helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

6 Peralatan Wajib Kalau Lo Mau Bikin Podcast

27.07.2021
YOUR PASSION

ARTICLE

Photo credit: Picpedia

 

Berniat bikin podcast? Sebelum memulai, salah satu hal yang perlu lo siapkan adalah peralatannya. Ada beberapa item yang perlu lo miliki untuk menjamin lo bisa memproduksi podcast dengan kualitas yang bagus. Kenapa perlu memperhatikan kualitas podcast? Ini karena audiens lo akan lebih menikmati podcast dengan audio yang clean dan enak didengar, Sob. Nah, ini ada beberapa alat yang perlu lo punya sebelum bikin podcast. Ini bahasan selengkapnya!

 

Laptop

Kalau lo nggak punya Personal Computer (PC), lo bisa beli laptop yang lebih fleksibel dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Kenapa lo bakal perlu laptop? Materi suara yang nantinya direkam ujung-ujungnya akan diolah dan di-edit juga dengan menggunakan laptop ini.

 

Tenang saja, laptop yang lo butuhkan nggak memerlukan spesifikasi yang terlalu tinggi. Selama memiliki RAM yang cukup untuk mengakses program editing suara, maka sudah bisa lo pakai untuk bikin podcast. Laptop ini nantinya juga bakal lo butuhkan untuk mengunggah episode baru dan mendesain cover episode juga, lho.

 

Mikrofon

Setelah laptop, untuk bikin podcast lo bakal butuh mikrofon juga untuk merekam suara dengan kualitas yang lebih baik. Mengingat podcast adalah medium yang berbasis suara, jadi lo harus bisa mengoptimalkan kualitas suara itu sendiri. Salah satu caranya dengan memakai mikrofon yang bagus dan bukan pakai headset saja.

 

Podcasting sekarang sudah cukup ngetren dan menjamur. Jadi, nggak heran juga kalau ada banyak merek dan tipe mikrofon yang beredar di pasaran sekarang. Spesifikasi dan harganya pun beragam. Nah, lo bisa banget menyesuaikan pilihan mikrofon dengan budget, Sob. Kalau bisa, beli mikrofon di toko yang punya fasilitas pengembalian barang gratis biar lo bisa coba-coba dulu mana mikrofon yang pas dengan lo.

 

Headphone

Alat berikutnya yang juga nggak kalah penting adalah headphone. Headphone jadi alat yang penting saat bikin podcast dengan bintang tamu. Saat lo menggunakan headphone, lo bisa mendengarkan suara lawan bicara lo dengan lebih jelas. Kalau sudah begini, dijamin komunikasi dan tek-tokan selama merekam podcast pun bisa berjalan dengan lancar.

 

Selain itu, lo bakal butuh headphone selama proses editing audio. Tujuannya biar lo bisa lebih fokus mendengarkan percakapan, perkataan, dan menilai kualitas suara atau audio yang sedang lo edit. Alhasil, begitu sudah selesai, podcast lo juga jadi lebih berkualitas.

 

Pop filter

Kalau ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih jernih dan bisa mempermudah lo saat editing nanti, lo bakal butuh pop filter. Buat beberapa orang yang pernah berkecimpung di dunia rekaman suara, alat yang satu ini pasti sudah nggak asing lagi. Fungsinya untuk menyaring noise atau suara-suara yang tidak penting saat rekaman. Memakai pop filter bakal bikin suara lo terdengar lebih bening tanpa ada gangguan white noise di balik suara lo. Intinya, kualitas suara lo juga jadi terdengar lebih “premium,” Sob!

 

Perekam XLR Portable

Sudah sempat dibahas kalau lo perlu mikrofon untuk rekaman suara. Lo bisa pakai mikrofon apa saja, termasuk salah satunya mikrofon analog untuk bikin podcast. Kalau lo berencana pakai mikrofon analog, berarti lo bakal butuh perekam XLR Portable juga.

 

Alat ini yang akan membantu lo untuk mengkonversi rekaman analog menjadi digital. Kalau sudah menjadi versi digital, tentunya akan lebih memudahkan lo dalam proses transfer ke laptop dan editing.

 

Digital audio workstation

Last but not least, ada satu hal lagi yang perlu lo punya, yakni Digital Audio Workstation (DAW). DAW ini adalah software untuk mastering, rekaman, mixing, dan melakukan editing. Singkat kata, DAW ini adalah aplikasi yang lo butuhin kalau mau bikin podcast yang berkualitas.

 

Lo butuh membayar USD300 hingga USD900 untuk bisa memakai DAW ini. Walau mahal, kualitas software ini memang yang terbaik. Jadi, worth it banget untuk lo pakai bikin podcast. Apalagi kalau niat lo bikin podcast cukup serius.

 

Nah, selain menyiapkan beberapa peralatan di atas untuk bikin podcast, jangan lupa juga siapkan akun dan hosting untuk mengunggah podcast lo ke layanan streaming seperti Spotify. Selain ke Spotify, lo juga bisa upload rekaman visual podcast lo ke YouTube supaya audiensnya lebih banyak. Biar penampilan lo semakin keren, gunakan Gatsby Water Gloss Soft untuk gaya rambut yang lebih rapi dan pastinya keren banget.