SWIPE

SCROLL

6 Gaya Busana dari Tahun 90-an yang Bisa Lo Coba Buat Tampil Vintage

20.09.2019
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Photo Credit: Unsplash

 

Vintage fashion emang ngga ada matinya dan selalu memiliki penggemarnya dari masa ke masa. Alih-alih membuat lo terlihat kuno dan outdated, gaya busana retro ala 90-an jika dipadupadankan dengan tepat, justru bisa bikin lo tampil kece di tengah arus mainstream. Nyaris sama seperti era 60-an akhir dan 70-an awal, gaya busana tahun 90-an identik dengan tampilan sporty.

Fasshion 90-an juga diramaikan dengan paduan flanel dan dalaman t-shirt. Saat itu, beberapa genre musik tertentu seperti grunge dan alternative rock semakin melambungkan desain simpel kemeja flanel berukuran besar yang menampilkan kesan urakan, namun tetap berkelas. Kira-kira gaya busana khas 90-an apa aja yang bisa lo pakai sekarang buat tampil vintage?

 

Jaket bomber dan baseball

Ada dua jenis jaket yang jadi primadona di tahun 90-an, dan lo mungkin masih menyimpan di lemari. Pertama ada jaket bomber. Jaket ini biasanya dikombinasikan dengan t-shirt berpotongan fit. Lalu, kedua ada jaket baseball, yang berperan penting dalam meramaikan gaya busana 90-an. Meski secara model hampir mirip dengan jaket bomber, jaket baseball punya keunikan tersendiri. Memakai jaket baseball bisa membuat si pemakai terlihat enerjik dan lebih muda daripada jaket bomber.

 

Canadian tuxedo

Gaya busana ini bener-bener everlasting banget, Sob. Memainkan denim, baik untuk atasan maupun bawahan, selalu cocok buat cowok atau pun cewek, tua, muda, dan nggak peduli sama warna kulit lo. Gaya Canadian tuxedo sangat fleksibel dan bisa nunjukkin kesan vintage dengan balutan berbau modern kalau lo nggak mau retro-retro amat.

 

Jaket retro

Kalau lo nggak mau ribet dan mendewakan kepraktisan, lo bisa coba pakai jaket berbahan parasut dengan warna-warni yang cerah dan tabrakan. Nyari jaket retro nggak susah, kok. Banyak brand besar seperti Adidas, Nike, Ellesse, sampai Fila biasanya punya stok melimpah karena memang jaket model ini lumayan diminati orang banyak.

 

Kaos Stripes

Lo tau Gary Lightbody, vokalis dan gitaris band Irlandia-Skotlandia Snow Patrol? Nah, cowok satu ini terkenal bukan cuma gaya nyanyinya saja, lho, tapi juga kebiasaan Gary yang lebih suka tampil :ala kadarnya” saat manggung. Nggak jarang, ia mengenakan kaos round-neck dengan motif garis, baik itu vertikal maupun horisontal. Biar lo makin terlihat vintage, tinggal masukin aja kaosnya ke celana. Celana panjang atau pendek cocok-cocok aja, kok!

 

Overall Denim

Di Indonesia, gaya busana ini lebih dikenal dengan nama baju kodok. Nah, baju kodok ini banyak dipakai oleh orang-orang Amerika yang tinggal di pedesaan. Pernah denger istilah redneck, kan? Nah, kurang lebih seperti itu. Tapi, lo bisa nge-mix dengan dalaman kaos dan juga sneakers supaya tampilan lo nggak redneck banget.

 

Kemeja flanel atau button down

Seperti sudah disebutkan di atas tadi, kemeja flanel selalu punya pasarnya sendiri dari masa ke masa. Sama seperti jeans denim, kemeja flanel selalu bisa menampilkan kesan vintage. Selain flanel, ada juga kemeja button down. Yang satu ini sedikit berbeda, Sob. Kalau flanel identik dengan kesan urakan, nah kalau kemeja button down justru menampilkan sebaliknya, yaitu rapi, necis, klimis. Namun, kekuatan vintage yang terlihat membuat gaya lo bakal keren abis.

 

Busana khas 90-an sepertinya bakal selalu timeless, ya, Sob. Walaupun eranya sudah berlalu, buktinya sampai sekarang busana khas 90-an masih banyak dipakai, terutama busana-busana yang disebutkan di atas. Dari daftar tersebut, mana yang sampai sekarang masih lo pakai, Sob?