SWIPE

SCROLL

Ini 5 Kesalahan Cara Pakai Deodorant yang Perlu Lo Hindari

20.09.2019
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo Credit: Freepik

 

Deodorant sampai saat ini menjadi produk yang cukup ampuh dalam mengatasi bau badan. Jenis deodorant pun beragam mulai dari bedak, roll, hingga spray yang bisa lo pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, tahukah lo kalau sebenarnya cara pakai deodorant yang tidak tepat dapat memunculkan masalah baru? Lalu, apa saja kesalahan saat memakai deodorant yang perlu dihindari? Simak tips berikut Sob.

 

Menggunakan deodorant saat kulit basah

Cara pakai deodorant yang baik dan benar adalah setelah mandi dan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi, lo harus memerhatikan kondisi kulit terlebih dahulu. Sebaiknya hindari penggunaan deodorant ketika kulit masih basah. Terkadang seseorang terburu-buru saat akan beraktivitas, akibatnya mereka pun menggunakan deodorant meski kulit masih basah.

Memakai deodorant saat kulit lo masih basah dan lembab tentu akan mengurangi keefektifannya. Jadi, usahakan kulit lo benar-benar kering, Sob. Saat menggunakan deodorant saat kulit atau area ketiak masih basah tentu akan sia-sia dalam mengatasi bau badan.

 

Hindari penggunaan setelah bercukur

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan adalah menggunakan deodorant setelah bercukur. Alasannya, membuat kulit semakin nyaman. Padahal cara pakai deodorant seperti ini nggak dianjurkan. Mengapa demikian? Hal tersebut karena kulit area ketiak yang baru dicukur biasanya menjadi lebih sensitif.

Ini juga bisa membuat lo rentan terkena iritasi karena deodorant dapat dirasakan langsung dengan tajam pada kulit sensitif. Kondisi ini bakal bikin lo merasa nggak nyaman saat beraktivitas. Sebaiknya, tunggulah hingga benar-benar kering atau sekitar dua jam setelah bercukur baru aplikasikan deodorant ke bagian kulit tersebut seperti biasanya.

 

Bedakan deodorant dengan antiperspirant

Mesiki sepintas terlihat mirip antara deodorant dan antiperspirant memiliki perbedaan, Sob. Nggak bisa membedakan antara keduanya juga menjadi kesalahan yang perlu lo hindari. Pada dasarnya, deodorant berfungsi untuk menghilangkan bau badan. Namun, untuk antiperspirant lebih memiliki fungsi dalam mengurangi kelenjar keringat yang keluar dari dalam tubuh ketika lo beraktivitas.

Kalau ketiak lo banyak mengeluarkan keringat, sebaiknya gunakan antiperspirant. Tapi, jika lo ingin menghilangkan bau badan dan tidak memiliki produksi keringat berlebih bisa menggunakan deodorant setiap hari ketika akan beraktivitas.

 

Langsung memakai pakaian

Apakah lo pernah langsung mengenakan pakaian sesaat setelah menggunakan deodorant? Sebaiknya, ini jangan pernah lo lakukan lagi Sob. Sebab, ini akan menimbulkan noda berwarna kuning pada baju yang berwarna putih maupun noda putih di baju hitam. Noda tersebut dikarenakan adanya deodorant yang menempel pada pakaian.

Untuk menghindari hal ini kembali terjadi, lo bisa menunggunya sampai benar-benar kering yakni sekitar 2-3 menit setelah pemakaian. Setelah kering lo baru bisa memakai pakaian tersebut.

 

Pakai di waktu yang tidak tepat

Cara pakai deodorant yang tepat juga harus memperhatikan waktunya. Umumnya, banyak orang yang menggunakan deodorant ketika pagi hari setelah beraktivitas. Meski nggak ada salahnya, namun sebagian menganggap bahwa waktu terbaik untuk menggunakan deodorant adalah saat malam hari. Hal ini dikarenakan deodorant akan bekerja efektif saat kelenjar keringat nggak seaktif pagi hari.

Selain itu, sebaiknya lo juga jangan menggunakan deodoran saat berkeringat. Ini akan menyebabkan aroma dari deodorant bercampur dengan keringat sehingga mengakibatkan bau tak sedap.

Selain menghindari cara pakai deodorant yang salah di atas, penting juga buat lo memilih deodorant terbaik yang sesuai dengan kondisi kulit. Salah satunya adalah GATSBY Urban Ice Deo Stone. Deodorant tipe clear stick ini memberikan efek yang tahan lama dan lo akan terbebas dari bau badan dengan sensasi dingin menyegarkan dan tidak meninggalkan rasa lengket.