helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Cara Menjadi Content Creator dengan Ribuan Viewers

26.04.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Freepik

 

Content creator adalah orang yang bertanggung jawab atas pembuatan konten untuk berbagai jenis media, khususnya media digital. Pembuatan konten umumnya dipakai oleh brand untuk membangun connection dengan target audiens. Konten yang dibuat bisa berupa copywriting, blog, berita, gambar, video, audio, email, dan jenis konten lainnya.

 

Cara menjadi content creator itu ternyata susah karena nggak semua orang mampu terorganisir dan kreatif, analitis dan asosiatif, disiplin dan inovatif. Meskipun nggak mudah, lo bisa kok mencoba dengan simak panduan cara menjadi content creator berikut, Sob. Kalau lo ikutin beberapa cara di bawah ini, lo bahkan bisa menjadi content creator dengan ribuan viewers, lho.

 

Buat konten sesuai minat

Cara menjadi content creator yang pertama adalah lo harus buat konten yang memang sesuai sama minat atau passion lo. Alasannya simple, kalau lo sendiri nggak minat dengan konten yang lo buat, bagaimana lo bisa bikin orang lain tertarik?

 

Jadi, pilih konten yang memang lo sukai dan nyaman lo buat sendiri supaya lo punya energi yang cukup untuk berkreasi. Lo bisa mulai lewat hobi atau aktivitas rutin yang sudah jadi kebiasaan. Misal, kalau lo hobi main gitar, lo bisa bikin konten video tutorial cara belajar main gitar buat pemula. Gampang, kan?

 

Rutin baca berita untuk mengikuti perkembangan tren

Sebagai content creator, lo pastinya perlu up-to-date sama berita terkini supaya lo nggak ketinggalan tren, Sob. Lo bakalan kesulitan membuat konten berkualitas yang memang dibutuhkan audiens kalau lo nggak mengikuti berita terkini.

 

Nggak sulit kok, lo cukup bangun kebiasaan membaca apapun yang sedang ngetren di internet. Setiap hari lo harus pantengin media sosial supaya lo terus update berita terbaru. Follow semua akun Twitter, Facebook, dan Instagram yang sesuai bidang lo biar lo bisa dengan mudah scanning topik yang relevan dan sedang tren.

 

Belajar SEO

Tujuan sebagian besar mesin telusur seperti Google adalah memberikan informasi yang paling relevan dan berguna kepada pengguna untuk setiap kata kunci penelusuran. Contohnya, kalau lo mencari informasi harga mobil dan memasukkan kata kunci “harga mobil listrik di indonesia” di Google, Google akan menampilkan berbagai konten, seperti artikel atau video yang relevan sebagai jawaban.

 

Hasil tersebut Google peroleh lewat algoritme rumit yang mengandalkan serangkaian indikator peringkat tertentu untuk menilai relevansi dan kualitas konten, Sob. Nah, jadi SEO dipakai untuk mengendalikan hasil pencarian dan menempatkan konten di peringkat atas pencarian. Contoh paling gampang SEO adalah menyertakan kata kunci yang relevan di konten yang lo buat.

 

Mengenali target audiens

Audiens adalah “hakim” yang menilai konten yang lo buat. Jadi, lo harus mampu membuat konten yang sesuai kebutuhan target audiens karena saingan lo juga banyak, Sob. Cara menjadi content creator ini bisa lo mulai dengan menentukan target audiens yang spesifik. Sehingga, lo bisa membuat konten yang lebih berkualitas dan memang dibutuhkan oleh target audiens. Contoh, kalau lo tertarik menjadi content creator di bidang entrepreneurship, lo bisa menjadikan pebisnis pemula sebagai target audiens.

 

Setelah lo menentukan target audiens, barulah lo bisa mengenali mereka lebih dalam. Misalnya dengan mencari tahu motivasi yang mereka punya, latar belakang keluarga, pendidikan, usia, pekerjaan, jenis kelamin, dan banyak lagi. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi lo untuk memenuhi kebutuhan target audiens melalui konten yang lo ciptakan.

 

Buat karya original, bukan jiplakan

Cara menjadi content creator yang terakhir dan nggak kalah penting adalah membuat karya original. Artinya, konten yang lo buat bukan hasil menjiplak karya orang lain. Lo nggak akan mungkin bisa menjadi seorang content creator dengan ribuan viewers kalau karya yang lo buat tidak original. Jadi, pastikan lo membuat konten unik atau belum pernah dibuat oleh content creator lain secara independen atau tanpa campur tangan orang lain, ya.

 

Apakah lo siap menjadi content creator dengan ribuan viewers menggunakan beberapa cara di atas? Lo pasti mampu kalau benar-benar niat. Biar aktivitas membuat karya original makin seru, pastikan lo pakai Gatsby Urban Cologne dengan 7 varian harum yang bisa bikin badan lo segar dan wangi sepanjang hari, Sob. Good luck!