helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

6 Pedoman Hidup Supaya Bisa Jadi Pengusaha Muda yang Sukses

22.03.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo by StartupStockPhotos from Pixabay.

 

Menjadi pengusaha muda yang sukses di zaman seperti sekarang sudah bukan hanya mimpi semata. Seiring berjalannya waktu, peluang usaha pun semakin banyak dan variatif. Hal-hal yang dulunya nggak pernah terpikirkan buat dijadikan bisnis, sekarang bisa jadi bisnis sukses. Nah, buat lo yang tertarik buat jadi pengusaha muda yang sukses, ini dia beberapa life guide yang bisa diikuti.

 

Banyak belajar dari orang lain

Nggak semua pengetahuan soal bisnis berupa teori. Bahkan, pelajaran yang berharga kebanyakan justru berasal dari pengalaman. Buat lo yang benar-benar newbie dalam dunia bisnis dan nggak punya pengalaman bisnis sama sekali, nggak perlu berkecil hati. Lo bisa belajar dari pengalaman orang lain.

 

Pelajari pengalaman para pengusaha muda yang sukses lainnya. Cari tahu seperti apa kebiasaan mereka hingga trik mereka dalam menghadapi risiko kerugian. Pilah mana yang kira-kira cocok untuk lo terapkan. Lo juga bisa coba untuk join komunitas bisnis agar wawasan seputar dunia bisnis semakin terbuka.

 

Jiwa menantang yang siap hadapi risiko

Apapun jenis usaha yang bakal lo jalani nanti, pasti punya risiko. Nggak akan pernah ada bisnis yang bebas risiko 100%. Risiko itu pasti, jadi hal yang bisa lo lakukan adalah meminimalisir risiko itu. Dari pengalaman pengusaha muda yang sudah sukses, lo bisa mengulik apa saja risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

 

Coba buat plan untuk menghadapi risiko tersebut. Jangan lupa juga untuk membuat plan cadangan jika plan utama belum berhasil. Persiapkan juga mental lo. Jangan mudah putus asa. Setiap bisnis pasti punya ups and downs masing-masing.

 

Bangun ide bisnis yang bisa bantu banyak orang

Masih bingung dengan ide bisnis seperti apa yang ingin dijalankan? Coba perhatikan sekeliling, pasti ada beberapa masalah atau concerns yang belum terselesaikan. Cari solusi dari masalah tersebut. Nah, lo bisa berangkat dari sana untuk mendapat ide bisnis unggulan.

 

Misal, di masa pandemi, semua orang diharuskan untuk menjaga kebersihan rumah agar virus tidak menular. Namun, nggak semua orang bisa rutin menjaga kebersihan rumahnya. Di sini, lo bisa menawarkan jasa kebersihan dengan disinfektan. Saat bisnis semakin besar, lo bisa mempekerjakan lebih banyak orang. Asal lo jeli, ide bisnis sebenarnya ada di mana-mana. Tanamkan dalam pikiran bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa bantu banyak orang.

 

Mulai rencanakan keuangan dari sekarang

Bisa dibilang keuangan adalah poin terpenting dalam menjalankan usaha. Untuk bisa membangun bisnis, lo jelas butuh modal. Agar bisnis bisa terus berjalan, lo harus bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran. Jelas, semuanya berhubungan dengan keuangan.

 

Untuk itu, kalau lo memang ingin jadi pengusaha muda, rencanakan keuangan bisnis dari sekarang. Coba untuk mulai belajar soal pembukuan dan manajemen keuangan usaha. Belajar dari para pengusaha sukses bagaimana cara mereka mengelola keuangan bisnis mereka.

 

Cari rekan kerja tepercaya

Membangun bisnis yang sukses akan sulit dilakukan sendirian. Terutama kalau lo belum punya pengalaman dan pengetahuan yang cukup soal bisnis. Solusinya, carilah rekan kerja yang bisa lo percaya dan memang bisa diajak berbisnis. Nggak ada salahnya mengajak teman atau saudara untuk bisnis bareng. Dengan syarat, lo bisa memisahkan antara bisnis dengan kehidupan di luar bisnis.

 

Setelah menemukan rekan kerja tepercaya, lo bisa membuat planning yang lebih detail soal bisnismu nanti. Ajak rekan kerja untuk rutin berdiskusi dan membuat langkah nyata biar rencana bisnismu bukan sekadar jadi mimpi.

 

Fokus, proaktif, dan percaya diri

Lima poin yang disebutkan di atas tidak akan ada artinya kalau lo sendiri belum siap jadi pengusaha. Kuncinya ada pada diri lo sendiri. Jika sudah menentukan tujuan untuk menjalankan suatu bidang usaha, fokuslah pada hal tersebut. Jangan mudah goyah dan tergoda hal lain. Selain itu, lo juga harus proaktif. Selalu lakukan langkah nyata untuk mewujudkan impian lo jadi pengusaha muda yang sukses. Ide hanya akan jadi mimpi tanpa ada usaha untuk mewujudkannya.

 

Terakhir, selalu tanamkan sifat percaya diri. Jangan mudah merasa rendah diri saat menjalankan bisnis. Sifat percaya diri akan bantu lo untuk tegas dalam mengambil keputusan-keputusan sulit di masa mendatang.

 

Nah, itu dia pedoman hidup supaya bisa jadi pengusaha muda yang sukses. Ingat, Sob, pengusaha sukses juga harus memperhatikan penampilan. Sempurnakan penampilan dengan Gatsby Styling Pomade untuk tampilan rambut yang keren namun tetap profesional dan semprotkan Gatsby Street Club Perfume Body Spray dengan wangi yang berkelas dan penuh karakter, dijamin membuat lo semakin tampil percaya diri!