helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Penyebab Gatal Seluruh Badan Sehabis Sepak Bola

30.06.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Pexels

 

Merasa gatal sehabis bermain sepak bola karena badan penuh keringat bisa jadi hal yang biasa. Namun, kalau rasa gatalnya nggak kunjung berhenti dan lo merasa gatal seluruh badan, pastinya bakal mengganggu banget. Bisa-bisa lo bukannya menikmati permainan dan olahraga bareng teman-teman, malah yang ada lo jadi bad mood dan nggak bisa ikut main sama sekali.

 

Jangan khawatir, Sob! Masalah gatal seluruh badan ini bisa lo tangani, kok. Tetapi, lo perlu tahu dulu cara-caranya, nih. Ketahui juga apa saja penyebab rasa gatal yang mengganggu itu datang. Tanpa basa-basi lagi, ini dia ulasan selengkapnya.

 

Kulit kering

Penyebab pertama rasa gatal seluruh badan yang lo rasakan saat olahraga adalah masalah kulit kering. Kondisi kulit yang kering, ditambah dengan cuaca dan kelembapan udara yang kering, juga bisa memperburuk keadaan. Ini disebabkan oleh kulit yang mengelupas, menyebabkan kulit jadi kemerahan dan gampang gatal. Kemudian, keringat yang mengucur juga membuat tubuh lebih gampang gatal dan menimbulkan biang keringat, Sob.

 

Badan yang berkeringat

Seperti yang sudah disebut tadi, berkeringat selama bermain sepak bola justru bisa memperburuk rasa gatal di badan lo. Saat tubuh berkeringat, tubuh mengeluarkan cairan yang di dalamnya terkandung kotoran (racun). Jadi, wajar saja kalau lo merasa gatal saat berkeringat.

 

Jika kondisinya semakin parah, rasa gatal yang lo rasakan ini bisa berubah jadi ruam dan iritasi. Ujung-ujungnya, lo akan terkena masalah kulit. Butuh beberapa hari untuk meredakan iritasi dan rasa gatal ini. Jad, jika rasa gatal seluruh badan sudah terlanjur parah, sebaiknya lo absen main sepak bola dulu, ya.

 

Baju olahraga yang nggak tepat

Memang benar, kalau lo mau main sepak bola, lo harus pakai baju yang tepat. Maksudnya, baju yang memang didesain untuk bermain sepak bola. Baju olahraga merupakan baju yang dibuat dengan  kain yang bisa beradaptasi terhadap kondisi tubuh yang aktif, suhu tubuh meningkat, dan produksi keringat yang banyak selama berolahraga. Bayangkan kalau lo pakai baju yang nggak menyerap keringat dan panas, rasa gatal pun pasti menyerang.

 

Belum lagi kalau lo pakai baju olahraga yang nggak bersih atau belum dicuci. Ini sebaiknya lo hindari. Cuci baju olahraga lo begitu selesai berolahraga. Supaya lo selalu punya baju bersih untuk berolahraga, ada baiknya punya lebih dari satu jersey sepak bola, Sob.

 

Paparan udara luar

Jangan salah, paparan udara juga bisa jadi penyebab gatal seluruh badan yang mengganggu lo selama main sepak bola. Ini karena udara dan angin bisa membawa berbagai partikel-partikel asing yang memicu rasa gatal di badan lo. Contohnya saja kotoran, bakteri, atau serbuk sari yang mengganggu bagi orang-orang yang memiliki alergi.

 

Sirkulasi darah yang kurang lancar

Rasa gatal seluruh badan yang lo alami juga disebabkan karena sirkulasi darah yang nggak lancar selama lo berolahraga. Masalah ini bisa terjadi, terutama buat lo yang biasanya jarang olahraga. Saat lo mulai menggerakan badan lo untuk bermain bola, di saat yang sama sirkulasi darah lo yang nggak biasa bekerja berat dipaksa untuk bekerja ekstra. Alhasil, kapiler darah akan mengirim sinyal gatal ke otak untuk merespon perubahan tersebut.

 

Cara mengatasi badan gatal habis sepak bola

Sudah tahu penyebab gatal seluruh badan, cara mengatasi paling sederhana yang bisa lo terapkan adalah dengan menghindari penyebab-penyebab itu sendiri. Rawat kulit lo agar tetap lembap, pakai baju olahraga yang sesuai, dan rajin-rajinlah berolahraga rutin. Tujuannya supaya badan lo juga lebih siap untuk bergerak aktif.

 

Cara lainnya yang bisa lo lakukan adalah dengan mandi air dingin. Mandi air dingin ternyata membawa banyak manfaat buat lo. Salah satunya adalah memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu, lo bisa mengurangi pemicu rasa gatal yang mengganggu.

 

Mandi pakai GATSBY Refreshing Body Wash Refresh Burst dengan sensasi dingin dari active cooling agents juga akan membebaskan lo dari rasa gatal seluruh badan. Kulit lo juga jadi lebih lembap sehabis mandi. Badan lo nggak hanya bersih karena body wash dari Gatsby ini,sensasi dinginnya juga membuat badan terasa segar lebih lama. Cocok banget dipakai setelah selesai main sepak bola, Sob!