helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

6 Cara Berpakaian Smart Casual Pria Buat Pebisnis Muda

22.03.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Photo credit: Pexels

 

Gaya smart casual pria belakangan ini mulai dipopulerkan. Kaum Adam memang lebih mementingkan sisi kenyamanan dalam berpakaian. Tak heran banyak pria yang lebih suka mengenakan kaos polos dan celana jeans. Namun, lama-lama gaya berpakaian seperti ini malah jadi membosankan.

 

Kenapa nggak sesekali mencoba gaya smart casual yang nyaman namun terkesan lebih profesional? Cara berpakaian smart casual ini pun nyatanya sering digunakan oleh para pebisnis muda! Seperti apa cara berpakaian smart casual pria buat para pebisnis muda? Berikut panduannya!

 

Rumus berpakaian smart casual

Gaya berpakaian ini memadukan dua gaya berpakaian sekaligus, yakni casual dan smart. Gaya berpakaian casual bisa lo terapkan dengan memakai jaket bomber, kaos, jeans dan sneakers. Di sisi lain, gaya berpakaian smart terlihat lebih formal dan kaku, yakni meliputi penggunaan kemeja, blazer, celana chinos, dan sepatu loafers.

 

Nah, gaya berpakaian smart casual pria ini menggabungkan aspek-aspek terbaik dari keduanya. Contohnya, memadukan kaos dengan blazer berbahan linen yang sangat nyaman dan super adem, namun tampilan tetap terlihat rapi. Bisa juga dimodifikasi dengan mengganti celana jeans menjadi celana chinos yang masih sama-sama nyaman namun meningkatkan kesan formal.


Blazer untuk meeting

Berbicara pakaian formal, kebanyakan pria hanya mengandalkan kemeja lengan panjang saja. Coba untuk melengkapi kemeja dengan blazer sekali-kali, Sob! Setidaknya, miliki satu hingga tiga blazer dengan warna atau bahan yang berbeda. Blazer ini bisa digunakan untuk meeting internal atau saat bertemu dengan klien. Lo juga bisa memadu padankan blazer dengan kaos putih polos serta sneakers atau sepatu kulit, tergantung selera. Jadi, lo tetap bisa nyaman dan terselamatkan lewat kehadiran blazer jika sewaktu-waktu lo lagi terburu-buru.

 

Pilih chinos ketimbang celana bahan

Kalau mau memulai mencoba gaya smart casual untuk pria ini, coba tambahkan koleksi chinos di lemari lo. Ketimbang celana bahan, celana chinos tetap lebih nyaman tanpa meninggalkan kesan formal yang dicari-cari. Celana chinos ini bisa dipadukan dengan kemeja, blazer, dan juga sepatu kulit untuk menghadirkan kesan profesional yang tidak terlalu kaku dan tetap terlihat fresh. Nah, nggak heran kenapa celana chinos jadi andalan para pebisnis muda untuk berpenampilan smart casual.


Lebih nyaman dengan cardigan

Selain menggunakan blazer, tak ada salahnya mengenakan cardigan sebagai outer. Selain bisa menghangatkan tubuh ketika cuaca lagi dingin, cardigan juga cocok dipadu dengan jeans dan celana jogger untuk tampilan yang lebih cozy. Kalau lo ingin lebih terlihat formal, cardigan bisa dipadukan dengan kemeja lengan pendek sebagai pakaian dasarnya. Tinggal padukan dengan sepatu kulit, penggunaan cardigan tak hanya nyaman tetapi juga siap meningkatkan penampilan lo.


Bisa juga pakai kaos polo

Kaos polo ternyata bisa lo manfaatkan untuk mencoba gaya smart casual pria. Detail kerahnya memberikan kesan lebih formal dibandingkan kaos biasa. Penggunaan kaos polo ini cocok untuk lo yang sedang tak ingin menggunakan pakaian bertumpuk, seperti jas atau cardigan. Meski hanya menggunakan kaos polo, setidaknya lo masih terlihat formal dibandingkan hanya menggunakan kaos biasa.

 

Saat menggunakan kaos polo, lo bisa memadukannya dengan celana chinos ditambah dengan ikat pinggang. Jangan lupa masukkan kaos polo ke dalam celana supaya lebih rapi dan memberikan kesan pria dewasa. Sepatunya bisa menggunakan sepatu kulit yang warnanya matching dengan ikat pinggang kulit lo.

 

Jangan lupa aksesoris

Gaya berpakaian smart casual pria ini tak hanya dilihat dari atasan dan bawahan yang digunakan. Penggunaan aksesorisnya juga tak kalah penting. Aksesoris yang mendukung gaya smart casual pria adalah jam tangan, cufflinks, dasi, ikat pinggang kulit, kacamata, hingga kaos kaki yang bermotif sederhana. Penggunaan aksesoris ini menambah kesan pria dewasa yang profesional.

 

Itulah 6 cara berpakaian smart casual pria buat pebisnis muda. Saat memutuskan mencoba gaya berpakaian ini, penataan rambut juga harus diperhatikan. Lo bisa menggunakan rangkaian Gatsby Styling Pomade yang terdiri dari enam produk, dirancang sesuai kebutuhan pria.

 

Mulai dari Gatsby Styling Pomade Matte Moulder untuk gaya rambut retro yang lebih natural dan bebas kilau hingga Gatsby Styling Pomade Perfect Rise untuk gaya rambut edgy quiff yang hadir dengan formula baru yang tahan lama namun tetap mudah dibilas. Tetap percaya diri dalam berkarier dengan Gatsby, Sob!