helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Gerakan Pendinginan Setelah Olahraga!

12.10.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Ternyata, pendinginan setelah olahraga sama pentingnya dengan pemanasan, lho. Pasalnya, proses tersebut bisa membantu tubuh yang sehabis melakukan aktivitas berat menjadi kembali rileks. Maka dari itu, 5 gerakan pendinginan setelah olahraga ini wajib banget lo pahami, Sob.

Dilansir laman Kompas, pendinginan ternyata berguna banget buat mencegah perasaan gamang dan pusing usai latihan atau berolahraga. Pasti nggak mau kan, kalau habis berolahraga, bukannya merasa sehat tapi malah sakit?

Yup, hal tersebut bisa terjadi karena ketika lo berhenti bergerak, otot tetap berkontraksi dan dalam kondisi tegang tetapi detak jantung sudah melambat. Inilah sumber gamang dan pusing, akibat melalaikan pendinginan setelah lo berolahraga, Sob. Selain itu, kalau lo menghentikan aktivitas otot-otot tubuh secara tiba-tiba setelah olahraga yang intens, suhu tubuh bisa saja bakal menjadi dingin dengan tiba-tiba juga.

Hal ini tentu berisiko menyebabkan merasakan sakit atau pegal-pegal keesokan harinya. Bukan cuma itu, lo juga bisa mengalami kerugian lainnya, yaitu membuat olahraga yang dilakukan sebelumnya menjadi sia-sia. Biar semua hal tersebut nggak kejadian, maka sebaiknya lakukan 5 gerakan pendinginan setelah olahraga berikut ini, Sob!

 

Seated Hamstring Stretch

Gerakan pendinginan setelah menjalani olahraga yang pertama yaitu lo bisa lakukan gerakan Seated Hamstring Stretch nih, Sob. Caranya lumayan gampang juga, kok. Lo cukup duduk di atas lantai atau di atas matras dengan posisi kedua kaki lurus ke depan.

Pertahankan posisi tersebut sambil sebisa mungkin menjaga posisi dada mengarah ke depan dan kedua bahu ke belakang. Setelah itu, lo harus berusaha meraih ujung ibu jari kaki dan tahan selama 30-45 detik.

 

Quad Stretch

Nah, yang kedua ini agak sulit dan bakal menguji keseimbangan lo, Sob. nama gerakannya yaitu Quad Stretch. Pertama-tama, berdirilah tegak seperti biasa dengan posisi kedua kaki dan lengan berada di sisi tubuh. Setelah itu, lo bisa menaikan kaki kanan dengan posisi di belakang.

Untuk Menjaga keseimbangan, lo boleh berpegangan pada  kursi atau meja dengan tangan kiri lo, Sob. Tahan selama kurang lebih 30-45 detik. Kalau dirasa sudah cukup, terapkan hal yang sama berganti dengan kaki kiri.

 

Shoulder Stretch

Pasti lo nggak asing dengan gerakan yang satu ini. deh, Sob. Pasalnya, gerakan pendinginan pasca olahraga yang satu ini memang seringkali dilakukan banyak orang dan dipercaya bisa melemaskan bahu yang kaku dan tegang saat beraktivitas.

Caranya juga relatif mudah, yaitu tarik lengan kanan menyilang melewati dada. Tariklah sampai lo merasakan tarikan yang cukup nyaman, sambil menjaga agar dada dan bahu lo ke belakang, Sob. Tahan selama 30-45 detik dan ulangi dengan lengan kiri.

 

Arm Stretch

Selanjutnya yaitu gerakan arm stretch. Caranya, berdiri tegak dengan kedua kaki dengan dada ke depan, dan bahu sedikit ditarik ke belakang. Julurkan lengan kanan lurus ke atas, lalu jatuhkan atau tekuk ke belakang kepala, Sob. Gunakan lengan kiri untuk menahan siku tetap di posisinya. Tahan posisi ini selama 30-45 detik sebelum kemudian berganti lengan.

 

Sky Stretch

Last but not least, ada gerakan sky stretch yang bisa lo lakukan buat pendinginan nih, Sob. Cara melakukannya yaitu awali dengan berdiri tegak menggunakan kedua kaki. Sambil melakukan gerakan tersebut, angkat kedua lengan lo ke atas, setinggi yang lo bisa. Tahan posisi ini selama 10-15 detik dan ulangi 2-3 kali.

 

Setelah melakukan gerakan pendinginan pasca olahraga, lo juga wajib banget bersihkan tubuh dengan GATSBY REFRESHING BODY WASH, Sob! Seri sabun mandi pria dengan cooling agent ini bisa memberikan rasa segar dan punya empat varian yang bisa bebas lo sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter tubuh. 

Ada Refreshing Body Wash Original, Refresh Burst, Brave White, dan juga All In One. Semua varian tersebut pastinya bisa membersihkan tubuh secara menyeluruh sehingga menyegarkan dan bikin lo lebih siap buat beraktivitas, Sob!