dari besi. Jika banyak bagian motor lo yang memasuki proses korosi alias berkarat, motor lo bisa cepat rusak. Oleh karena itu, hindari membiarkan motor setelah kehujanan. Selain kandungan asam dalam air hujan, motor setelah kehujanan juga membuat  badan motor penuh lumpur.

 

Cek kelistrikan motor

Setelah digunakan menerobos hujan, kelistrikan motor lebih rawan terkena air hujan. Oleh karena itu, sebaiknya lo cek kelistrikan sepeda motor lo agar bisa mencegah kerusakan yang mungkin terjadi. Cek kembali kabel-kabel motor apakah ada yang terkelupas. Jangan biarkan air meresap masuk di sela-sela bagian kelistrikan motor. Bersihkan bagian sela-sela motor dan keringkan agar bisa menghindari konslet yang tentunya bisa menganggu performa motor lo nantinya.

 

Cek kondisi ban

Tekanan ban sangat penting untuk lo perhatikan saat berkendara pada musim hujan. Saat menerobos  banjir, ban motor akan bekerja berkali-kali lipat lebih berat. Hal ini tentunya akan mempengaruhi performa ban motor. Pastikan tekanan angin ban motor lo cukup sebelum motor lo gunakan untuk menerjang hujan lagi pada keesokan hari.

Mengecek kondisi ban nggak hanya sekadar mengecek tekanan anginnya aja, Sob. Lo juga perlu mengecek kondisi  karet ban itu sendiri. Apakah karet ban masih tebal atau sudah tipis? Jika  karet ban sudah tipis, lo perlu mengganti ban motor lo karena karet ban yang tipis bisa membuat laju motor lo licin. Nah, ban  motor yang licin saat melaju di jalan berpotensi lebih tinggi untuk terpeleset, apalagi saat basah terkena hujan, jalan akan menjadi lebih licin.

 

Cek kondisi rem

Jalan akan menjadi lebih licin saat musim hujan. Selain memastikan ban motor dalam kondisi prima, lo juga harus memastikan rem motor lo bisa berfungsi dengan baik. Lakukan pengecekan rem secara berkala. Motor yang digunakan untuk menerjang hujan, terlebih banjir, akan mempunyai banyak kotoran yang menempel pada  kanvas rem, terutama bagian cakramnya. Jika kotoran-kotoran yang menempel tersebut lo biarkan, kinerja rem motor lo bisa menurun.

 

Cek rantai motor

Selain cakram rem motor yang berpotensi kotor setelah motor digunakan untuk menerjang hujan dan banjir, bagian motor satu ini juga berpotensi kotor karena posisinya yang ada di bawah. Lumpur hingga dedaunan biasanya bisa menempel pada rantai motor sehingga jika nggak lo bersihkan dengan sempurna, pasti akan menganggu performa motor lo nantinya. Rantai cukup lo bersihkan dengan air dan setelahnya bisa lo beri pelumas.

 

Cek kondisi busi

Bagian motor satu ini bisa dibilang merupakan jantungnya motor. Apalagi saat lo gunakan motor lo menerobos hujan dan banjir, busi menjadi komponen paling vital. Lo perlu mengecek kondisi busi setelah motor lo gunakan untuk menerobos hujan, khususnya banjir dengan air yang cukup tinggi. Tiup busi agar bersih dari kotoran. Jika busi lo basah terkena air, maka lap busi hingga kering. Untuk menjaga busi dan performa motor lo, sebaiknya lo menghindari menerobos banjir dengan air yang tinggi.

 

Meskipun memakan waktu, membersihkan motor setelah lo gunakan menerobos hujan dan banjir penting banget. Seluruh hal di atas perlu lo lakukan agar performa lo bisa tetap terjaga pada musim hujan. Kalau sudah kece dengan berbagai produk Gatsby, tentu lo nggak mau kan, motor lo bermasalah?