SWIPE

SCROLL

5 Rekomendasi Pilihan Karir Buat Lo Pecinta Olahraga

04.09.2019
YOUR PASSION

ARTICLE

Photo Credit: Pixabay

 

Bekerja sesuai hobi dan passion memang sangat menyenangkan. Termasuk buat lo yang punya hobi dan kecintaan terhadap olahraga. Pilihan karier bagi pecinta olahraga nggak hanya sebatas jadi seorang atlet saja. Lebih dari itu, lo bisa menekuni profesi lainnya yang masih berhubungan erat dengan dunia olahraga. Apa saja pilihan karir yang bisa lo jalani? Berikut beberapa pilihan terbaiknya.

 

Fotografer dan jurnalis olahraga

Punya hobi fotografi dan olahraga memang menjadi hal menarik, Sob. Bahkan kedua hobi ini bisa jadi pilihan karir yang menarik kalau lo menekuninya dengan serius. Di beberapa negara, fotografer olahraga menjadi profesi bergengsi lho. Bahkan dengan profesi ini bisa mendapatkan kesempatan traveling baik di dalam maupun luar negeri.

Selain fotografer, lo juga bisa merangkap menjadi seorang jurnalis olahraga. Menjadi jurnalis olahraga selain bisa traveling dan menonton pertandingan, lo juga bakalan punya banyak jaringan luas. Baik itu mulai kenalan dengan atlet, pelatih, dan pihak terkait lainnya.

 

Infuencer bidang olahraga

Infulencer saat ini juga menjadi pilihan karir yang cukup menggiurkan di mata generasi milenial. Mengingat, pendapatan dari karir ini cukup besar. Namun, menjadi influencer haruslah memiliki topik tersendiri yang lo kuasai termasuk olahraga salah satunya. Lo bisa menjadi influencer dalam bidang olahraga baik itu lewat blog, vlog, lewat akun Instagram atau media sosial lainnya.

Caranya, lo membuat konten dengan tema olahraga yang disenangi. Misalnya lo pecinta basket, di sini lo nggak harus bertindak sebagai seorang komentator. Melainkan juga lo perlu membuat konten yang baik lainnya misalnya seperti bagaimana menjadi penonton, membeli tiket, dan mengulas jadwal pertandingan. Tapi ingat, konten haruslah edukatif dan tidak melanggar etika.

 

Instruktur olahraga

Apabila ingin menekuni pilihan karir di bidang olahraga secara profesional, bisa dengan menjadi seorang instruktur. Untuk profesi satu ini memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan, lo harus melewati berbagai tahap uji coba dan berbagai tes tertentu. Selain itu, haruslah mendapatkan sertifikasi dan lisensi terpercaya.

Mengapa demikian? Ini karena seorang instruktur punya tanggung jawab besar pada orang yang dibimbingnya. Sebab, instruktur nggak cuma mengajarkan teknik olahraga saja. Di samping itu juga memberikan tips dan saran serta konseling mengenai olahraga tertentu, seperti senam dan sebagainya. Hingga penanganan medis ketika terjadi cedera saat berolahraga.

 

Terapis fisik (Fisioterapi)

Dunia kesehatan sangat berkaitan erat dengan dunia olahraga. Maka, kalau lo memiliki keahlian pendidikan atau lulusan dari ilmu kesehatan, khususnya fisioterapi mengapa tak mencoba untuk menentukan pilihan karir sebagai fisioterapis? Di sini lo bisa menyalurkan ilmu yang didapat dan menyalurkan passion olahraga.

Keuntungannya, selain berpotensi mendapatkan penghasilan yang cukup juga bisa traveling. Kemudian, lo berpeluang untuk menangani tim atau atlet profesional baik nasional maupun internasional. Selain itu, lo juga bisa berbagi dan menambah  ilmu dengan fisioterapis profesional lainnya.

 

Sport event coordinator

Pilihan karir menarik lainnya bagi pecinta olahraga adalah dengan menjadi koordinator. Pekerjaan dari seorang sport event coordinator ini di antaranya adalah mengatur acara, akomodasi, mempersiapkan venue, keamanan, media hingga tim medis. Khususnya untuk tim maupun atlet yang akan bertanding termasuk mempersiapkan segala berkas-berkasnya.

Kini banyak situs yang menyediakan lowongan menjadi sport event coordinator. Lo akan dibayar per acara di ajang olahraga bergengsi. Kesempatan lainnya adalah lo bisa bertemu dengan koordinator acara lain dan menambah ilmu. Lalu, nggak menutup kemungkinan juga bakalan bertemu dengan atlet idola.

 

Setidaknya, itulah beberapa pilihan karir buat lo yang cinta banget sama olahraga. Apapun pilihannya, kuncinya adalah lakukan hal tersebut dengan sepenuh hati dan jangan pernah menyerah serta belajar untuk mencapainya, Sob.