helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

6 Jenis Konten yang Selalu Dicari Netizen Indonesia

26.04.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Freepik

 

Di tahun 2021 ini, pengguna internet di Indonesia sudah menyentuh angka 202,6 juta jiwa, Sob. Jumlah yang sangat besar ini menunjukkan besarnya minat netizen Indonesia terhadap konten-konten yang beredar. Saking besarnya, minat itu juga melahirkan pekerjaan baru, yaitu content creator yang mengunggah karyanya di berbagai media sosial, seperti YouTube, Instagram, hingga Facebook.

 

Nah, kalau lo mau menjadi content creator yang sukses, lo harus pintar dalam memilih jenis konten yang tepat untuk disuguhkan kepada viewers. Dari banyaknya jenis konten yang bisa lo buat, ada beberapa di antaranya yang sangat direkomendasikan karena selalu dicari oleh netizen Indonesia. Apa saja itu?

 

Postingan blog

Jenis konten pertama yang selalu dicari oleh netizen Indonesia adalah postingan blog. Ini nggak mengherankan karena semua orang butuh informasi dan cara paling gampang untuk mendapatkannya adalah dengan searching di mesin pencari. Bagi bisnis atau brand, postingan blog bermanfaat dalam menjawab pertanyaan audiens.

 

Jadi, kalau lo mau membuat konten yang selalu dicari oleh netizen Indonesia, postingan blog bisa jadi pilihan pertama. Pastikan saja postingan blog yang lo bikin berkualitas, punya headline menarik, format yang menyenangkan untuk dibaca, dioptimalkan untuk mesin pencari, sreta menggunakan CTA (call to action) yang jelas dan dapat ditindaklanjuti.

 

Giveaway dan lomba seru

Lo bisa bikin ide giveaway yang menarik dan mengundang banyak interaksi. Selain giveaway, mengadakan lomba seru juga bisa jadi opsi. Kalau lo punya produk atau brand, lo bisa bikin giveaway produk yang lo produksi. Kalau lo YouTuber misalnya, lo bisa giveaway uang tunai untuk merayakan jumlah subscribers tertentu.

 

Selain itu, lo juga bisa mengadakan lomba seru seperti lomba fotografi atau video unik yang sesuai dengan bidang lo. Lewat konten ini, jangkauan audiens lo bakal lebih luas dan potensi mendapatkan follower atau subscribers baru juga akan semakin besar.

 

Livestream

Livestream adalah jenis konten lainnya yang juga sangat digemari netizen Indonesia. Umumnya, kebanyakan orang melakukan livestream untuk sharing aktivitas sehari-hari, traveling, kuliner, dan ngobrol online dengan pakar.

 

Kalo lo sedang mengadakan sebuah event, lo bisa membagikannya di media sosial lewat livestream. Dengan begitu, orang bakal tahu bahwa kegiatan tersebut masih sangat baru dan sedang berlangsung, serta mengundang lebih banyak orang untuk berpartisipasi.

 

Podcast

 

Sedang naik daun, podcast menjadi jenis konten yang selalu dicari netizen Indonesia selanjutnya. Platform yang oleh sebagian orang disebut sebagai radio baru ini sangat populer, sehingga bisa lo manfaatkan untuk menarik lebih banyak audiens.

 

Kepopuleran podcast tentu bukan tanpa alasan, Sob. Kalau dibandingkan dengan konten televisi atau radio, sumber daya manusia yang diperlukan podcast jauh lebih kecil. Dilihat dari segi biaya, podcast juga gampang banget dibuat, lo cukup punya alat rekam dan internet.

 

Bisa didengar hampir di semua lokasi, podcast juga punya kelebihan dari segi gaya. Kontennya lebih santai, kasual, dan nggak ribet. Gaya ini pastinya cocok banget untuk sebagian besar pendengar podcast yang adalah anak muda.

 

Tutorial

Lo pasti pernah mencari konten tutorial di YouTube, nih. Jenis konten ini memang populer banget karena sangat informatif. Selain memberikan hal bermanfaat buat viewers, lo juga bisa menyelipkan sedikit promosi tentang apapun yang lo mau, bisa produk, jasa, atau brand. Bahkan, 30% orang yang menggunakan Youtube mencari video tutorial, lho. Jumlah ini pun meningkat pesat setiap tahun.

 

Oleh brand, video tutorial kerap dipakai untuk mengajarkan calon pelanggan tentang produk dan layanan yang ditawarkan. Kontennya bisa berupa penjelasan sederhana, seperti tentang cara merakit produk atau mendemonstrasikan bagaimana produk mereka lebih unggul dari pesaing.

 

Daily vlog

Nah, jenis konten terakhir yang juga disukai oleh netizen Indonesia adalah daily vlog. Seperti namanya, video ini umumnya membahas kegiatan pribadi, seperti aktivitas yang dilakukan seharian tanpa tema spesifik. Meskipun simple dan mungkin nggak seinformatif jenis konten lain yang membahas poin tertentu, jenis konten ini populer karena kelebihannya sendiri. Bagi YouTubers yang sudah punya basis audiens misalnya, daily vlog bisa membuat mereka merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari kehidupan YouTuber dan sebaliknya.

 

Saat YouTuber menunjukkan cuplikan kehidupan mereka kepada viewers, mereka membangun connection yang lebih dalam dengan viewers. Nggak mengherankan kalau daily vlog jadi sepopuler sekarang.

 

Jadi, lo tertarik bikin jenis konten yang mana, nih? Apapun konten yang mau lo buat, jangan lupa untuk pakai Gatsby Styling Pomade dengan 6 varian yang anti lengket dan cocok untuk segala gaya rambut yang ingin lo buat. Rambut lo tetap tertata rapi dan tampilan lo semakin ganteng saat lagi action di depan kamera.