SWIPE

SCROLL

Kenalan dengan 5 Tim e-Sports Terbaik di Indonesia

09.10.2019
WHAT'S NEW

ARTICLE

Photo Credit: Unsplash

 

Perkembangan zaman dan teknologi memberikan pengalaman baru dalam berbagai bidang, nggak terkecuali dunia olahraga. Kalau dulu olahraga berhubungan dengan aktivitas fisik semata, kini ada juga olahraga yang dilakukan secara online, yaitu e-sports. Bahkan sekarang ada banyak banget tim e-sports yang bermunculan, Sob. Beberapa di antaranya turut berpartisipasi di berbagai turnaman kelas internasional. Nih, buat lo yang juga tertarik bergabung atau membuat tim e-sports, lo bisa cari inspirasi dari kelima tim di bawah ini!

 

Barracx

Lo pasti nggak bakalan mengira kalau sebuah internet cafe punya tim epsorts terbaik. Ya, inilah yang dialami oleh PG.Barracx. Fokus dari tim ini adalah game dengan platform PC, sebut saja DOTA 2 dan PUBG. Akan tetapi, Barracx kini juga mulai terjun di game dengan platform mobile.

Di kelas Dota 2 Indonesia, Barracx dikenal sebagai tim yang tangguh. Sedangkan di kancah internasional, pengalamannya juga cukup banyak dan pernah mengikuti kualifikasi turnamen di kompetisi DOTA. Baik itu untuk turnamen yang sifatnya major maupun minor. Prestasi terbaiknya adalah mewakili Indonesia dalam SEA Games 2019 di Filipina.

 

Aerowolf

Setelah PG.Barracx, tim e-sports nasional yang patut diperhitungkan berikutnya adalah Aerowolf. Meski belum seberapa dikenal luas, tim e-sports ini memiliki konsistensi yang bagus di berbagai gelaran kompetisi game. Tim ini juga memiliki beberapa divisi untuk game andalan seperti PUBG dan PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, maupun CSGO.

Nggak cukup di situ saja, Sob, tim Aerowolf untuk game PUBG punya tiga divisi, yakni Aerowolf Team One, Aerowolf Team Seven, dan Aerowolf Team Eight. Nggak tanggung-tanggung, turnamen internasional yang diikutinya adalah Asia Pacific Predator League 2019, FACEIT Global Summit: PUBG Classic, dan PUBG Southeast Asia Championsip 2019.

 

BOOM ID

Pada awalnya, BOOM ID memang fokus di game Dota 2. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka mulai mengembangkan skill-nya di game lain seperti Free Fire, Mobile Legends, hingga Apex Legends. Kesuksesannya dalam tiap gelaran kompetisi game, baik lokal maupun internasional, membuat tim tersebut makin dikenal luas dan masuk jajaran tim e-sports terbaik Indonesia.

Prestasi yang berhasil ditorehkan BOOM ID di kancah game di antaranya adalah ESL Indonesia Championship Season 1. Sedangkan untuk kompetisi internasional yang diikuti di antaranya adalah Dota PIT Minor 2019, The Bucharest Minor, dan StarLadder ImbaTV Dota 2 Minor Season. Tahun ini, BOOM ID juga lolos di babak kualifikasi Dota 2 The International 2019 untuk kawasan Asia Tenggara, Sob.

 

Evos Esports

Sebelumnya, nama Evos Esports terkenal di kalangan gamer dengan nama Zero Latitude. Dibentuk pada tahun 2016 lalu, kini keberadaan Evos Esports semakin disegani di tiap gelaran kompetisi game tingkat nasional.

Bicara soal prestasinya, memang nggak diragukan lagi. Prestasi di kancah nasional antara lain adalah Runner-up MPL Season 1 dan menjadi juara pertama di MPL Season 2 untuk game Mobile Legends. Prestasi lainnya ialah berhasil menyabet gelar juara di Free Fire World Cup 2019 dalam game Free Fire.

 

Bigetron Esports

Terakhir, tim e-sports terbaik yang dimiliki oleh Indonesia adalah Bigetron Esports. Pertama kali dikenal oleh publik, tim ini fokus dalam game League of Legends. Akan tetapi, Sob, seiring meredupnya pamor game MOBA ini, tim Bigetron Esports terus beradaptasi dengan game baru dalam kompetisi di dunia game lokal maupun mancanegara. Misalnya saja kini berfokus di game PUBG, AOV, Mobile Legends, dan Free Fire.

Banyak prestasi yang ditorehkan oleh tim esports ini, Sob. Beberapa di antaranya adalah pernah jadi juara pertama di ajang PUBG Mobile Indonesia National Championship 2018. Di tahun 2019 ini, tim tersebut juga masih bertengger di posisi puncak PUBG Mobile Club Open Indonesia 2019. Sedangkan untuk ajang game Free Fire dan Mobile Legends, Bigetron Esports masih merajai gelaran kompetisi game tingkat nasional.

 

Gimana, Sob, setelah berkenalan dengan tim e-sports terbaik di Indonesia tersebut, apakah lo berpikiran juga untuk membentuk tim esports versi lo?