helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Tips Aman Menggunakan Jaket Sauna Saat Olahraga

12.10.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Pemakaian jaket sauna saat olahraga memang masih banyak diperdebatkan para ahli nih, Sob. Karena kalau nggak digunakan dengan benar, hal ini bisa menyebabkan berbagai macam efek samping negatif. Maka dari itu, lo wajib banget memahami tips aman menggunakan jaket sauna saat olahraga!

Pada dasarnya, jaket atau setelan sauna merupakan pakaian olahraga water resistant yang bisa menahan panas dan keringat tubuh saat berolahraga. Jadi saat lo berolahraga, panas dan keringat akan menumpuk di dalam jaket sauna yang lo gunakan, Sob.

Umumnya, perusahaan yang menjual pakaian ini bakal menyebutkan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan. Mulai dari penurunan berat badan sampai detoksifikasi melalui keringat. Akan tetapi, klaim ini sebenarnya masih belum sepenuhnya disetujui oleh para ahli, lho. Pasalnya, para ahli menyebutkan bahwa jaket sauna yang digunakan bisa menyebabkan dehidrasi bahkan sampai hipertermia atau kondisi ketika suhu tubuh terlalu tinggi, Sob!

Hipertermia biasanya disebabkan oleh kegagalan sistem regulasi suhu tubuh untuk mendinginkan tubuh. Suhu tubuh yang terlalu tinggi akan menyebabkan munculnya beragam gangguan, mulai dari kram otot sampai gangguan pada otak dan sistem saraf.  Pada keadaan yang berat, hipertermia dapat menyebabkan heat stroke. Kondisi ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan organ tubuh.

Biar makin paham, mending simak lengkap ulasan sejumlah tips aman menggunakan jaket sauna saat olahraga berikut ini yuk, Sob!

 

Cukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Tips aman menggunakan jaket sauna saat olahraga yang pertama yaitu cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh lo, Sob. Pasalnya, lo nggak bisa mengharapkan tubuh akan merasa baik sebagaimana mestinya, kalau tubuh kekurangan cairan.

Maka dari itu, sebaiknya minumlah segelas air mineral sebelum berolahraga. Selain itu, jangan lupa sediakan botol air mineral setiap saat. Akan tetapi, jangan minum terlalu banyak sekaligus juga ya, fokuslah pada jumlah kecil dan sering, Sob.

 

Buat Rencana Latihan

Lo harus membiarkan tubuh beradaptasi untuk berolahraga dengan jaket sauna. Ini berarti memulai secara perlahan. Lo bisa mencoba melakukan olahraga tiga sampai lima kali seminggu, dan lo bisa memulainya dengan 10–15 menit, kemudian menambahkan hingga 60 menit selama sekitar satu bulan ke depan.

Jaket sauna, jika digunakan dengan benar, bisa menjadi aksesoris tambahan yang bagus untuk rutinitas latihan apa pun. Pastikan lo tetap melakukannya dengan aman, dan jangan berharap tubuh bisa segera mengalami penurunan berat badan yang besar hanya dalam semalam.

 

Tetap Perhatikan Nyaman saat Menggunakan Jaket Sauna

Kalau berkeringat dalam setelan jas sambil melompat-lompat tentu kurang terdengar seperti cara yang menyenangkan, begitu juga dengan penggunaan jaket sauna saat berolahraga. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan kalau nggak nyaman menggunakan jaket sauna saat olahraga ya, Sob.

Dilansir laman Halodoc, sebenarnya saat tubuh mengekspos diri ke suhu yang lebih tinggi (seperti di sauna), otak mulai melepaskan serotonin, yaitu hormon kebahagiaan. Ini tentu bakal berdampak positif pada suasana hati dan pola pikir, dan nggak akan membebani seperti apa yang lo pikirkan pada awalnya, Sob!

 

Jangan Abaikan Gejala yang Diberikan Oleh Tubuh

Satu lagi, sebaiknya jangan memaksa dan mengabaikan gejala yang diberikan oleh tubuh, Sob. Kalau sekiranya lo sudah mulai merasa pusing atau lemas, segeralah istirahat dari latihan. Sebab, kelelahan akibat panas ini bisa jadi efek samping dari penggunaan jaket sauna. Jadi, lo harus yakin bahwa lo nggak terlalu memaksakan diri saat berolahraga.

 

Setelah berkeringat karena memakai jaket sauna saat berolahraga, lo wajib banget bersihkan tubuh dengan sabun mandi yang tepat, Sob. Maka dari itu, sebaiknya gunakan GATSBY REFRESHING BODY WASH, seri sabun mandi pria dengan cooling agent yang bisa memberikan rasa segar dan tentunya membersihkan tubuh secara menyeluruh. 

Ada empat varian yang bisa bebas dipilih, yaitu Refreshing Body Wash Original, Refresh Burst, Brave White, dan juga All In One. Keempat varian tersebut tentu bisa bebas lo pilih sesuai dengan karakter dan kebutuhan tubuh lo, Sob!